Bahan kimia berbahaya penyebab kanker ada disekitar kita!


Plastik adalah bahan yang sering dikaitkan mengandung bisphenol A (BPA), yaitu senyawa kimia yang telah diketahui sebagai salah satu pemicu kanker. Zat kimia ini menyerupai hormon estrogen pada perempuan, dan diketahui dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan, terutama untuk anak-anak muda. Hasil studi yang diperoleh dari hewan uji menunjukkan, bahwa  zat tersebut mempengaruhi perkembangan saraf dan perilaku tikus laboratorium,  jika terpapar BPA saat masih di kandungan atau di awal kehidupannya

Resiko lain yang dapat ditingkatkan karena senyawa BPA pada manusia, diantaranya adalah serangan jantung, kerusakan saraf, diabetes, kanker payudara, pubertas dini, impotensi.

BPA sejak lama digunakan dalam pembuatan plastik polimer maupun mesin hitung. Namun ancamannya terhadap kesehatan baru mulai menjadi perhatian serius, ketika senyawa organik ini ini ditemukan juga dalam makanan kaleng.

Berikut beberapa bahan/ benda sehari-hari yang mengandung BPA, yang dapat memicu kanker:

 

Struk belanja

bahan berbahaya disekitar kita penyebab kankerSelain pada plastik pembungkus makanan yang bisa menjembatani BPA mudah masuk kedalam tubuh kita, struk belanja ternyata bisa memberikan resiko kontaminasi yang sama. Struk belanja bisa dicetak di atas kertas thermal, yang dibuat dengan menggunakan campuran BPA. Jika seseorang memegang kertas tersebut selama 10 detik, maka akan memindahkan 2,5 mikrogram BPA dari kertas ke jari seseorang. Sedangkan jika menggosoknya akan meningkatkan jumlah BPA yang berpindah ke jari sekitar 15 kali lipat. Jenis kertas yang sama juga sering digunakan untuk mencetak tiket bioskop, nota kontan serta bukti transaksi yang lain. Kandungan ini terlacak dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Analytical and Bioanalytical Chemistry edisi bulan September 2010. Jika terakumulasi hingga jumlah tertentu, BPA dalam kertas-kertas tersebut bisa memicu impotensi.

Lihat Juga :  Tentang Tekanan darah, Alkohol, dan Merokok menurut penelitian

Bahan penambal gigi

Bahan lain yang ditengarai mengandung BPA adalah bahan penambal gigi. Yang menjadi masalah lagi adalah, bahan penambal gigi yang mengandung BPA ini tentu akan selalu didalam mulut. Riset di Mount Sinai School of Medicine di New York mengungkap bahwa beberapa jenis tambalan untuk gigi berlubang memiliki kandungan BPA. Senyawa itu bisa lepas saat bereaksi dengan air liur. Namun penelitian tersebut juga mengungkap bahwa, kadarnya masih cukup aman sekalipun pada anak kecil. Hanya saja untuk ibu hamil, disarankan untuk mewaspadai ini,  dan berekonsultasilah dengan dokter.

Pembungkus pizza

Kertas thermal juga seringkali ditemui digunakan untuk karton pembungkus pizza. Seperti yang telah dijelaskan, kertas thermal juga mengandung BPA.

Minuman ringan/minuman bersoda

Minuman bersoda selalu saja dikaitkan dengan resiko kesehatan. Obesitas, gigi berlubang,  ginjal, dll, adalah nyanyian pakar kesehatan tentang minuman yang mengandung soda. Sekarang ditambah lagi alasan satu kuat kuat untuk mengurangi konsumsi minuman ringan ini, sebab ternyata kaleng kemasannya dilapisi plastik yang mengandung BPA.

Tisu toilet

Penelitian terbaru yang dilakukan di Denmark mengungkap, bahwa tisu toilet ternyata banyak dibuat dari kertas daur ulang. Dalam pengolahannya, terkadang pabrik juga diisukan menggunakan jenis kertas yang mengandung BPA. Tapi, tak tahu lagi kalau produk lokal kita.

Makanan kalengan

amankah makanan kalengan langsung dimakanSama halnya seperti minuman bersoda, makanan kaleng juga dikemas dengan lapisan plastik yang mengandung BPA. Beberapa penelitian juga telah mengungkap adanya lapisan ini pada produk-produk makanan kalengan, misal tuna kalengan , buah-buahan kalengan, sayur kalengan dan lain-lain.

Minuman Anggur/wine

Anggur sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan, jika dikonsumsi dengan aturan kesehatan yang benar.  Anggur adalah minuman yang mengandung antioksidan tinggi, dan yang mencegah kanker dan penuaan dini. Namun ironis, khususnya yang difermentasikan didalam tong yang dilapisi plastik tertentu, bisa terkontaminasi BPA. Mau mendapatkan antioksidan dari minum anggur untuk mencegah kanker, namun sekaligus juga menambahkan zat lain pemicu kanker.

Lihat Juga :  Berbagai Jenis cacing yang ada di dalam daging babi

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: