Apakah makan sushi aman bagi wanita hamil?


Apakah makan sushi aman bagi wanita hamil?Sushi adalah menu masakan restoran jepang yang sudah banyak dikenal diseluruh dunia. Tak ketinggalan juga, untuk mendapatkan sushi kini bukan masalah sulit di Indonesia, bahkan tak hanya tersedia direstoran yang besar.

Sushi adalam masakan asli jepang yang dibuat dengan bahan makanan seperti sayur, daging dan terutama ikan laut yang dibentuk dengan nasi, dan bisa dimasak maupun mentah. Cita rasa khas sushi adalah rasa asam yang lembut, dimana hal ini karena ditambah dengan cuka makanan, selain ditambah gula dan garam.

Amankah sushi dimakan oleh wanita hamil?

Sushi yang dimasak mentah sudha jelas tidak baik untuk ibu hamil. Menurut seorang pakar penyakit menular Lary pikering di situs baby center, wanita hamil yang tertular parasit akan berdampak besar terhadap kehamilannya.

Katakan tidak untuk makan sushi.

Meskipun kemungkinan bisa terinfeksi parasit makan sushi sangat tipis, namun konsekuensinya bisa cukup parah sehingga Anda tidak perlu untuk mengambil risiko ini.

Parasit hidup dalam daging ikan mentah.

Walaupu koki sudah sangat berhati-hati dalam membuat sushi, bukan berarti mereka bisa mendeteksi adanya parasit. Karena kehamilan menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit serius yang disebabkan oleh setiap organisme dalam makanan.

Infeksi parasit mungkin tidak bisa melewati penghalang pada plasenta, tetapi infeksi parasit bisa memberikan masalah pada hati atau gastrointestinal,  yang kemudian dapat mempengaruhi bayi. Beberapa jenis infeksi parasit dapat menyebabkan anemia atau kekurangan gizi yang serius pada ibuhamil, bahkan dapat menyebabkan keguguran .

Resiko racun dalam ikan

Ada juga risiko Ibu hamil makan ikan laut yang mengandung racun didalamnya. Bluefish, mackerel, mahi-mahi, dan tuna bisa mengandung racun histamin yang dapat menyebabkan kemerahan, pusing, dan rasa terbakar pada mulut dan tenggorokan. Kontaminan laut yang terdiri dari logam berat seperti merkuri juga kemungkinan besar terdapat dalam ikan laut. Racun merkuri ini dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan cacat pada janin. Ikan laut memang mengandung omega 3 yang penting bagi otak bayi, namun sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan matang dan dibatasi. Baca juga: Makanan Yang Buruk Untuk Ibu Hamil

Lihat Juga :  Menyusui bayi dengan ASI mencegah kanker payudara

Keguguran

Sushi yang dimasak mentah juga bisa mengandung bakteri yang dapat membuat sakit pada saat hamil. Sistem kekebalan tubuh melemah saat hamil, walaupun tidak menyerang janin, hal ini akan membuat ibu hamil akan menjadi lebih rentan terkena penyakit dari makanan.
Satu penyakit karena makanan dapat menyebabkan gejala kecil, seperti flu ringan atau parah, bahkan bisa menyebabkan kerusakan janin atau keguguran.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: