Benarkah Salak menyebabkan susah BAB?


Manfaat dan Kandungan gizi Salak| Benarkah Salak menyebabkan susah BAB?

Manfaat buah salak | Benarkah salak menyebabkan BAB?Mitos yang telah lama beredar dimasyarakat bahwa salak menyebabkan susah buang air besar (BAB).Benarkah mitos tersebut?,,,, Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar,,,Maksudnya asal tahu caranya salak aman aman saja, alias tidak meyebabkan sembelit.
Caranya, makan saja buah salak beserta kulit arinya.Pada umumnya orang merasa risih jika tidak membersihkan kulit ari salak ketika hendak memakannya.Tahukah Anda bahwa kulit ari salak yang tipis tersebut mengandung serat tinggi, inilah yang membuat salak menjadi tidak menyebabkan sulit buang air besar/sembelit.Salak juga mengandung kaya zat tanin, zat yang bisa mengatasi diare.

Salak adalah buah pohon yang biasa tumbuh didaerah tropis, seperti Indonesia, malaysia,singapura,vietnam maupun Thailand.Di indonesia sendiri terdiri dari bermacam macam varietas salak, seperti salak Bali, Salak Pondoh,Salak suaru dan salak condet, sesuai dengan nama daerah dimana salak tersebut dibudidayakan.Rasanyapun berbeda beda tiap salak, mungkin karena keadaan tanah, ketinggian tanah, suhu yang berbeda ditiap daerah.Rasanya bisa manis, asam, manis asam dan sepet.

Kandungan gizi buah salak

Kandungan gizi pada buah salak cukup lengkap, yaitu Setiap 100 gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilokalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, dan zat besi 3,9 miligram. Selain itu di dalam buah salak juga terkandung vitamin C sebesar 8,4 miligram.

Khasiat dan Manfaat buah salak

Karena Kandungan gizi pada buah salak cukup lengkap, membuat salak sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh, yaitu:

Meningkatkan Kinerja Otak

Karena kandungan potassium dan pektin, para peneliti berani mengklaim jika salak mampu meningkatkan kinerja otak. Potassium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak (mengatur kecerdasan), dan proses fisiologi penting lainnya.

Lihat Juga :  Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Mencegah Kanker

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Integrative Cancer Therapies¬Ě diketahui bahwa pektin pada salak tersebut juga¬† berpotensi untuk mencegah dan mengobati kanker prostat. Pektin bekerja dengan cara menghambat reproduksi sel kanker serta menurunkan risiko terjadinya apoptosis, yaitu sel yang memprogram kematiannya sendiri.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah salak mengandung betakaroten yang efektif untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali dari buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka.

Membantu Program Diet

Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa menghindarkan Anda untuk makan dalam porsi besar. Baik dikonsumsi bagi Anda yang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Mengingat manfaat buah salak yang sangat besar bagi kesehatan, apakah anda masih takut sembelit jika memakan salak?,,,

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: