Cara membuat Tape Ketan Hitam

Cara membuat Tape ketan HitamCara membuat Tape Ketan Hitam – Tape Ketan hitam adalah jenis olahan makanan  tradisional yang hingga kini masih banyak digemari.Sebut saja eskrim dan aneka jenis  kue-kue yang masih banyak memanfaatkan rasa dari tape ketan hitam.
Tape ketan hitam pada masyarakat jawa biasanya dihidangkan dengan cara dibungkus daun pisang umumnya masyarakat jawa.Namun bagaimana cara menghidangkan itu sesuai selera, misalnya anda bisa mencampurnya dengan es atau lainnya.
Daam mempraktekan resep membuat tape ketan hitam ini secara benar dan berhati hati, agar hasilnya sempurna sesuai yang kita inginkan.Jika ada kesalahan sedikit saja,tape ketan tidak akan jadi atau memiliki rasa yang kurang enak.Bisa terlalu lembek dan berasa sangat asam dan pahit.Yang penting diperhatikan juga adalah beras ketannya, pilih kualitas yang baik.Beras ketan yang baik biasanya kelihatan lebih berisi dan ebih jernih.

Resep Cara membuat tape ketan hitam praktis dan mudah

Berikut cara dan resep bahan untuk membuat tape ketan hitam yang lezat

Sediakan bahan utamanya :

  • 500Gram beras ketan hitam.
  • 2 gelas air
  • 2 butir ragi tape
  • 2 sdm gula halus (hanya jika perlu saja)

Cara Membuatnya:

  1. Cucilah beras ketan hitam sampai bersih,setelah selesai beras ketan hitam harus direndam semalaman agar lembek.Karena beras tape ketan hitam tergolong keras,biar lebih cepat prosesnya.
  2. Jika sudah direndam esoknya,Tiriskan lalu kukus hingga setengah matang.Kalau sulit bisa dimasak dengan sedikit air,kira kira hanya sampai setengah matang lalu dikukus.
  3. Sementara kamu mengukus beras ketan hitam tadi,siapkanlah air panas 2 gelas.
  4. Saat ketan sudah panas mengepul, siram siram dengan air mendidih tadi(posisi kukusan tetap berada diatas kompor) sambil diaduk-aduk hingga semua ketan rata terkena air panas.
  5. Teruskan mengukus sampai ketan sudah menjadi matang.
  6. Jika sudah matang,angkat ketan dan ratakan dalam nampan atau tampah/nampan yang besar dan lebar.
  7. Biarkan hingga benar-benar dingin,semetara menunggu dingin,haluskan raginya.
  8. Ratakan selapis pertama ketan dalam wadah ukuran sedang, taburi ragi hingga rata. Taburkan juga gula halus secukupnya,tanpa gula juga tidak apa/tidak harus karena nanti tape juga menjadi manis.
  9. Tambahkan selapis kedua ketan diatasnya, taburi ragi lagi dan gula kastor. Lakukan seterusnya ketiga keempat dst hingga bahan habis.
  10. Tutup rapat dan diamkan selama 3 hari 2 malam di tempat yang hangat.

Sebaiknya siapkan wadah seperti baskom kecil atau sedang, kemudian diberi /dialasi daun pisang didalam wadah baskom tadi baru ketan hitam yang telah diberi ragi diletakan didalam nya.Lalu kemudian tutup dengan rapat seperti membungkus nasi,bisa juga diatasnya ditutup kain.

Kira kira 3 hari hari baru boleh dibuka, jangan dibuka sebelum 2 atau 3 hari karena proses permentasi bisa terganggu.Bisa juga kamu cium baunya,apabila sudah kuat aroma tapenya, bisa jadi tape sudah siap untuk dihidangkan walaupun belum 3 hari.

Boleh percaya boleh tidak:

Banyak masyarakat jawa meyakini, jika wanita yang sedang datang bulan dilarang membuat tape ketan.Katanya sih tape tidak akan berhasil dengan baik :) ,

Terimakasih telah membaca artikel Cara membuat Tape Ketan Hitam. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Aneka resep kue, Wanita and tagged , , .

Komentar: