Bolehkah Olahraga di Malam hari?

Bolehkah olahraga dimalam hari?Bolehkah Olahraga di Malam hari? – Sebenarnya olahraga dimalam hari itu sudah banyak dilakukan orang sejak dulu.Masih ingat waktu itu ketika masih senang senang nya olahraga bulu tangkis.Apalagi kini , banyak alternatif olahraga yang bisa dilakukan pada malam hari, yaitu futsal.Olah raga malam menjadi pilihan karena banyaknya aktifitas yang harus dimulai sejak pagi hari.

 

Jadi, Bolehkah olahraga dimalam hari?, apakah justru tidak baik bagi kesehatan?

Bisa jadi olahraga malam itu tak baik jika dilakukan , misalnya dilakukan diluar ruangan. Apalagi olahraga yang dilakukan adalah lari dipinggir jalan, bisa disangka yang nggak nggak sama orang,, :). Udara luar pada malam hari itu lebih lembab, basah dan kotor, sehingga bisa jadi itu tak baik bagi kesehatan. Orang yang melakukan aktifitas fisik (berolahraga),  itu lebih dalam pada saat mengambil nafas. Hal itu karena tubuh lebih banyak membutuhkan suplai oksigen seiring dengan semakin banyaknya energi yang dikeluarkan. Pada malam hari, oksigen lebih tipis, sehingga lebih mudah dikotori oleh gas seperti co2. Untuk itu, Berolahraga dimalam hari sebaiknya dilakukan pada tempat yang memiliki atap,  misalnya gedung olahraga.

Efek samping olahraga dimalam hari

Seperti yang telah dijelaskan diatas, efek buruk terhadap kesehatan mungkin saja ada, jika olahraga malam dilakukan diluar ruangan. Terlepas daripada itu, sebenarnya sama saja manfaat olahraga yang dilakukan pada siang ataupun pada malam hari. Namun ada sedikit catatan, yaitu olahraga yang dilakukan pada malam hari sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Kenapa?,,, Karena pada umumnya, malam hari itu adalah saatnya tubuh untuk beristirahat setelah terjaga mulai pagi hari. Olahraga dimalam hari juga sebaiknya tidak dilakukan berdekatan dengan waktu tidur,  karena ini bisa menyebabkan kesulitan tidur/gangguan siklus tidur. Lakukan olahraga malam antara 2 atau 3 jam sebelum waktu tidur, untuk memberi kesempatan tubuh melakukan pendinginan. Namun jika anda merasa tak pernah ada masalah dengan gangguan tidur, mungkin hal ini tidak berlaku bagi anda. Selamat berolahraga!

Terimakasih telah membaca artikel Bolehkah Olahraga di Malam hari?. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Tahukah and tagged , , .

Komentar: