Batuk karena flu,Jangan berikan anak antibiotik


Anak batuk flu, jangan beri antibiotikAntibiotik adalah obat untuk membunuh bakteri akibat inveksi, sedangkan flu disebabkan oleh virus.Tahukah anda bahwa virus itu tidak dapat dibunuh oleh antibiotik?,,
Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian di Italia, bahwa anak yang menderita batuk akibat influenza sembuh lebih cepat jika tak diberi antibiotik dibandingkan yang diobati dengan antibiotik.
Penelitian tersebut melibatkan 305 anak yang sakit batuk flu, merngenai hasil penelitian itu telah dipresentasikan dalam American College of Chest Physicians.

Menurut Ketua peneliti, Fracesco de Blasio dari Universitas Bologna, para dokter justru sering meresepkan antibiotik untuk batuk supaya orangtua anak tenang.Padahal menurut dia, efektivitas antibiotik sangat kecil untuk mengobati batuk karena influenza. Bahkan antibiotik kurang efektif dibanding anak yang tidak diberi antibiotik.

Antibiotik baru boleh diresepkan jika terjadi infeksi bakteri sekunder seperti pada pneumonia atau radang baru. Meskipun demikian, bpenggunaan antibiotik harus terkontrol.

Pengobatan menggunakan antibiotik terhadap diagnosis batuk yang tidak tepat dapat, atau tanpa indikasi infeksi tidak tepat bahkan berbahaya.Pemakaian antibiotik yang tidak efektif dan berulang dapat mengakibatkan resistensi kuman.Anak bisa menjadi kebal obat, kalau sudah begini nanti akan repot.

Untuk itu bagi para orang tua harus lebih hati-hati untuk memberikan obat terhadap anaknya yang batuk.Untuk itu harus diketahui secara jelas apa yang menjadi indikasi dari batuk sikecil, apakah hanya karena flu biasa ataukah ada indikasi infeksi penyebab batuk.Tanyakan pada dokter kepercayaan Anda, mengenai penyebab batuk dan pengobatan apa yang lebih cocok.Jika disarankan minum antibiotik, tekankan “apakah memang harus menggunakan antibiotik”.

Lihat Juga :  Khasiat Bawang Putih

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: