Bagaimana cara memperbaiki komputer sendiri?


Cara memperbaiki komputer sendiri dirumahSaya yakin setiap orang yang akrab dengan komputer setiap hari pasti pernah menemui masalah pada komputernya. Sebenarnya masalah yang sering kali menimpa komputer adalah masalah umum, dan yang tak begitu harus terlalu serius dikhawatirkan. Bahkan masalah computer yang sering ditemui sebetulnya sangat bisa diperbaiki sendiri rumah, tanpa harus membawanya atau memanggil teknisi komputer. Hanya masalah sepele saja jika harus mendatangkan profesional, biayanya bisa sangat mahal diluar perkiraan kita. Belum lagi jika teknisinya mata duitan, masalah kecil bisa saja dijadikan besar. Jadi, sedikit mengenal dasar komputer adalah sangat penting bagi pengguna yang selalu akrab dengan benda ini setiap hari.

Masalah yang paling sering yang terjadi pada komputer rumah adalah masalah virus, masalah registri, masalah booting, komputer freezer, masalah komputer lemot, hang, bahkan komputer mati mendadak, kebanyakan masih bisa diperbaiki senidiri tanpa harus tahu banyak tentang teknik komputer.

Dukungan teknologi yang ada saat ini sudah semakin memudahkan dalam hal pengembangan tool perawatan atau diagnosis komputer. Anda hanya perlu waktu beberapa jam saja untuk menyelesaikan beberapa kasus masalah komputer. Dalam hal ini, jika memang Anda benar benar tak tahu cara mengatasinya, baru Anda bisa membawanya ke dealer servise komputer. Bahkan dengan sedikit saja pengetahuan tentang hardware, Anda sudah bisa mendiagnosa serta mengganti sendiri hardware yang bermasalah jika diperlukan. Tak sesulit kelihatannya, jika Anda telah membaca beberapa kata dalam artikel ini.

Berikut cara memperbaiki masalah komputer sendiri di rumah.

Mengetahui dasar-dasar .

Komputer terdiri dari beberapa dasar yang penting untuk diketahui, ada hard drive , folder program, registri Windows, dan program Windows itu sendiri. Sebagian besar masalah komputer harus diselesaikan dengan baik pada program OS Windows , atau registri. Sebagai contoh jika komputer terkena virus, itu kemungkinan menyerang pada  program Windows dengan jalan menginfeksi registry Windows, dan Anda harus berusaha keras untuk membersihkannya . Atau Anda mungkin Anda tidak bisa menemukan virus sama sekali.

Lihat Juga :  Cara mudah membuat presentasi video animasi dengan ms PowerPoint

Jika Anda Windows hancur, komputer Anda bahkan mungkin tidak akan bisa hidup. Jika registri komputer windows Anda penuh dengan hal-hal yang buruk, maka komputer Anda akan freeze, crash atau hal lain. Jadi untuk itulah sebabnya Anda harus memiliki hal-hal berikut.

Recovery Disk, antivirus , dan CD Windows.

Jika komputer telah lama dipakai hingga bertahun-tahun, Anda bisa memulihkan kembali komputer Anda seperti sediakala dengan CD recovery, atau setidaknya harus memiliki CD instalasi Windows.

Itu berarti jika komputer Anda dijalankan oleh Windows XP , maka Anda memerlukan Windows CD XP. Dan ketika membicarakan CD Windows, bukan berarti harus mengupgrade CD.

Hal ini karena setiap kali komputer Anda mengalami kerusakan yang besar, Anda hanya cukup untuk menggunakan CD Windows dalam fungsi perbaikan. Atau jika diperlukan, Anda dapat menginstal ulang Windows semuanya secara bersama-sama. Jika Anda memiliki disk pemulihan, maka Anda tidak perlu untuk mengambil risiko untuk kehilangan salah satu driver komputer Anda. Namun, bahkan jika Anda sudah kehilangan driver ini, (lebih mungkin daripada tidak), Anda hanya cukup untuk mengunjungi situs web produsen komputer Anda, dan men-downloadnya secara gratis .

Mengenal Komponen utama Komputer

Tak kenal maka tak sayag. Jika Anda tak mengenal beberapa hardware dan bagian utama komputer, maka akan kesulitan untuk mendiagnosa masalah yang mungkin saja terjadi. Seperti motherboard, bios, VGA, CMOS, Slot PCI, Port USB, Prosessor, RAM, Hardisk, SATA, PSU, IDE dan konektor. Dasar-dasar komputer, sebagian pokok bisa Ada pelajari di situs Disini

Memanfaatkan browsing internet untuk belajar komputer dari pengalaman orang:

Internet adalah berguna untuk banyak hal . Jika komputer Anda rusak, maka ingat satu hal : Tidak ada masalah yang Anda alami dengan komputer Anda, yang tidak pernah dialami oleh orang lain. Jadi Google bisa Anda tanyai, untuk mencari cara penyelesaian masalah pada komputer Anda. Cobalah untuk mengetik katakunci yang berkaitan dengan masalah yang Anda alami, misal ” Cara memperbaiki komputer yang tak bisa bunyi“,  atau masalah komputer lainnya. Jangan takut untuk mencoba solusi yang telah Anda ketemukan diinternet. Jika Anda membuat kesalahan,  Anda kan sudah punya CD Windows atau CD restorasi bukan? . Tak pernah ada orang yang bisa itu tanpa pernah mengalami kesalahan. Semua orang pernah mengalami kesalahan, seperti saya sendiri yang telah berulangkali merusak komputer. :).

Lihat Juga :  Tips cepat belajar gitar melodi untuk pemula

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: