Cara agar facebook aman, tidak bisa dihack

agar facebok tidak dihackHack facebook sebenarnya sangat sulit, dengan catatan jika Anda telah memperhatikan keamanan dengan sangat baik. Kebanyakan facebook kena hack hanya karena kecerobohan Anda sendiri, jadi sebaiknya berhati hati terhadap aktifitas atau pengaturan yang memberikan peluang bagi orang lain untuk mengambil/hack facebook Anda.

Cara mengamankan akun facebook sebenarnya tak sulit, dan saya akan berbagi tips mudah supaya orang menjadi lebih sulit untuk hack facebook Anda.

Berikut Tips Cara agar akun Facebook tidak bisa dihack orang

1. Password yang aman

Buatlah password yang aman, misalnya terdiri dari kombinasi huruf dan angka, kalau perlu ditambah karakter unik seperti: “RuM@hK@C4″, atau yang seperti kayak gitu.

Password jangan disamakan dengan alamat email Anda

Ganti password secara berkala, terutama jika Anda timbul kekhawatiran setelah login facebook menggunakan laptop teman, jaringan wifi umum,warnet dll.

Catatan: Termasuk password email juga harus kuat. Lakukan tips yang sama seperti diatas untuk memperkuat email Anda.

2. Awas phising!

a).Phising adalah pemberitahuan palsu yang seolah-olah dari facebook maupun dari layanan email Anda , misalnya meniru gmail atau yahoomail. Phising biasanya dikirimkan seolah sebagai pemberitahuan resmi, yang desain tampilannya sangat mirip dengan situs resmi FB, gmail atau yahoomail. Pemberitahuan /phising biasanya dikirim sebagai tautan ke email Anda, atau tautan yang langsung dikirimkan ke inbox Anda. Phising ini bertujuan untuk mencuri password anda, dengan jalan menyuruh Anda untuk memasukkan ulang password dan email yang Anda miliki. Jadi jangan mudah percaya jika Anda secara tiba-tiba diminta untuk mengisi dan mengirimkan data login Anda. Untuk mengetahui hal itu palsu apa bukan, lihat URL situs tersebut pada adressbar Anda. Jika asli dari facebook, maka URLnya bisa dipastikan adalah www.facebook.com. Jika palsu bisa saja akan menjadi www.fakebook.com atau yang mirip lainnya.

b).Jangan mudah untuk mengklik tautan sembarangan, yang bisa dikirimkan kepada Anda melalui Chat,  inbox, status atau email dari orang yang tidak Anda kenal samasekali. Curigai tautan yang semisal seperti ini: http:/bit.ly/BgdQ, atau http://goo.gl/QwFcsD, atau www.situs fake.com/file.exe

3. Kurangi login FB menggunakan perangkat orang

Orang menguasai akun Anda bisa karena kebetulan, saat Anda lupa logout diwarnet atau pakai perangkat umum lainnya. Saat Anda menggunakan jaringan wifi umum, data komputer Anda bisa dilacak oleh orang lain dan berpeluang diketahui informasi Anda. Jadi, misalnya habis menggunakan perangkat umum, jangan lupa untuk selalu logout dan clear riwayat browsing pada pengaturan browser.

4. Setting informasi dan keamanan akun

a) Setelan akun pada email jangan dibuat untuk umum/atau dapat diketahui oleh umum. Jadi secara default alamat email Anda sudah diseting tersembunyi. Untuk memstikannya, klik pengaturan-> email-> sunting-> pastikan agar tidak dicentang pada “izinkan teman menyertakan email saya dalam unduh informasi Anda”

Lakukan penyetelan pada pengaturan akun -> keamanan -> Jelajah Aman -> sunting -> aktif.

Pilih kontak terpercaya, tambahkan siapa teman Anda yang paling bisa dipercaya. Berguna jika nanti ada apa-apa dengan akun facebook Anda. Supaya mudah nanti ketika Anda ingin mengembalikan kembali facebook jika sampai dihack

Pilih sesi aktif, tambahkan

b.) Pilih Seluler kemudian tambahkan nomor ponsel Anda -> konfirmasi

5. Jangan sembarangan add friend

Jika ada teman yang add Anda, yang tak jelas asal-usul nya jangan keburu ditambahkan jika tak kenal. Terutama jika ada 3 add teman dalam rentang waktu yang berurutan dan terkesan mencurigakan.

6. Tambahkan pertanyaan keamanan

Jika Akun FB anda sudah lama dibuat, maka Anda tak akan bisa menemukan cara untuk menambahkan pertanyaan keamanan. Pertanyaan kemanan adalah fitur yang didukung, dan Anda akan memilih pertanyaan dan jawaban yang Anda ketahui sendiri. Anda sendiri harus ingat betul dengan jawaban yang telah Anda buat , sebab ini akan ditanyakan suatu hari jika akun Anda telah dihack orang,  dan Anda ingin mendapatkannya kembali. Ini adalah metode pengamanan terakhir dalam artikel ini, dan yang akan membuat kesulitan bagi hacker amatiran.

Caranya:

Langkah 1: Logout dari facebook Anda

Langkah2: masuk kepada tautan http://www.facebook.com/hacked/

Lagkah3: Klik “Akun saya dibobol”

mengembalikan facebook yang dihack

 

 

 

Langkah3: Tutup kembali tab browser Anda

Langkah4: Buka kembali alamat di www.facebook.com,

Langkah5: Anda akan diminta memasukkan password yang baru. Catatan: Jangan lupa username Anda sendiri, sebab nanti akan diminta untuk dimasukkan.

Ikuti instruksi selanjutnya dari facebook sampai Anda disuruh memilih pertanyaan keamanan dan memasukkan jawabannya. Klik simpan -> selesai!

Terimakasih telah membaca artikel Cara agar facebook aman, tidak bisa dihack. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Internet, Social Media, Tips Umum and tagged , , .

Komentar: