Benarkah mandi malam dapat menyebabkan rematik?


Benarkah mandi malam dapat menyebabkan rematikBenarkah mandi malam dapat menyebabkan rematik? – Orang tua ketika kita masih kecil dulu seringkali menegur kita agar segera mandi, karena menurut mereka jika mandi malam itu dapat menyebabkan penyakit rematik. Akibatnya, terbawa hingga sekarang ketika kita telah dewasa. Bagus juga sih sebetulnya, yaitu untuk menanamkan kedisiplinan kepada kita. Buruknya, karena saking padatnya kesibukan tak jarang kita kerja hingga malam, dan akhirnya tak mandi hanya karena takut rematik.

Sebenarnya mandi malam dan rematik itu tidak ada hubungannya, dan boleh dibilang itu hanya mitos belaka. Rematik adalah kondisi penyakit tersendiri, dan bukan karena sering mandi malam.
Rematik adalah penyakit yang menyerang jaringan sendi,  dan cenderung menahun. Biasanya menyerang daerah pergelangan kaki, lutut, siku dan pinggang. Sakit rematik memang sangat menyiksa, dan akibatnya sangat menurunkan produkstifitas kerja. Kondisi penderita rematik yang luarbiasa sakitnya, jadi wajar jika banyak orang takut terkena remati. Dan untungnya, rematik tak disebabkan oleh mandi malam hari.

Mandi malam bukan penyebab rematik

Rematik adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, karena proses penuaan atau akibat Cedera Mendadak. Jadi tidak usah takut jika Mandi Malam, dan  penyebab rematik bukan karena mandi malam. Jadi kalau kemalaman saat datang kerumah, sebaiknya memang harus mandi. Karena banyak sekali penyakit yang bisa diakibatkan oleh orang yang jarang mandi, seperti panu, jerawat dan ragam penyakit kulit lainnya.

Hal ini seperti disampaikan oleh Prof. dr. Handono Kalim, Sp.PDKR selaku Indonesia Rheumatology Association (IRA), kepada ghiboo.com.

“Tak ada kaitannya, itu hanya mitos. Lebih baik tetap mandi malam daripada tidak sama sekali,” ungkapnya dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.

Lihat Juga :  Hukum dan manfaat Khitan bagi kesehatan Laki-laki

Pakar rematik sendiri tuh yang bilang, jadi jangan dikambing hitamkan mandi malam sebagai penyebab rematik. Kalau memang harus mandi ya mandi saja walaupun itu sudah malam, …..

Cuma,,,, ada satu warning yang lain nih,,,,

Prof. Handono menjelaskan bahwa air atau udara dingin (seperti AC) dapat menyebabkan saraf mengerut, sehingga memicu ambang kepekaannya menurun.
“Karena kepekaannya menurun, saat terkena rangsangan sedikit saja akan menimbulkan rasa nyeri,” jelasnya.

Jadi kalau mandi malam, sebaiknya menggunakan air hangat, agar lebih terasa nyaman dikulit dan  syaraf tidak mengerut.Mandi air hangat dimalam hari justru akan mengendurkan urat, dan dijamin tidur malamnya akan lebih pulas. Kalau tak punya kran air panas, bersabar sedikit dengan mnggodok air terlebih dahulu.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: