Cara alami mengatasi gangguan asam lambung

Makanan penyebab asam lambung tinggiAsam lambung adalah kondisi yang kebanyakan orang dewasa pernah mengalaminya. Ditandai dengan sensasi tidak nyaman pada kerongkongan, yang sering kali merayap ketenggorokan merupakan gejala umum asam lambung tinggi. Hal ini disebabkan oleh asam lambung naik, yang bisa terjadi karena otot yang memungkinkan makanan bisa masuk ke perut menjadi mengendor. Hasilnya adalah asam dari perut kembali naik ke kerongkongan, yang kemudian menyebabkan sensasi mulas. Jika Anda menderita mulas hanya sesekali, perubahan gaya hidup dan pengobatan sendiri mulas dirumah mungkin bisa dilakukan.

Berikut cara-cara alami mengatasi gejala tidak nyaman akibat asam lambung

Baking soda

Baking soda atau sodium bikarbonat dapat membantu untuk mengatasi asam lambung, dan pada akhirnya akan membantu menghilangkan rasa mulas karena merupakan substansi dasar. Baking soda memiliki pH lebih dari 7,0 , dan karenanya akan menetralkan asam lambung. Buat campuran 1 / 2 sendok teh atau 1 sendok teh baking soda dicampur dengan segelas air tawar(8 ons). Aduk baik dan minum . Anda bisa mengulanginya jika diperlukan,  tapi tidak melebihi dari dosis tujuh kali ½ sendok teh dalam jangka waktu 24 jam. Selain itu, hindari menggunakan ini sebagai obat lebih dari seminggu terus menerus, karena tinggi garam dan dapat menyebabkan efek samping seperti pembengkakan atau mual.

Minum jus lidah buaya

Aloe Vera merupakan tanaman yang juga digunakan untuk luka bakar. Lidah buaya mungkin juga dapat membantu mengusir mulas, karena akan mengurangi peradangan. Berarti jika perut atau kerongkongan Anda mengalami  iritasi dan meradang,  segelas jus lidah buaya mungkin bisa membantu untuk meredakannya. Minum secangkir ½ jus lidah buaya dengan suhu dingin atau suhu ruangan sebelum makan. Perlu diketahui bahwa lidah buaya juga bisa menjadi pencahar, jadi pastikan hari Anda dekat dengan kamar mandi.

Mengunyah permen karet

The Journal of Dental Research melakukan studi terhadap orang-orang dengan gejala gastroesophageal reflux disease ( GERD )  atau sakit maag kronis, yang merasa terbantu ketika mereka mengunyah sepotong permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan. Hal ini karena permen karet akan merangsang kelenjar ludah, dan meningkatkan produksi air liur. Asam lambung dalam usus akan diencerkan dan turun atau dibersihkan dengan lebih cepat . Setelah makan ambil sepotong permen karet bebas gula, dan mengunyahnya selama 30 menit untuk membantu mencegah sakit maag.

Cara tidur

Mulas cenderung akan menjadi lebih buruk di malam hari, karena kenyataan orang berbaring ketika tidur. Gravitasi menjadi lebih mudah membuat isi lambung untuk kembali ke kerongkongan bersama dengan asam. Cobalah dengan mengangkat kepala Anda sekitar 6 inci ketika Anda tidur, dengan jalan menempatkan batu bata, buku, atau balok di bawah kaki dan di kepala dibawah kasur tempat tidur Anda. Anda juga bisa mencoba bantal berbentuk baji di bawah kasur, tapi tidak secara langsung menumpuk bantal tambahan,  karena akan mudah untuk tergeser dan lepas di malam hari . Jangan berbaring dalam waktu 3-4 jam setelah makan, karena berbaring dengan perut penuh akan membuat isi perut menekan lebih kencang terhadap sfingter esofagus bagian bawah.

Bagaimana , apa , dan kapan

Perhatikan bagaimana cara Anda makan : Jangan makan satu suap makanan untuk ukuran raksasa. Makan sedikit-sedikit dan  perlahan-lahan, sehingga cukup waktu bagi lambung untuk mencerna dan tanpa memberikan kesempatan untuk memompa keluar kelebihan asam.

Perhatikan apa yang Anda makan : Anda mungkin menyadari bahwa makanan tertentu dapat memicu sakit maag, biasanya makanan yang tinggi asam (tomat atau buah jeruk), atau makanan pedas. Hindari makanan penyebab asam lambung tinggi sebaik mungkin untuk pencegahan.

Perhatikan ketika Anda makan : Jangan makan dalam waktu 3-4 jam sebelum tidur. Berbaring akan memberikan lebih banyak tekanan pada lower esophageal sphincter(LES), sehingga dapat meningkatkan kemungkinan asam lambung menyusup keluar.

Cuka apel

Tampaknya ini berlawanan jika menelan lebih asam . Meskipun dalam banyak kasus asam lambung disebabkan oleh asam berlebih dalam lambung,  namun  asam itu sendiri yang memberitahu lower esophageal sphincter(LES) untuk mengencang dan menutup. Jika tidak menghasilkan asam lambung yang cukup, LES akan berpikir itu bukan masalah besar untuk melonggarkan  sedikit. Kemudian tentu saja asam lambung naik ke kerongkongan Anda. Jika ini mungkin adalah kasus pada Anda, cobalah minum sedikit cuka sari apel murni.  3 atau 1 sendok makan cuka sari apel mentah, dan diencerkan dengan 6 Sampai 8 ons air tawar. Anda dapat melakukan ini sebelum makan (mungkin yang paling efektif ) sebelum tidur, atau 2-3 kali dalam sehari. Jika Anda merasa ini justru semakin memperburuk kondisi, maka jangan diteruskan. Terlalu banyak cuka sari apel juga dapat menyebabkan masalah.

Makan pisang atau apel

Pisang mengandung antasida alami yang bisa bertindak sebagai penyangga terhadap asam lambung. Jika Anda ingin mencoba pengobatan alami sederhana untuk sakit maag pertama, coba makan 1 buah pisang setiap hari. Pilihan lain adalah bisa mencoba makan 1 buah apel setiap hari. Makan beberapa jam sebelum tidur untuk meredakan atau mencegah ketidaknyamanan akibat asam lambung.

Membuat minuman jahe

Jahe bisa membantu meringankan masalah lambung, dari mual karena masuk angin sampai gejala asam lambung tinggi. Minum secangkir jahe seduh segar sekitar 20 menit sebelum makan dapat membantu menenangkan perut,  karena bertindak sebagai penangkal asam lambung. Iris 3  potong jahe dan didihkan perlahan dalam 2 gelas air, tutup selama 30 menit. Tuangkan ke dalam gelas , dan minum ekitar 20 menit sebelum makan.

Hindari pakaian ketat

Celana ketat yang melekat di pinggang  dapat memperburuk rasa mulas. Jika Anda memiliki celana jeans super ketat , ketika Anda duduk pinggang akan tenggelam kedalam daerah perut Anda. Berlaku sama untuk sabuk yang ketat, bahkan t-shirt bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Hal ini karena semua hal di atas akan menempatkan tekanan ekstra pada esophageal sphincter bawah Anda, yang membuat isi perut lebih terdorong dan Anda akan mengalami gejala asam lambung.

Hentikan Merokok + alkohol

Merokok dan minum alkohol bisa menyebabkan  gejala asam lambung menjadi semakin mengerikan. Nikotin dan alkohol akan melemahkan LES, sehingga lebih memudahkan isi perut dan asam masuk kebali ke kerongkongan Anda. Alkohol secara umum juga akan mengiritasi perut Anda. Hindari kedua hal diatas, jika ingin sembuh dari gejala asam lambung.

Menjaga berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko GERD , dan akan membuat Anda semakin sering menderita mulas lebih. Hal ini karena bobot berlebih akan menempatkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah. Ini akan lebih mungkin untuk melonggarkannya.

Camilan almond

Makan beberapa almond setiap habis makan, pada dasarnya setiap kali Anda menelan sesuatu. Kacang lezat ini akan melakukan sesuatu untuk menetralisir asam dalam lambung, menghilangkan dan bahkan bisa mencegah beberapa kasus sakit maag . Anda membutuhkan  3 Sampai 4 butir almond. Setiap kali Anda menelan sesuatu, makan 3-4 almond sesudahnya. Tidak perlu makan lebih banyak, karena pada beberapa orang kebanyakan almond dapat memicu mulas.

Secangkir teh adas

Minum teh adas sekitar ½ – 1 jam sebelum tidur dapat membantu mengurangi peradangan pada perut Anda, dan mungkin juga akan menyeimbangkan tingkat keasaman. Hal ini tak hanya dapat menghilangkan stres, yang dapat memicu asam lambung, juga membantu tidur lebih nyenyak di malam.

Obat-obat tertentu mungkin juga dapat menghilangkan rasa ketidaknyamanan akibat asam lambung, tetapi mungkin juga dapat menyebabkan efek samping jangka panjang atau menciptakan ketergantungan.

Terimakasih telah membaca artikel Cara alami mengatasi gangguan asam lambung. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Jenis jenis penyakit and tagged .

Komentar: