Apakah memasak dg microwave menghilangkan nutrisi makanan?


oven microwave untuk memasakApakah Anda memiliki oven microwave dan anda gunakan setiap hari untuk mengolah makanan Anda?. Memang microwave menawarkan Kenyamanan dan kemudahan yang tak bisa dipungkiri. Tapi meskipun sudah banyak oven microwave dengan catatan keamanan yang sangat baik, namun ada beberapa orang yang masih memiliki keraguan bahwa memasak makanan dengan microwave membuat makanan jadi kurang sehat dan kehilangan nutrisinya.

Benarkah microwave dapat menghilangkan nutrisi dan membuat makanan menjadi tak sehat?

Memahami bagaimana prinsip kerja microwave dapat membantu menjelaskan jawaban atas pertanyaan umum ini. Oven microwave untuk memasak makanan ini menggunakan gelombang energi yang mirip dengan gelombang radio tetapi lebih pendek. Gelombang ini sangat selektif, terutama untuk mempengaruhi molekul air dan lainnya secara elektrik asimetris – yang salah satu ujungnya bermuatan positif dan yang lainnya bermuatan negatif. Microwave menyebabkan molekul-molekul bergetar dan dengan cepat membangun energi termal (panas). Namun sayangnya, gelombang energi dari microwave ini ditengarai bisa menyebabkan gangguan kesehatan – untuk mengetahui informasinya, baca juga : Efek samping dan Bahayanya Microwave bagi kesehatan

Memasak dengan microwave, selain nyaman juga efektif untu mempertahankan gizi pada makanan

Beberapa nutrisi akan memecah ketika terkena panas, apakah itu dari microwave atau oven umum biasa. Vitamin C mungkin adalah contoh nutrisi yang paling jelas. Tetapi karena microwave memiliki durasi masak yang beberapa kali lebih pendek, maka lebih baik mempertahankan vitamin C dan nutrisi lainnya yang umumnya akan memecah ketika dipanaskan.

Memasak sayuran dalam air bisa merampas beberapa nilai gizinya karena nutrisi yang bersifat larut air akan keluar ke dalam air rebusan. Sebagai contoh, brokoli yang direbus akan kehilangan glukosinolat, yang mengandung sulfur senyawa pada sayuran yang bersifat melawan kanker. Apakah Mengukus sayuran lebih baik? Dalam beberapa hal, memang ya. Sebagai contoh, brokoli dikukus lebih mempertahankan glukosinolat daripada jika brokoli direbus atau digoreng.

Lihat Juga :  Manfaat Terong Ungu Bagi kesehatan

Metode memasak yang baik untuk mempertahankan kandungan gizi

Metode memasak terbaik yang bisa mempertahankan nutrisi lebih efektif salah satunya adalah memasaknya dengan cepat, memanaskan makanan dengan waktu tersingkat, serta menggunakan se-sedikit mungkin cairan. Nah, microwave adalah metode yang memenuhi kriteria tersebut. Menggunakan microwave dengan sedikit air pada dasarnya mengukus makanan dari dalam ke luar – yang membuat masih lebih banyak vitamin dan mineral dari hampir semua metode memasak yang lain.

Terlepas dari itu, masih cukup banyak cara yang bisa Anda lakukan mempersiapkan sayuran. Dan oven microwave adalah alat paling nyaman yang terkadang juga sekaligus mempertahankan nutrisi menguntungkan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: