Berbagai Jenis Makanan Tinggi Kalori

Berbagai jenis Makanan tinggi kaloriBerbagai Jenis Makanan Tinggi Kalori – Kalori digunakan oleh tubuh sebagai bahan bakar, hal ini agar memperoleh energi untuk menggerakkan semua fungsi tubuh.Karena Setiap sel dalam tubuh kita sangat membutuhkan kalori untuk mendapatkan energi. Dan sisa kalori yang tidak dipergunakan akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak, dan lemak ini akan dibakar jika tubuh kurang asupan kalori. Jadi,  tubuh harus mendapatkan kalori yang cukup, namun jangan sampai selalu berlebihan.Kalori yang berlebihan tentu akan membuat masalah dengan kelebihan berat badan alias kegemukan. Disamping itu, selalu kelebihan kalori tidak baik untuk penderita diabetes.

Untuk itu, cermatlah kita dalam memilih menu makanan sehari-hari.Hindari kelebihan asupan kalori karena memilih menu makanan yang salah, terutama bagi yang bermasalah dengan berat badan yang berlebih.Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, diet tinggi kalori bisa meningkatkan hingga dua kali lipat resiko gangguan kognisi ringan (MCI) daripada diet rendah kalori.

Berikut ini beberapa jenis makanan tinggi kalori, yang wajib anda pertimbangkan terutama jika bermasalah dengan berat badan dan diabetes.

Gorengan

Gorengan pasti tidak baik bagi kesehatan terutama karena menggunakan minyak.Selain kalori tinggi, mengkonsumsi banyak minyak sangat kurang bagus bagi tubuh.Baca: Bahaya makanan gorengan

Makanan cepat saji

Misalnya burger dan kentang goreng.Kentang sangat bagus dikonsumsi dengan cara direbus.Namun kentang adalah makanan tinggi kalori, apalagi jika cara mengolahnya digoreng bahkan lemaknya juga akan semakin tinggi.

Mi instan plus telur dan nasi

Mie instan saja sudah kurang baik bagi kesehatan, apalagi jika ditambah dengan telur dan nasi putih.Kandungan kalorinya bisa meningkat hingga 615 kalori!

Nasi Goreng

Nasi goreng memang lezat, apalagi dimakan pada malam hari. Dibali kelezatannya tersebut, nasi goreng semakin buruk jika dimakan dimalam hari,karena  mau istirahat.Bayangkan, kalori dari nasi goreng yang 740 kalori itu tidak terpakai karena tidur.Nasi goreng semakin tinggi kalorinya karena minyak dan bahan lain.

Pizza

Makanan asli Italia ini mengandung kalori yang sangat tinggi, yaitu sebesar kurang lebih 1920 kalori untuk pizza ukuran besar.

Snack

Makanan ringan (snack) biasanya terdapat mentega, sirup jagung tinggi fruktosa, gula, pati, dan cokelat dalam komposisinya. Hampir semua jenis snack yang tersedia di supermarket mengandung kalori tinggi.

Makanan beku

Kalori, lemak dan sodium memang sangat mudah menaikkan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Kalori, lemak dan sodium biasanya terkandung dalam setiap makanan beku yang tersedia di supermarket.

Cokelat

Coklat yang dijual kebanyakan sudah diolah kembali menjadi sedemikian rupa dengan campuran susu, kacang-kacangan, minyak palem, gula dan sebagainya. Dalam 100gr coklat batangan dapat menghasilkan 500 kalori.

Sushi

Makanan khas Jepang ini juga banyak digemari oleh orang indonesia.Sebenarnya sushi dibuat dengan bahan sayuran yang rendah kalori, namun campurannya yang membuat sushi menjadi makanan tinggi kalori.Campuran mayonnaise dan seafood membuat satu roll sushi memiliki kadar sekitar 500-600 kalori. Ditambah lagi saus kecap yang mengandung sodiumdapat membuat kita ingin terus makan dan minum.

Miuman bersoda

Selalu nggak ada yang bagus dengan minuman bersoda, walaupun rasanya cukup menggoda.Minuman ini sama sekali tidak memiliki nilai-nilai nutrisi. Kecuali, kaya akan kandungan gula, sodium, dan kalori.

Terimakasih telah membaca artikel Berbagai Jenis Makanan Tinggi Kalori. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Makanan and tagged , , .

Komentar: