Bahan Kimia Berbahaya dalam Rokok


Cara membersihkan paru paru akibat racun rokokBanyak perokok mengatakan bahwa mereka cuma menghisap nikotin. Dan kebanyakan belum menyadari atau kurang informasi bahwa zat yang dihisap bersama rokok itu terdapat banyak zat kimia berbahaya selain nikotin. Menghisap rokok faktanya lebih dari sekedar asap tembakau, ada banyak bahan kimia yang lebih berbahaya dari nikotin dalam rokok. Nikotin hanyalah salah satu mata rantai dari ratusan bahan kimia fatal lainnya yang ada dalam sebatang rokok.

Kita semua tahu bahwa efek samping merokok itu sangat tidak sehat. Namun, setiap tahun selalu mengalami peningkatan jumlah perokok. Kelihatannya hanya nikotin tidak cukup bagi sebagian perokok untuk berhenti. Untuk memahami dampak buruk dari merokok, mereka perlu tahu tentang semua bahan kimia yang ada dalam rokok.

Selain tembakau, rokok dibuat dengan bahan-bahan lain. Sebagian besar bahan kimia ini dianggap beracun. Misalnya, apakah Anda tahu bahwa rokok mengandung formalin? Penggunaan paling umum dari formaldehida adalah untuk mengawetkan mayat. Pada rata-rata setiap batang rokok mengandung lebih dari 3000 bahan kimia berbahaya yang cukup untuk membunuh Anda sebanyak 5 kali.

Berikut adalah 14 bahan kimia berbahaya diatas semua bahan kimia beracun yang terkandung dalam rokok.

 

Nikotin

Nikotin adalah zat kimia dengan jumlah yang sangat tinggi dalam rokok. Nikotin Ini adalah zat yang berasal dari tembakau itu sendiri. Nikotin dapat menyebabkan kanker dan menghancurkan susunan DNA Anda.

Tar

Jangan terkejut, ini adalah tar yang sama yang digunakan sebagai aspal di jalan. Tar ini terbentuk ketika rokok dibakar. Tar menyebabkan kuning pada gigi dan menghitamkan paru-paru Anda.

Arsenik

Arsenik merupakan logam yang dapat dengan mudah meracuni darah Anda. Bahkan banyak pekerja pabrik mati karena keracunan arsenik. Akumulasi arsenik dalam tubuh akan merusak kapasitas sel untuk beregenerasi.

Lihat Juga :  Mana yang lebih bagus, memerah ASI dengan pompa atau tangan?

Benzene

Benzene adalah petrokimia yang biasa digunakan untuk mengeringkan atau membersihkan pakaian Anda. Dan bensene juga merupakan karsinogen yang berpotensi untuk menyebabkan kanker darah.

Kumarin

Kumarin merupakan zat tambahan untuk makanan yang kini telah dilarang oleh standar dunia. Ini adalah zat adiktif organik yang masih digunakan secara luas pada rokok. Kumarin memimpin Peningkatan kadar timbal dalam darah yang dapat menyebabkan keracunan, dan dalam kasus ekstrim bahkan kematian. Timbal juga merupakan karsinogen bagi tubuh.

Hidrogen Sianida

Kita semua tahu bahwa sianida adalah racun paling cepat di dunia. Dengan dikombinasi dengan hidrogen, senyawa kimia ini dapat merusak silia pada saluran bronkial dan paru-paru. Rambut halus seperti silia biasanya membantu untuk mengeluarkan racun yang terhirup bersama udara.

Naftalene

Kita semua tahu bahwa naftalena adalah racun yang digunakan untuk bahan pestisida. Dan ini membutuhkan penanganan khusus dalam mempergunakannya. Sayangnya Naftalena juga terdapat dalam rokok, dan kita santai saja menghisapnya.

Kromium

Kromium merupakan logam berat yang jelas dapat menyebabkan kanker. Bagian terburuk dari kromium adalah dapat menempel dan menyebabkan kerusakan DNA.

Nitrogen Oksida

Nitrogen oksida adalah zat polutan udara yang biasanya dikeluarkan oleh cerobong pabrik dan knalpot mobil. Gas beracun ini dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru dan bertanggung jawab pada sebagian besar perokok yang menderita sesak nafas.

Kadmium

Kadmium adalah salah satu logam berat yang digunakan untuk membuat batu baterai. Dan bahan kimia ini akan disimpan pada lapisan ginjal dan dapat menimbulkan kerusakan.

Amonia

Bau amonia mengingatkan kita pada zat pembersih toilet. Ini adalah zat kimia yang berbau tajam yang dapat membuat pusing, yang membuat para perokok semakin kecanduan.

Lihat Juga :  Manfaat Vitamin B Kompleks

Karbon Monoksida

Sekitar lima persen dari asap rokok adalah karbon monoksida. Gas beracun ini menempel pada sel darah merah Anda dan akan mengurangi daya dukung oksigen dalam darah. Akibatnya, paru-paru rusak, dan Anda juga akan mengembangkan penyakit jantung koroner.

Aseton

Aseton adalah bahan kimia yang akrab dengan sebagian besar wanita. Ini adalah bahan utama yang digunakan wanita untuk menghilangkan cat kuku. Dan Rokok juga mengandung aseton. Bayangkan bahan kimia korosif ini Anda hisap juga kedalam paru-paru Anda.

Formalin

Pernahkah Anda mencium bau yang sangat mematikan di rumah sakit? Ini adalah bau kamar mayat yang ditimbulkan oleh formaldehida, yaitu bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan mayat. Formalin yang sama juga terdapat dalam rokok yang Anda hisap. Pasti banyak yang sudah paham betul akan bahaya dari formalin jika sampai masuk kedalam tubuh.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: