Buah Makanan mengandung antioksidan tinggi

Antioksidan adalah zat yang dipercaya dapat menangkal reaksi oksidasi pada tubuh, yaitu reaksi tubuh akibat dari zat yang bersifat racun, yang masuk kedalam tubuh dari makanan maupun dari udara. Dengan demikian, sifat antioksidan bisa dikatakan dapat menghambat penuaan dini, yaitu yang paling umum disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu,  antioksidan juga diyakini dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.Makanan mengandung antioksidan tinggi
Benarkah antioksidan mampu mengurangi resiko kanker dan dapat menghambat pertumbuhan kanker?
Diantara para ahli Ada pendapat yang berseberangan mengenai zat antioksidan terhadap kanker. Seperti pendapat dokter Watson, yang merupakan merupakan ilmuwan biologi molekul yang pernah meraih penghargaan Nobel di bidang kedokteran.

“Banyak orang yang memang fokus menyembuhkan kanker dengan mengonsumsi makanan atau suplemen kaya antioksidan. Namun pada akhirnya sebuah pertanyaan besar muncul, jangan-jangan antioksidan itu sebenarnya justru punya sifat memicu daripada melawan kanker,” tulis Dr Watson dalam jurnal Royal Society.

Pendapat ini juga disetujui oleh Profesor Nic Jones dari Cancer Research, walau tidak terlibat dalam penelitian Dr Watson ternyata juga setuju dengan pendapat ilmuwan biologi tersebut. Menurutnya, vitamin dan mineral hanya punya fungsi menjaga kesehatan, bukan menurunkan risiko kanker.

Kita ambil tengahnya saja, seperti kata Prof Nic Jones diatas: “Vitamin dan mineral hanya punya fungsi menjaga kesehatan, bukan menurunkan risiko kanker”.Jadi tak ada salahnya jika mengkonsumsi makanan dengan antioksidan tinggi, paling tidak untuk menjaga kesehatan.

Berikut beberapa buah dan makanan yang mengandung antioksidan tinggi:

1. Delima “ Polifenol adalah jenis zat antioksidan yang ada di dalam buah delima, dan diyakiini lebih efektif daripada antioksidan yang ada dalam kandungan buah lainnya untuk memerangi radikal bebas.

2. Buah Berry “ Blueberry memiliki peringkat lebih tinggi antioksidan, jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Cranberry dan blackberry juga mempunyai kandungan antioksidan yang tidak kalah tingginya.

3. Brokoli - Dari keluarga sayuran, brokoli juga diyakini oleh para ahli gizi banyak mengandung antioksidan.

4. Kenari “ Kenari menduduki peringkat kedua dibawah kacang, sebagai makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi.

5. Hazelnut “ Hazelnuts juga kaya antioksidan, akan tetapi hazelnut bukan merupakan jenis kacang yang populer. Kacang juga merupakan makanan yang sehat, karena lemak di dalamnya adalah lemak sehat yang justru membantu mencegah penyakit jantung.

6. Kacang merah“ Kacang merah mempunyai tingkat tertinggi dalam hal kandungan antioksidan. Kacang-kacangan merupakan makanan antioksidan terbaik di antara keluarga sayuran.

7. Kentang “ Kentang adalah sumber yang tinggi dari segala macam jenis vitamin, dan juga mempunyai peringkat sangat tinggi di antara makanan yang mengandung antioksidan.

8. Plum dan Prunes “ Prunes mengandung antioksidan yang sedikit lebih tinggi daripada antioksidan pada plum, hanya saja prunes sudah dikeringkan.

9. Teh hijau “ Teh hijau mengandung polifenol dan katekin, yaitu dua senawa antioksidan yang sangat efektif untuk menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Para ahli setuju, bahwa salah satu alasan orang Asia memiliki harapan hidup lebih tinggi daripada ras lain adalah tingkat konsumsi tinggi teh hijau.

Terimakasih telah membaca artikel Buah Makanan mengandung antioksidan tinggi. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kesehatan, Makanan, Manfaat Buah and tagged , .

Komentar: