Apakah tidak sarapan itu buruk bagi kesehatan?


Apakah tidak sarapan itu buruk bagi kesehatan?Kita semua mungkin telah banyak mendengar, jika sarapan itu adalah hal yang sangat penting. Sarapan menurut sebagian orang adalah sesuatu yang harus, jika akan melakukan banyak aktifitas bahkan tidak. Dalam sebuah program diet menurunkan atau menjaga berat badan, justru sangat dianjurkan untuk tidak sarapan.

Namun sarapan atau meninggalkan sarapan itu bukanlah sekedar dari sesuatu yang baik, ataupun tidak baik. Banyak sekali yang bisa menjadi pertimbangan, apakah harus sarapan, atau tidak harus.

Baca juga: Apakah makan pada malam hari itu buruk bagi kesehatan?

Apakah Meninggalkan Sarapan itu buruk?

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang sarapan bisa berbuat lebih baik di sekolah. Hal ini Tidak mengherankan, karena sarapan akan memberikan dampak besar terhadap fungsi kognitif pada anak-anak yang secara keseluruhan karena alasan gizi.

Banyak juga orang dewasa yang merasa lebih baik, ketika mereka sudah sarapan. Dan jika itu adalah Anda, maka makanlah makanan yang baik bagi Anda di pagi hari. Beberapa juga ada yang bilang tidak pernah lapar di pagi hari,  dan merasa baik-baik saja tanpa sarapan.

Studi yang dilakukan pada mahasiswa menunjukkan, bahwa pada orang dewasa yang tidak sarapan tidak menerima dampak yang besar terhadap hal-hal seperti konsentrasi, kewaspadaan, atau kinerja yang terkait kognitif lannya. Namun Ada pengecualian : Studi-studi menunjukkan orang dewasa yang tidak sarapan,  tidak berkinerja baik pada tes memori.

Jadi, Anda akan menyelesaikan beberapa tugas yang menggunakan memori jangka pendek, Anda mungkin akan lebih baik setelah sedikit sarapan.

Apakah meninggalkan sarapan Membuat Gemuk ?

Alasan lain yang mengatakan jika kita harus sarapan adalah, orang yang  tidak sarapan lebih mungkin untuk mendapat kelebihan berat badan. Sekarang pertanyaannya, kenapa tidak sarapan justru membuat Anda gemuk?.  Sebaliknya, tidak pernah melewatkan sarapan bisa menyebabkan penurunan berat badan?

Lihat Juga :  Khasiat: Manfaat Minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan

Ada dua penjelasan umum dimasyarakat, yang mengatakan sarapan lebih cenderung dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

Yang pertama adalah bahwa melewatkan sarapan memperlambat metabolisme. (ini adalah mitos!). Sementara Argumen kedua adalah, bahwa orang yang tidak sarapan akan kelaparan. Hal ini akan menyebabkan mereka makan terlalu banyak saat makan siang, atau makan apa saja yang ada di sekitarnya, termasuk makan junk food atau bukan makanan bergizi. (ini mungkin masih bisa diterima).

Tapi tidak ada yang mengatakan jika tidak sarapan pasti akan menyebabkan orang menjadi makan berlebihan, karena sesudahnya akan memilih makanan yang tidak sehat. Itulah keistimewaan menjadi orang dewasa, mereka akan dengan mudah mengontrol tentang apa yang baik dan buruk baginya.

Bisakah meninggalkan sarapan?

1#Yang umum menjadi masalah ketika akan sarapan adalah, ketidak mudahan untuk mempersiapkan makanan sehat. Keterbatasan waktu dapat menyebabkan Anda tak bisa menyiapkan makanan seperti orak-arik telur, atau yogurt, buah, atau semangkuk oatmeal. Yang pada akhirnya akan memperoleh makanan dengan cara pintas,  donat, makanan instan, atau makanan cepat saji lain. Kesimpulannya, kemampuan Anda untuk membuat pilihan yang sehat mungkin sangat terbatas.  Tapi itu bukanlah alasan untuk tidak sarapan di pagi hari, tetapi Anda perlu untuk memiliki rencana makan yang sehat.

Jika Anda memiliki jadwal kerja yang tidak fleksibel, makan meninggalkan sarapan mungkin baik untuk Anda. Namun Jika Anda ternyata merasa sangat lapar disuatu hari, ini merupakan indikasi jika Anda mungkin telah menunda makan terlalu lama.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: