Cara membersihkan botol penyimpan ASI


ara membersihkan botol penyimpan ASICara membersihkan botol penyimpan ASI – Ibu yang baik tentunya akan memberikan apapun yang terbaik bagi si buah hatinya. Seperti memberikan ASI sebagai makanan terbaik bagi bayi secara eksclusive selama 9 bulan. Pemberian ASI dapat meningkatkan IQ anak kelak, sehingga lebih cerdas. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan emas 9 bulan ini bagi bayi Anda kelak bagi masa depannya. Kendala menyusui ASI pasti akan terjadi bagi wanita para ibu yang berkerja. Setelah membaca solusi tentang cara memerah ASI  yang baik dan cara menyimpan ASI yang benar, sekarang kita berbagi tips membersihkan botol menyimpan ASI. INI penting ibu-ibu, karena jangan sampai upaya pemberian ASI eksclusive ini berubah menjadi buruk,  karena kurang memperhatikan kebersihan alat alat menyimpannya.

Berikut ini Tips Membersihkan Botol Kaca Untuk Menyimpan ASI.

  1. Pastikan botol untuk menyimpan ASI terbuat dari kaca, karena kaca tidak melunturkan zat kimia saat dipanaskan.
  2. Gunakan Sabun pembersih khusus Bayi
  3. Untuk mencuci botol penyimpanan, sebaiknya menggunakan Sabun pembersih khusus Bayi. Sabun seperti ini sudah banyak disediakan ditoko-toko swalayan. Cara mencucinya, pisahkan antara botol dan tutupnya, dan kemudian disabun satu persatu.
  4. Setelah dicuci, botol penyimpanan ASI harus disterilkan , yaitu bisa dengan cara direbus hingga air mendidih , sehingga bau sabun dan bau kimia hilang dan bakteri mati. Pisahkan botol dan tutupnya saat direbus. Setelah mendidih biarkan selama 5-15 menit.
  5. Setelah selesai proses merebus botol, kemudian angkat dan keringkan. Untuk pengeringan botol dan tutupnya, ibu bisa menggunakan lap bersih dan jangan menggunakan tissue karena tissue akan hancur bila terkena air.
  6. Lakukan hal hal diatas setiap kali hendak menggunakan botol penyimpanan ASI yang terbuat dari kaca menyimpan ASI agar selalu mendapat hasil yang lebih baik.

Cara cara membersihkan botol kaca penyimpan ASI diatas adalah jika mensterilisasinya dengan cara merebus botol kaca penyimpan dengan air mendidih. Dan berikut ini tips jika ibu membersihkan dan sterilisasi botol kaca penyimpan ASI menggunakan alat Sterilisasi uap panas (steam sterilization)  Steam Sterilizer:

  1. Sebelum ibu menggunakan alat Steam Sterilizer, sebaiknya baca petunjuk penggunaan alat yang  sudah disertakan. Biasanya lama waktu sterilisasi memakan waktu terbaik antara 8-10 menit.
  2. Setelah di uap dengan sterilizer, diamkan dulu selama 2-3 menit sebelum membuka dan mengambil botol kaca atau peralatan makan atau minum bayi lainnya.
  3. Botol kaca akan tetap bertahan dalam kondisi steril selama 3 jam. Pastikan jika wadah plastik yang digunakan cocok untuk sterilisasi dengan menggunakan uap panas.

Cara lain adalah membersihkan botol kaca untuk menyimpan ASI dan peralatan makan dan minum bayi dengan menggunakan Sterilisasi air dingin (cold water sterilization). Berikut tips  menggunakannya:

  1. Peralatan yang digunakan adalah bahan kimia untuk sterilisasi berupa padatan atau larutan yang tidak toksik atau tidak beracun (umumnya sodium hipoklorit). Dipasaran juga tersedia produk bermerek seperti Chicco Cold Water Sterilizer atau bentuk tablet produk merek Mothercare
  2. Masukkan botol kaca atau peralatan makan dan minum bayi lainnya ke dalam wadah, tuangkan air matang dingin hingga semua peralatan terendam, masukkan tablet atau cairan ke dalam air.
  3. Diamkan selama 30 menit agar sterilisasi efektif, sehingga  botol atau peralatan lain dapat digunakan kembali. Peralatan atau botol penyimpan ASI dapat dibiarkan tetap terendam didalam larutan sterilisasi hingga 24 jam agar tetap terjaga sterilisasinya. Larutan Untuk proses sterilisasi ini harus dibuat lagi untuk proses sterilisasi yang baru agar tetap terjamin.

Baca Juga :

Resiko dan akibat Diabetes Gestational pada Kehamilan Diabetes gestational, adalah tipe diabetes sementara yang umum terjadi selama kehamilan. Menurut American Pregnancy Association , antara 2 dan 5 perse...
Makanan Yang Buruk Untuk Ibu Hamil Makanan Yang Buruk Untuk Ibu Hamil - Ibu hamil tentu saja membutuhkan asupan gizi yang lengkap yang bisa didapat dari berbagai makanan sehat kaya nutr...
Penyebab,pecegahan dan cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah Penyebab,pecegahan dan cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah - Tumit Pecah-pecah  (cracked heel)  adalah masalah kulit yang paling umum , yang disebab...
Tips mengecilkan dan membersihkan pori-pori wajah Pori pori berguna untuk menjaga agar kulit senantiasa lembut dan terhidrasi dengan baik dengan cara mengeluarkan minyak.Namun pori-pori ini dapat terl...
Inilah Perilaku Wanita yang sangat dibenci Allah Wanita yang dibenci Allah - Allah sangat menyukai wanita yang shaliha, namun Allah juga benci dan murka kepada beberapa wanita.Oleh karena itu kita ...
Tanda dan Gejala umum Keguguran Kebanyakan kasus keguguran terjadi sebelum 12 minggu masa kehamilan, yang disebabkan oleh janin tidak berkembang secara normal, bisa karena kelainan g...

Berikan komentar Anda: