Bagaimana Cara minum obat yang benar?

Bagaimana Cara minum obat yang benar?Bagaimana Cara minum obat yang benar? – Minum suplemen, vitamin bahkan obat sudah seperti kebiasaan bahkan kebutuhan bagi banyak orang. Yang jelas, minum obat umumnya karena ingin mengusir penyakit, namun minum obat atau vitamin diperlukan kadang hanya untuk menunjang vitalitas. Minum obat sudah barang tentu harus mematuhi indikasi, aturan, dosis yang mungkin harus melalui resep.  Obat atau vitamin memang bertujuan baik, tapi tahukah Anda, bahwa jika tidak mengikuti aturan dan kedisiplinan mengkonsumsinya justru bisa berakibat buruk bagi kesehatan?,,,

Berikut beberapa aturan minum obat dan vitamin serta akibat jika tidak disiplin saat mengkonsumsinya

Mengkonsumsi pil vitamin

Vitamin biasanya diberikan sebagai tambahan untuk mengatasi kekurangan vitamin akibat asupan zat gizi yang tidak seimbang, misalnya karena sakit atau sedang melakukan aktivitas fisik berlebih. Vitamin tambahan tidak perlu untuk dikonsumsi setiap hari, karena kelebihan vitamin akan menimbulkan dampak lain yang buruk. Makan-makanan sumber vitamin alami adalah yang terbaik, daripada mendapatkannya melalui pil vitamin.

Kebutuhan vitamin oleh tubuh sebenarnya akan terpenuhi jika kita penuhi prinsip makanan empat sehat lima sempurna dengan jadwal yang teratur. Sehari makan tiga kali yang terdiri dari makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati , sayur, 2 porsi buah dan 2 gelas susu.

Tak minum obat bersama minum kopi, susu atau minuman bersoda.

Minum obat atau vitamin sesaat setelah minum kopi atau sebaliknya akan menyebabkan netralnya efek obat dan vitamin. Kafein dapat mengakibatkan efek negatif, yaitu meningkatkan pengeluaran kalsium dari tubuh melalui urin serta dapat menghambat penyerapan obat atau vitamin oleh tubuh. Tak hanya kopi saja, susu dan soda sebaiknya dihindari bersama minum obat. Efek susu bisa juga bisa membuat obat menjadi netral, kopi bisa menyebabkan rasa mual, dan soda bisa menyebabkan iritasi lambung. Jadi minum kopi, susu atau soda sebaiknya minimal 2 jam setelah minum obat/vitamin. Khusus kopi dan soda sebaiknya memang tak dilakukan.

Jika memang dibutuhkan, makanlah vitamin tambahan setelah  selesai makan, dan itupun tak boleh menggunakan dosis  sembarangan. Hal ini karena kebutuhan vitamin setiap orang berbeda, tergantung kondisi kesehatan masing-masing.

Cara mengkonsumsi obat dengan baik

Bagaimana cara mengonsumsi obat yang baik? ,,Tentunya harus mengikuti aturan yang tertera pada kemasan,  ataupun dari dokter. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat harus dikonsumsi pada pagi atau malam, sebelum ataupun sesudah makan, karena sebagian jenis obat bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada lambung.

Disiplin dan tepat waktu

Mengkonsumsi obat harus tepat waktu, terutama jenis antibiotik dan antivirus, karena jika tidak disiplin justru mengakibatkan bakteri penyebab penyakit menjadi kebal obat. Obat jenis seperti itu biasanya harus dengan resep dokter, dan habiskan sesuai dengan jumlah yang telah dianjurkan oleh dokter. Obat seperti antibiotik umumnya tidak boleh disisakan, walaupun sudah merasakan kesehatan membaik. Namun jika merasa ada ketidakcocokan dengan obat atau ada reaksi alergi, maka harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

Minum vitamin atau obat adalah untuk mengatasi masalah kesehatan, jadi jangan sampai justru kesehatan menjadi bertambah buruk hanya gara-gara salah aturan minum obat.

Terimakasih telah membaca artikel Bagaimana Cara minum obat yang benar?. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Jenis jenis penyakit, Kesehatan, Tips Sehat and tagged , , , , .

Komentar: