Cara Alami mengatasi kram perut selama haid

Cara Alami mengatasi kram perut selama haidCara Alami mengatasi kram perut selama haid – Kram perut adalah hal yang umum terjadi selama waktu menstruasi, meskipun tidak semua wanita akan mengalami itu. Kram perut selama haid ini bisa terjadi dari yang ringan sampai yang bisa dibilang cukup parah, sehingga membuat wanita tak bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Hal seperti ini biasanya terjadi sebelum dan selama periode menstruasi. Kram menstruasi terjadi karena adanya kontrak rahim untuk mengirimkan jaringan dan cairan yang tidak diperlukan, sehingga menimbulkan rasa nyeri haid. Bagi kebanyakan wanita, kram menstruasi ini tidak diketahui penyebabnya secara spesifik, bahkan bisa dengan mudah menjadi pulih kembali. Beberapa kram selama haid ini disebabkan oleh gangguan yang didasari oleh sistem reproduksi yang membutuhkan pengobatan khusus.

Berikut beberapa tips dan cara alami untuk mengatasi gejala nyeri perut saat menstruasi

Latihan

Sesuatu yang banyak dilakukan oleh wanita untuk mengatasi nyeri haid ini adalah dengan berolahraga. Berolahraga selama waktu menstruasi akan  menyebabkan tubuh melepaskan hormon endorfin. Endorfin adalah hormon “pembuat rasa baik tubuh”, yang bisa menjadi pereda nyeri alami. Setiap latihan yang bisa mengakibatkan denyut jantung naik adalah pilihan yang baik, dan berjalan merupakan bentuk latihan yang mudah juga akan membuat darah mengalir melalui panggul Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk menyingkirkan rasa kembung serta meringankan kram. Yoga dan jenis latihan santai lainnya juga dapat membantu mengurangi nyeri dengan cara mengurangi tingkat stres Anda.

Diet makanan sehat

Diet makanan sehat adalah cara yang baik untuk meringankan dan mengurangi gejala kram lebih lanjut karena siklus menstruasi Anda. Pada Umumnya saat masa menstruasi, perempuan cenderung untuk makan makanan yang manis atau asin. Hal ini justru akan menambah ketidaknyamanan dan dapat menyebabkan lelah. Garam dapat menyebabkan retensi air dan menyebabkan kembung. Serta Hindari kafein dan alkohol, yang dapat memperburuk kram perut menstruasi Anda. The University Guide Wanita Chicago menunjukkan mengonsumsi makanan tinggi zat besi dan jumlah yang cukup, seperti dalam buah-buahan dan sayuran akan memberi Anda energi untuk membantu melakukan melakukan beberapa latihan.

Panas

Gunakan kompress air hangat untuk meredakan rasa nyeri haid ketika Anda sedang merasakan itu. Rasa hangat dari kompres akan membantu Anda untuk mengurangi rasa nyeri tersebut karena akan meningkatkan aliran darah serta melemaskan otot-otot sekitarnya. Namun jangan melakukan ini dalam jangka waktu yang lebih lama. Mayoclinic menyarankan untuk berendam dalam air panas , untuk membantu meredakan nyeri haid.

Minum mulitvitamin

Seng, kalsium, magnesium dan vitamin B bisa membantu untuk mengurangi kram, kembung dan gejala menstruasi lainnya. Secara alami zat-zat tersebut bisa didapatkan dari beragam sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam, bahkan hingga kacang-kacangan.

Tidur cukup

Secara umum tidur sangat penting bagi kesehatan seseorang. Gangguan tidur bisa mengganggu siklus rutin bulanan Anda, yaitu seperti lebih mudah marah, kelelahan dan perut kram. Jadi mengatasi gangguan tidur secara tidak langsung juga akan meredakan semua gejala menstruasi.

Terimakasih telah membaca artikel Cara Alami mengatasi kram perut selama haid. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Wanita and tagged .

Komentar: