Hardisk eksternal


Hardisk eksternal merupakan pelengkap penting dan wajib untuk mendampingi perangkat utama kita.

Kapasitas penyimpanan perangkat seperti smartphone, laptop, dan komputer adakalanya tidak memenuhi kebutuhan penyimpanan kita. Kalau Anda sayang untuk membuang file-file yang lama untuk melonggarkan hardisk, solusi terbaik adalah dengan memindahkannya ke hardisk eksternal. Terutama untuk film dan foto dokumentasi saat momen spesial, semakin lama justru semakin berharga, jadi tak mungkin jika harus dihapus kan?.

Hal diatas adalah hanyalah salah satu dari manfaat alat penyimpanan luar ini, sebab fungsi hardisk eksternal yang sebenarnya adalah untuk membackup(mencadangkan) data. Data yang tersimpan didalam laptop atau komputer, apalagi di smartphone sangatlah rentan hilang. Hal ini mengingat bahwa sebuah perangkat itu bisa saja rusak sewaktu waktu, misalnya jatuh, kena air, kena virus, hilang, dll. Jadi betapa pentingnya sebuah alat yang dapat membackup seluruh data kita yang berada dipenyimpanan internal.

Hardisk eksternal

Ada beragam pilihan hardisk internal dipasaran, yang bisa anda pilih berdasarkan kapasitas penyimpanan, desain, warna dan fitur. Kalau mau beli hardisk luar secara online, berikut beberapa rekomendasi model dan type yang perlu Anda pertimbangkan:

Buffalo MiniStation Pocket – 500GB

Buffalo MiniStation USB 3.0 Adalah harddisk eksternal dengan desain chassis yang super slim dan ringan, namun memiliki kecepatan transfer data yang cepat 10 kali daripada USB2.0.Buffalo MiniStation dengan desain yang memuaskan dan stylish. Buffalo MiniStation tidak memerlukan daya tambahan external, Anda hanya cukup dengan mencoloknya pada laptop atau komputer Anda.Hardisk ini dilengkapi dengan fitur perlindungan dari benturan, sehingga akan tetap aman jika sampai jatuh. Kapasitas penyimpanan maksimal perangkat ini adalah 500Gb.

Seagate STDR1000301 Backup Plus Portable Drive (Udon) – 1 TB

Perangkat eksternal ini sudah diilengkapi dengan fitur pendukung yang canggih dan lengkap, serta bisa tersambung ke komputer dengan kabel maupun tanpa kabel. Bahkan dengan alat ini Anda dapat menggunakan fungsi untuk mengatur jadwal back-up local hanya dalam 1x klik. Fitur lain yang disajikan adalah fitur save dan share, yang membantu agar Anda jangan samapai kehilangan data. Desain perangkat ini cukup slim, yaitu hanya setebal 1.45 cm dan dengan bobot hanya 0.22 kg. Dilapisi dengan warna glossy membuatnya tampil menarik, Drive Portabel ini juga menggunakan bahan khusus agar eksterior tahan panas dan membantu untuk mencegah sidik jari tertinggal pada permukaan. Kapasitas penyimpanan 1 TB(Terrabyte), bisa untuk PC maupun Mac.

Lihat Juga :  Tips Belanja Online Aman

Western Digital My Passport – 2 TB

External hardisk ini didukung dengan interface USB 3.0 dan 2.0, serta kompetibel dengan Windows dan Mac OS. Memiliki Desain slim dan stylish, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Western Digital My Passport ini juga menyediakan software untuk mengkontrol data yang ingin Anda backup dan apabila Anda mengganti atau memasukan file, maka otomatis Western Digital My Passport akan mem-backup data-data penting Anda. Transfer film HD ke hardisk eksternal ini 3x lebih cepat dibanding dengan USB 2.0. Kapasitas penyimpanan data maksimal hingga 2 terrabyte.

Western Digital My Book Live Duo – 6 TB

Kalau Anda suka menyimpan file berukuran besar-besar, sepertinya  Western Digital My Book Live Duo ini adalah eksternal hardisk yang cocok. Merupakan produk network attached storage (NAS),  atau media penyimpanan yang dilengkapi dengan teknologi cloud serta didukung dengan sistem dua drive. Hal ini seperti portal pribadi yang memungkinkan Anda dengan mudah mengakses data, foto, musik, video dimanapun dan dengan siapapun saja menggunakan laptop, PC, smartphone ataupun tablet (dengan dukungan aplikasi). Seperti dengan namanya, Western Digital My Book Live Duo menggabungkan dua drive menjadi satu drive dengan kapasitas penyimpanan yang sangat maksimal. Dibekali dengan CPU berkecepatan 800 MHz,  yang kecepatannya melebihi transfer data dengan menggunakan USB 2.0. Perangkat ini juga dapat mengakses video, musik serta gambar para perangkat yang ada baik laptop, PC maupun perangkat Mac sekalipun sehingga dapat terhubung ke jaringan rumah. Selain akses jarak jauh dan mobile ke awan pribadi, My Book Live juga menampilkan server media terintegrasi yang menyiarkan musik, foto, dan film ke perangkat media apapun yang bersertifikat DLNA, seperti WD TV LifeHD media player, XBOX 360, PlayStation 3, Blu-Ray dan Disc Player. Dilengkapi dengan fitur backup otomatis untuk Windows dan Mac. Untuk Windows dapat menggunakan software WD SmartWare, sedangkan untuk Mac bisa memanfaatkan semua fitur software backup Apple Time Machine untuk melindungi datanya.

Lihat Juga :  Jual: Kamera CCTV Mini tanpa Kabel Murah

Berikan komentar Anda: