Cara Hidup Sehat ala Rasulullah


Cara hidup sehat rasulullahMengingat Pentingnya menjaga kesehatan, maka harus dimulai dari sekarang juga. Perilaku kita terhadap kesehatan adalah sama saja halnya dengan menanam sesuatu, dan kita akan memanen hasilnya dimasa tua. Jika kita berperilaku buruk pada kesehatan, maka penyakit lah yang kelak akan kita panen. Sedangkan jika kita berperilaku baik terhadap kesehatan, maka sama saja dengan kita berinvestasi demi kebahagiaan dimasa tua. Berdasar komitmen inilah, mari kita bersama melaksanakan cara hidup yang sehat, sehingga kita nanti tak perlu harus merepotkan anak cucu kita.

Sebagai umat Muslim, Rasulullah SAW adalah panutan kita. Beliau tak hanya mengajarkan bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allah, juga mengajarkan kepada kita bagaimana hidup yang sehat itu.

 

Berikut ada 11 cara hidup sehat yang diisyaratkan oleh Rosululloh SAW:

1. Tidak makan berlebihan

Allah berfirman dalam QS.Thaha ayat 81, yang
Artinya: “Makanlah di antara rezki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. dan Barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, Maka Sesungguhnya binasalah ia. Maksudnya, makan yang berlebihan yang tidak diatur (melampaui batas) akan mendatangkan banyak penyakit(menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu).

Rasullullah juga mengisyaratkan aturan makan “Makanlah disaat lapar, dan berhentilah sebelum kenyang, dan Makanlah makanan yang dihalalkan

Penelitian sudah lama sekali menemukan jika makan yang berlebihan dan tak teratur itu akan mendatangkan segala penyakit. Misalnya, kelebihan makan akan menyebabkan kelebihan energi, dan kelebihan energi yang tak terpakai akan disimpan menjadi lemak, gula darah dsb. Kebanyakan makan juga akan membuat kita mengantuk, malas, sehingga mengurangi aktifitas dan menyebabkan obesitas. Obesitas adalah sumber segala penyakit, terutama jantung dan darah tinggi.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasululloh menyatakan bahwa hendaknya manusia menjaga keseimbangan dalam tubuhnya, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara. Dengan demikian, berlebihan makan sungguh tidak sesuai dengan ajaran Rasul SAW.

2. Hanya makan makanan yang dihalalkan Allah

Ini adalah masih berkaitan dengan poin yang pertama:

Seperti Firman Allah dalam QS.Thaha ayat 81 (…makanlah di antara rezki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu..)

Lihat Juga :  Dampak sering kena angin malam

Artinya, hendaklah kita makan dari rejeki yang diperoleh dengan cara yang halal(baik). Harta yang didapat dari cara haram dampaknya akan membuat hidup seseorang tidak tenang. Stress karena selalu dibayangi oleh dosa dari bagaimana cara ia memperoleh rejeki. Stres adalah biangnya berbagai macam penyakit.

Makanan tertentu yang diharamkan oleh agama tentu ada alasannya. Seperti daging babi, darah, dan bangkai. Dalam tubuh babi menyimpan 11 cacing parasit yang bisa menetap didalam tubuh manusia, yang sulit untuk dikeluarkan seumur hidup. Darah hewan adalah sangat mungkin mengandung bakteri dan virus berbahaya, sedangkan bangkai diharamkan karena darahnya tidak dikeluar dengan disembelih. Makan kekenyangan juga termasuk diharamkan. Baca: 11 macam cacing parasit pada babi, disini

3. Makan buah-buahan

“Biasakan memakan Apel di kala sahur”
“Biasakan memakan buah korma dan sebangsanya di kala berbuka puasa”
Buah-buahan mengandung banyak vitamin atau nutrisi lain yang tidak ditemukan pada jenis makanan lain. Buah apel adalah buah yang diakui sebagai buah super, dimana yang mampu memberikan nutrisi tingkat tinggi bagi kesehatan tubuh kita. Buah korma juga telah terbukti oleh penelitian, dimana berkhasiat untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan.

4. Minum air, terutama dipagi hari

“Biasakan bangun tengah malam sekitar jam 2 dini hari”. Minum air dipagi hari sudah banyk dibuktikan oleh penelitian, bahwa itu sangat bagus untuk menjaga kesehatan. Para ahli juga menganjurkan untuk selalu terhidrasi dengan baik, dengan cara minum air cukup setiap hari. Baca: Manfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari, disini

5. Tidur yang cukup

“Tidurlah satu jam setelah makan tengah hari (siang hari)” . Karena umat muslim harus bangun setiap sebelum subuh, sehingga tubuh perlu untuk diistirahatkan sejenak pada siang harinya, sebelum beraktifitas kembali. Setelah beristirahat sebentar disiang hari, tubuh kita akan fresh, laksana baru di recharge. Walaupun tidak menemukan anjran tidur cukup 8 jam dimalam hari, namun kita bisa menafsirkan isyarat akan itu. Tidur setelah shalat isya rata-rata adalah pukul 8 malam, dan bangun pukul 4 untuk shalat subuh, dan itu sudah cukup 8 jam dalam semalam. Tidur cukup impactnya sangat besar bagi kesehatan, karena hormon tertentu hanya bisa diproduksi saat kita tidur pulas. Baca juga: Resiko sering tidur larut malam, disini

Lihat Juga :  Berbagai Jenis cacing yang ada di dalam daging babi

6. Bangun dini hari

Bagi umat Islam, bangun saat dini hari adalah dianjurkan, selain untuk melaksanakan kewajiban
menjalankan salah satu shalat wajib 5 waktu, yaitu shalat subuh. Jika pada malam hari saat tidur tubuh kita memproduksi hormon yang sehat, maka semakin masuk ke dini hari akan berubah memproduksi hormon yang tidak sehat. Dengan demikian, jika bangun dini hari akan mencegah tubuh kita memproduksi hormon yang tak sehat tersebut.
Bangun di saat masih pagi sekali akan memberikan kesempatan kepada paru-paru kita untuk menghirup udara yang lebih bersih, yang pada akhirnya akan mengoksigeni otak kita agar merasa segar disiang harinya.

7. Menjaga kebersihan

Menurut Rosullullah “Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Jadi secara tak langsung, menjaga kebersihan bisa dikatakan keharusan. Mandi adalah salah satu cara kita membersihkan tubuh, yang bertujuan agar bakteri, jamur atau bibit penyakit lainnya tidak menempel dalam tubuh kita.
“Mandilah dengan air yang mengalir”, “Mandilah pada pukul 2 atau pukul 3 malam, sebelum burung melintasi mata air”. Jangan bilang jika mandi pada dini hari itu sangat dingin. Penelitian juga menganjurkan untuk mandi dipagi hari dengan air dingin, agar peredaran darah lancar dan akan membuat tubuh segar bersemangat. Tak hanya itu, kebersihan juga melingkupi tempat tinggal dan lingkungan kita. Lingkungan yang kotor memang sudah banyak disadari orang sebagai tempat yang didemenin sama penyakit.

8. Berolahraga

“Biasakan berjalan kaki”
Anjuran berjalan kaki ini sama saja dengan isyarat untuk melakukan aktifitas fisik. Dalam dunia modern ini, aktifitas fisik bisa dilakukan dengan jadwal tertentu dan keteraturan atau disebut juga dengan “olahraga”. Jalan kaki adalah olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, karena selain tanpa biaya, juga tak perlu keahlian khusus. Jadi tak ada alasan untuk tidak bisa melakukan olahraga. Berjalan kaki akan membantu menguatkan otot dan tulang, melancarkan peredaran darah dsb. Tak perlu disangsikan lagi, para ahli kesehatan sangat menganjurkan untuk rajin berolahraga demi kesehatan yang baik.

Lihat Juga :  Efek buruk sering menggunakan sepatu Hak tinggi

9. Puasa sunah dan puasa wajib

Perut kita harus bekerja terus-menerus setiap hari untuk mencerna makanan, sehingga pada waktu tertentu harus diistirahatkan. Puasa, diluar sebagai upaya untuk mendekatkan dan melaksanakan perintah-Nya, juga terbukti sangat baik untuk kesehatan. Para ahli juga mengatakan jika puasa itu akan mencetuskan pembentukan Hormon pertumbuhan (HGH), yang akan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun Puasa harus diniatkan hanya kepada Allah semata.

10. Hindari stres

Stres adalah biangnya penyakit. Segala penyakit apapun, bisa ditimbulkan hanya gara-gara stres. Yang paling mudah contohnya adalah, stres akan memaksa orang untuk terus tenggelam dalam pemikiran yang tak ada habisnya. Akibatnya, susah tidur, kurang makan, lupa kebersihan, lupa olahraga, dsb. Darah tinggi, stroke gejala sakit jantung, adalah kondisi yang paling umum karena stres. Baca juga: Kenapa stress bisa menyebabkan penyakit? disini
Untuk itu, agar kita terhindar dari stres, rasulullah telah mengajarkan kita untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya.Tingkatkan spiritualitas kita, sehingga kita akan yakin dan pasrah bahwa hanya Allah yang akan membantu kita. Menambahkan keyakinan pada kita bahwa, segala permasalahan hidup adalah ujian, dan Allah tak akan menguji hambanya dengan ujian yang diatas kemampuannya. Berikut anjuran  spiritual yang akan memudahkan kita terlepas dari stress:

  • Biasakan berzikir di setiap saat, dikala tidur, dikala duduk, dikala berdiri, dan dikala berjalan
  • Selalu berbaik sangka kepada Allah Swt atas semua takdirnya
  • Senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah Azza wa Jalla dengan segenap keyakinan penuh
  • Senantiasa beribadah yang sunat-sunat disamping ibadah yang wajib
  • Senantiasa membaca Al Quran
  • Senantiasa berkumpul dengan orang yang sholeh
  • Senantiasa berpuasa disiang hari dan beribadah di malam hari
  • Senantiasa meminta kepada Allah Swt untuk hijrah dari kesalahan kepada kekebenaran

11. Menggunakan pengobatan alami

Nabi Muhammad SAW juga merekomendasikan penggunaan jinten hitam untuk mengobati segala macam penyakit secara alami. Serra menggunakan metode terapi bekam untuk menjaga kesehatan tubuh. baca juga: Khasiat jinten hitam disini, dan terapi pengobatan bekam, disini.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: