Cara dan manfaat Push up yang benar

cara dan manfaat push up dengan benarPush up pada umumnya hanyak dilakukan saat menjalankan sanksi kedisiplinan dalam latihan olahraga, PBB, sekolah, pendidikan militer, opspek dll. Jadi saya kira rata-rata orang sudah mengenal dengan baik, apa dan bagaimana oleh raga memompa tubuh ini.

Push up adalah jenis olahraga yang simpel, murah karena tak butuh alat, serta mudah untuk dilaksanakan. Namun olah raga yang satu ini tergolong berat dan menguras tenaga, apalagi jika tak pernah mencobanya secara rutin. Namun jika rutin dilakukan dengan cara yang benar, maka pus up akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Sementara sebaliknya, jika salah dalam melakukannya bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Lakukan push up dengan cara yang benar, agar Anda hanya mendapatkan manfaatnya saja tanpa mendapat dampak buruknya. Baca juga: Manfaat set up dan cara melakukannya dengan benar

Lalu bagaimana sikap atau posisi push up yang benar?, Berikut ini tips cara melakukan push up yang benar sehingga efektif, serta manfaatnya bagi tubuh:

 

Tips melakukan push up yang benar

  • Sebaiknya justru jangan menggunakan alas atau matras saat melakukan push up. Lakukan begitu saja di atas lantai yang rata.
  • Posisi tangan melebar sempurna di lantai. Sementara Kaki bertumpu pada ujung jari kaki, sehingga seluruh tubuh bisa ditopang dengan lurus dan sempurna.
  • Tekuk sikut sambil membuang napas, turunkan posisi bahu sampai sikut membentuk sudut 90 derajat.
  • Kemudian sambil menarik napas, dorong bahu ke atas sambil tangan selurus mungkin, namun usahakan posisi sikut tidak kaku.
  • Push up sebaiknya dilakukan saat perut sedang kosong, yaitu pagi dan sore hari. Untuk pemula disarankan melakukan push up 2 seri setiap hari (25 kali perseri). Selanjutnya bisa ditingkatkan secara bertahap.

Manfaat Push Up

Push up memiliki banyak manfaat bagi tubuh, jika dilakukan dengan baik seperti cara diatas, antara lain yaitu:

  • Mengencangkan otot
  • Rajin push up akan mengencangkan otot khususnya otot bagian lengan.
  • Mencegah osteoporosis
  • Dapat memperkuat tulang sehingga mencegah dari tulang kropos atau osteoporosis.
  • Panjang umur. Sebuah studi dari University of Greifswald yang dilakukan selama tujuh tahun, menunjukkan bahwa rajin melakukan push up dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Testosteron ini berfungsi mencegah risiko diabetes, hipertensi, dan obesitas.
  • Meratakan perut buncit. Push up adalah salah satu olahraga yang ringan dan gratis untuk mengatasi perut buncit. Bagi yang ingin perutnya rata, lakukan pushup yang simpel dan sederhana ini.

Terimakasih telah membaca artikel Cara dan manfaat Push up yang benar. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Uncategorized.

Komentar: