Baking soda, pasta gigi alami yang aman bagi kesehatan

Menyikat gigi aman dengan bahan alami baking sodaKebersihan mulut merupakan faktor yang penting bagi kesehatan, dan kita harus menyadari dan harus selalu berusaha untuk mempertahankan. Memburuknya kesehatan bisa diawali oleh memburuknya kesehatan didalam mulut. Misalnya gigi yang berlubang, gigi berlubang telah lama diketahui dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti jantung. Baca: Dampak gigi berlubang

Cara merawat kesehatan mulut dan gigi adalah diawali dengan rajin menjaga kebersihannya. Tentunya cara yang digunakan adalah menyikat gigi dengan pasta gigi. Namun alih-alih untuk merawat kesehatan gigi, ternyata pasta gigi yang banyak digunakan adalah produk berbahan kimia yang tak ramah terhadap kesehatan.

Seorang peneliti membagikan tips untuk merawat gigi yang aman dengan bahan alami yang dikenal dengan baking soda.

Apa yang salah dengan pasta gigi biasa?

Produk pasta gigi yang banyak beredar itu tak aman untuk kesehatan?, Sebenarnya tak serta-merta bilang demikian, mungkin saja masih ada produk pasta gigi yang aman aman saja bagi kesehatan dan tentunya bermanfaat bagi gigi.

Seperti yang kami kutip dari situs collective-evolution.com, Beberapa bahan pada pasta gigi juga bisa berdampak tak baik bagi kesehatan. Jika anda perhatikan baik-baik, mungkin didalam kemasan sudah ada pesan peringatan yang menyatakan bahwa jika Anda menelan pasta gigi, Anda harus menghubungi ahli kesehatan. Salah satu bahan kimia yang justru digunakan dalam pasta gigi adalah fluoride, dan ini dinyatakan tidak aman atau berpotensi bahaya bagi kesehatan jika tertelan.

” Memang kita akan menelan pasta gigi?”,, memang tidak. Namun pertanyaannya, apakah dengan kita berkumur, maka sudah bisa dipastikan akan membersihkan seluruh sisa bahan?,,,

Fluoride dalam pasta gigi berbahaya bagi kesehatan?

Fluoride memang telah terbukti berpotensi dapat menguatkan enamil gigi kembali, juga sekaligus merupakan zat beracun yang terkait dengan banyak masalah kesehatan. Alasan mengapa fluoride tidak dianjurkan oleh dokter gigi, karena sebagian besar adalah bahayanya daripada kebaikannya. Jika ada bahan alternatif yang lebih efektif, sehat dan aman, maka menggunakan fluoride bukanlah pilihan yang sehat.

Menggunakan terlalu banyak fluorida justru dapat membuat gigi terlalu rapuh, sehingga  menjadi lebih rentan terhadap gigi berlubang dan gigi fluorosis. Menimbang bahwa 1 dari 3 anak-anak di AS sekarang ini banyak yang memiliki fluorosis gigi, jadi dijelaskan ini karena  menggunakan terlalu banyak fluorida. Alasan lainnya adalah bahwa pasta gigi juga mengandung bahan seperti polietilena glikol, triclosan, strontium, benzena, dan timah, dan semuanya berpotensi bisa membahayakan kesehatan manusia.

Pasta gigi juga mengandung tinggi gliserin. Ketika banyak gliserin yang masih tersisa pada gigi kita, maka akan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk hilang sebelum enamel gigi  benar-benar bisa menguat lagi. Hal ini juga rentan untuk membuat gigi berlubang. Kesimpulannya, pasta gigi tidak mengandung banyak bahan-bahan yang alami. Hal ini tentu saja menjadi pilihan Anda, apakah ingin menggunakan produk yang sealami mungkin atau tak peduli dengan ini.

Apakah baking soda pilihan yang baik?

Seorang peneliti dalam artikel ini mengatakan, bahwa ia memiliki ide untuk menggunakan baking soda ketika melakukan penelitian tentang fluoride untuk pembuatan  sebuah film dokumenter pendek , yaitu berjudul “Hard ke Swallow Truth”. Dan ia telah mendapatkan perubahan yang lebih baik dan memuaskan ketika beralih menggunakan pasta gigi dengan baking soda dan bebas fluoride. Kemudian peneliti tersebut mendengar jika baking soda bersifat abrasif sehingga akan cepat mengikis email gigi. Namun tidak demikian dari hasil yang didapat dari penelitian, sehingga ia merekomendasikan juga kepada orang lain juga.

“Saya menemukan bahwa YA, baking soda adalah pilihan yang baik, inilah alasannya”.

Memahami abrasivity

Baking soda bila digunakan dengan benar, sebenarnya kurang abrasif dari semua pasta gigi yang ada. Mengingat sifat alami dari baking soda yang dapat menjaga tingkat Ph (keasaman) untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Menggunakan baking soda untuk menyikat gigi sebenarnya lebih menguntungkan dan alami daripada pasta gigi  biasa.

Cara menyikat dengan baking soda

  1. Menyikat dengan baking soda cukup sederhana. Pertama mulailah dengan menggunakan sikat gigi yang masih baru, yang tidak mengandung residu dari pasta gigi Anda.
  2. Ambil sejumput baking soda dan memasukkannya ke dalam gelas kecil atau mangkuk kecil.
  3. Tambahkan sedikit air murni (idealnya bukan air keran) ke dalam mangkuk dan mencampurnya ke dalam baking soda. Solusinya harus dengan sedikit berair agar tidak terlalu banyak butiran. Celupkan sikat gigi Anda untuk mendapatkan beberapa olesan pada sikat.
  4. Mennyikat gigi dimulai dari geraham Anda dan kemudian pindah ke muka dan atas gigi Anda.
  5. (Opsional) Setelah selesai, Anda dapat menambahkan beberapa air ke gelas atau mangkuk dan buatlah berkumur. Ini untuk membantu menjaga mulut Anda basa.
    Bilas mulut Anda dengan air yang murni seperti biasa yang dilakukan setelah menyikat gigi.

Selamat mencoba cara-cara alami yang lebih banyak manfaatnya daripada dampak efek samping lebih banyak merugikan. (Referensi: www.collective-evolution.com/2013/07/11/is-baking-soda-a-good-alternative-toothpaste/)

loading...

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Berikan komentar Anda: