Bolehkah membersihkan telinga menggunakan Cotton Bud?


Bolehkah membersihkan telinga menggunakan Cotton Bud? – Memang baik untuk selalu menjaga kebersihan tubuh agar senantiasa sehat dan mendapatkan rasa percaya diri. Namun tak semua cara untuk menjaga kebersihan itu bebas dari resiko, seperti salah satunya adalah membersihkan lubang telinga menggunakan cotton bud. Sebaiknya Anda berhati hati jika membersihkan lubang telinga sendiri menggunakan cotton bud, atau jangan pernah untuk melakukan itu. Ada banyak kasus kecerobohan akibat membersihkan telinga menggunakan cotton bud, misalnya tertinggalnya kapas didalam lubang telinga. Dan pada dasarnya banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk tidak membersihkan telinga menggunakan cotton bud.

Kenapa membersihkan telinga dengan cotton bud tidak disarankan?, berikut alasannya:

Bolehkah membersihkan telinga menggunakan cotton bud?Membersihkan liang telinga sendiri dengan cotton bud dapat menyebakan kotoran telinga justru akan semakin terdesak ke dalam, selain itu ada risiko terjadi  iritasi pada telinga akibat mengorek terlalu keras dan dalam. Telinga terbagi dalam beberapa bagian yaitu mulai dari daun telinga, telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Sepertiga telinga bagian luar mengandung kelenjar yang menghasilkan serumen atau ear wax yang dapat menciptakan suasana asam, sehingga bakteri dan jamur tidak dapat hidup disana. Membersihkan telinga dengan cotton bud akan mengakibatkan serumen menipis atau terdesak terlalu dalam, hal ini bisa menyebabkan kondisi liang telinga luar menjadi basa. Dan pada akhirnya akan menyebabkan jamur dapat tumbuh subur karena tidak dilindungi oleh serumen. Membersihkan telinga dengan sabun termasuk tidak disarankan dilakukan.

Penyebab kotoran telinga

Dalam keadaan normal, telinga telah memiliki  mekanisme untuk membersihkan kotoran dengan sendirinya. Kotoran pada telinga terjadi karena serumen dan serpihan kulit telinga akibat pergantian sel, dan ini  akan menuju bagian terluar telinga dengan sendirinya. Pada Umumnya dokter hanya menyarankan untuk membersihkan telinga bagian terluar saja. Boleh saja membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud, asalkan hanya dilakukan pada bagian terluar dari telinga.

Lihat Juga :  Sejarah Coklat

Cara mengatasi masalah pada telinga

Infeksi ataupun  gatal-gatal yang terjadi pada telinga bagian dalam  juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi dan adanya kotoran telinga. Gatal akibat reaksi alergi biasanya tidak hanya pada telinga saja. Biasanya akan muncul pula reaksi alergi lain seperti kulit yang kemerahan dan gatal ataupun mata menjadi bengkak. Jika demikian yang anda rasakan pada bagian dalam telinga Anda, sebaiknya tidak menggunakan cotton bud untuk mengorek bagian dalam telinga. Atau jika Anda merasa jika kotoran pada telinga bagian dalam yang terasa mengganggu dan tidak bisa keluar dengan sendirinya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter THT Anda.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: