Apakah rutin minum suplemen itu baik bagi kesehatan?


>Suplemen adalah produk kesehatan yang  mengandung beberapa senyawa obat dan nutrisi. Namun Apakah rutin minum suplemen itu baik bagi kesehatan?Suplemen kesehatan adalah produk yang yang dibuat dengan memasukkan satu atau lebih zat yang bersifat nutrisi atau berkhasiat obat. Zat-zat tersebut adalah termasuk vitamin, mineral, dan asam amino. Sedangkan zat yang bersifat obat biasanya diambil dari sari tanaman yang memiliki khasiat obat. Suplemen makanan pada umumnya dibuat dari bahan alami tanpa bahan kimia, dan merupakan saripati dari bahan makanan. Meskipun suplemen dibuat dengan nutrisi, namun konsumen juga harus mempertimbangkan dengan baik akan kegunaan dan kebutuhannya bagi tubuh.

Suplemen bisa jadi akan sangat baik untuk mendukung tubuh yang sehat, membantu menyembuhkan penyakit, atau untuk memulihkan tubuh segera setelah sakit. Namun minum suplemen juga bisa jadi justru akan memperburuk kesehatan, jika dikonsumsi tanpa memperhatikan kebutuhan, kegunaan dan dosisnya.

Berikut ini tips sebelum Anda mengambil suplemen tertentu, agar benar-benar memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Pelajari produk suplemen

Setiap suplemen pasti dibuat dengan komposisi bahan tertentu, dan sudah pasti keterangan produknya disertakan pada tabel di kemasan, buku panduan, leaflet produk, dan sejenisnya. Ketahui dan pelajari baik-baik manfaat dari produk, komposisi bahan, dosis, indikasi, cara penyimpanan, dan petunjuk lain yang diperlukan.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi

Apakah Anda mengambil suplemen tersebut untuk membantu penyembuhan, menjaga stamina, menjaga kesehatan, untuk kecantikan, dll. Jika perlu mintalah petunjuk yang terbaik bagi Anda dari pihak produsen maupun dari ahli kesehatan. Kondisi orang bisa berbeda-beda, dan suplemen tertentu belum tentu cocok untuk beberapa kondisi kesehatan tertentu.

Tanyakan pada diri Anda, apakah perlu minum suplemen

Jika setiap hari Anda hidup dilingkungan yang bersih dan rutin melaksanakan diet sehat rutin makan buah jeruk, maka suplemen vitamin C sepertinya tidak Anda butuhkan. Suplemen seperti kalium mungkin sangat dibutuhkan oleh orang yang merokok, atau bekerja pada tingkat polusi yang tinggi, namun tetap harus sesuai dengan anjuran ahli kesehatan.

Lihat Juga :  Efek samping minum jamu herbal

Cara mengkonsumsi

Meskipun suplemen tersebut hanyalah nutrisi, mengkonsumsi secara tepat sesuai dengan dosis yang dianjurkan adalah sangat penting. Pastikan suplemen tersebut aman, keterangan produk akan sangat membantu untuk memastikan keamanan sebuah produk suplemen.

Disiplin dan rutin dalam mengkonsumsi sesuai dosis anjuran.

Periksalah perkembangan kesehatan Anda setelah beberapa waktu rutin mengkonsumsi suplemen. Khasiat suplemen yang Anda konsumsi bisa dinilai secara subyektif ( bisa dirasakan oleh anda sendiri),  dan obyektif (diuji secara klinis maupun laboratorium).
Pemeriksaan secara rutin akan sangat baik untuk memantau perkembangan kesehatan Anda setelah mengkonsumsi suplemen tertentu.

Paradigma Suplemen bisa mengobati penyakit

Meskipun suplemen dikatakan mengandung zat berkhasiat obat, namun walau bagaimanapun ia bukanlah obat yang bisa dipastikan bisa menyembuhkan penyakit. Namun suplemen masih bisa diterima jika hanya untuk membantu menyembuhkan penyakit disamping mengkonsumsi obat yang diresepkan, dan tentunya juga harus diketahui dan diijinkan oleh dokter.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: