Cara membasmi dan mengatasi serbuan semut

Cara membasmi dan mengusir semutSemut sangat menjengkelkan, karena mereka bisa dengan hanya sekejab memenuhi makanan yang kita taruh. Dengan demikian juga akan dengan sekejap bisa mengurangi selera makan kita. Ada beberapa kiat untuk membasmi atau menghindari serbuan semut seperti ini, agar kita merasa nyaman dalam segala hal tanpa hadirnya gangguan serbuan semut.

Semut adalah makhluk hidup berkoloni, yaitu memiliki jumlah banyak dalam sebuah kelompok dengan 1 ratu semut. Mirip-mirip dengan kerajaan gitu, mereka juga memiliki semut yang bertugas sebagai spionase untuk mencari info tentang tempat strategis dan banyak makanan. Jika makanan yang mereka sukai diketahui oleh intelejen semit, maka dengan sekejab seluruh tentara semut akan datang mengerumuninya.

Cara membasmi dan mengatasi serbuan semut

Beberapa langkah-langkah ini sebagian adalah untuk mencegah. Artinya, mencegah semut agar tak sampai datang di rumah Anda. Sementara adalah metode pembasmian seluruh koloni, dimana bisa dilakukan jika semut terlanjur menyerbu tempat kita

1. Air jeruk

Membatasi makanan dengan jus jeruk lemon murni, dan semut tak akan sampai menyentuh makanan Anda karena takut dengan asamnya jeruk lemon.

2. Kayu manis

Sebarkan bubuk kayu manis disekitar tempat dimana semut itu akan datang. Atau bisa dengan menyemprotkan minyak kayu manis diseluruh pintu, jendela, lantai, atau pada lubang semut dll

3. Pepermin

Minyak pepermin juga cukup manjur untuk menghalangi masuknya pasukan semut. Semprotkan cairan peppermin disekitar jendela dan pintu (atau masuknya semiu). Sabun cair dengan aroma mint encerkan dengan air dalam botol semprot. Semprotkan pada pasukan semut dan melihat mereka mati.

4. Borax, air dan gula

Gunakan boraks, gula, air yang dicampurkan dengan selai kacang. Walaupun cara ini agak lama reaksinya, namun bisa benar-benar efektif hasilnya. Semut semut akan membawa campuran borax , gula dan air ini kepada koloninya, dan akan dimakan oleh ratu dan semut lain sehingga mereka akan mati. Taruh makanan jebakan semut ini sedekat mungkin dengan tempat semut, namun jauhkan dari binatang piaraan dan jangkauan anak. Sebenarnya tak berbahaya bagi sentuhan manusia, kecuali dimakan.

5. Air mendidih dan sabun cuci piring

Siram tempat atau lubang semut dengan air mendidih atau cairan sabun mencucu piring, hasilnya banyak semut dalam sarang akan mati terkena bahan ini.

7. Kapur semut

Kapur semut terbukti efektif untuk menghalangi semut serta mencegah mereka kembali. Kapur semut mengandung zat anti serangga, yang juga akan membunuh hewan pengganggu lain yaitu kecoak. Garis tempat atau sekitar makanan yang dilindungi dari gangguan semut. Kapur semut adalah pestisida, dan sebaiknya berhati hati jika menerapkan dekat makanan.

8. Baking soda dan gula bubuk

Semut membawa zat asam yang berguna sebagai perlindungan mereka. Buatlah campuran gula dan baking soda dan gula halus pada wadah dari  tutup plastik, dan tempatkan didaerah tempat semut semut muncul. Semut akan mati jika makan campuran ini, dan  dalam beberapa hari akan terlihat hasilnya.

Bubuk kopi

Masukkan bubuk kopi pada celah celah dimana semut biasanya akan muncul.Setelah memasukkannya ke dalam celah-celah, maka  mereka tidak akan pernah kembali lagi.

10. Tepung jagung

Ini adalah cara yang efektif untuk terbebas dari gangguan pasukan semut yang menyerbu. Taburkan bubuk tepung jagung di dekat tempat yang biasanya banyak semutnya. Percobaan telah membuktikan kehebatan cara ini, yaitu semut benar-benar hilang dan tak terlihat lagi disana. Tepung jagung lebih murah dan lebih aman bagi anak-anak dan hewan peliharaan.

11.Krim gandum

Semut akan memakannya, kemudian mengembang akhirnya akan meledak!. Bisa digunakan di kebun yang bermasalah dengan  semut.

12. Cuka

Cuka akan membuat semut mati dan tak akan kembali lagi. Berikan siraman cuka pada sarang semut atau celah keluarnya semut. Atau gunakan campuran cuka, cair dan peppermint untuk diterapkan pada sarang atau lubang keluarnya semut.

Tips mencegah kedatangan semut

  • Untuk mencegah hadirnya semut, bersihkan pohon pohon lebat yang disukai tinggal semut didekat rumah. Atau hindarkan tumpukan-tumpukan daun kering disekitar rumah, segera dibakar atau dilenyapkan ketika habis bersih bersih.
  • Hindari menumpuk gelas dan piring bekas makanan yang kotor, cuci dengan bersih menggunakan cairan sabun pencuci piring. Bau dari sisa makanan dan minuman pada gelas dan piring akan menarik perhatian semut.
  • Jangan sampai tercecer gula pasir ditempat sekitar makanan, atau dimanapun diwilayah Anda. Gula pasir yang tercecer akan sangat menarik perhatian semut untuk segera datang menyerbu. Bersihkan segera jika ada gula pasir yang tercecer, hal ini karena gula pasir sangat disukai oleh semut hitam.

Terimakasih telah membaca artikel Cara membasmi dan mengatasi serbuan semut. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Curhat, Tips Umum and tagged , .

Komentar: