Apakah makan dimalam hari itu tidak baik bagi kesehatan?


apakah makan malam tidak baik bagi kesehatanSeringkali Kita sangat tergoda untuk makan dimalam hari. Saat suhu sedang dingin, mie goreng panas biasanya sangat menggoda perut untuk merasa lapar. Namun karena seringkalinya kita mendengar hal tentang kaitannya makan malam dengan kegemukan, tak jarang dari kita yang mau tak mau harus rela kelaparan.

Memang tak sedikit yang menyalahkan, jika makan lewat jam makan malam adalah peyebab utama dari masalah kegemukan, atau masalah kesehatan yang terkait lainnya. Benarkah demikian?..

 Jawabannya bisa “iya”, bisa juga “tidak”.

“Tidak”, Makan malam itu tak masalah buat Anda

Makan di malam hari tidak benar-benar bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. Dengan catatan Selama Anda memilih makanan yang baik untuk Anda, dan tetap berada dalam kebutuhan kalori sehat harian Anda. Bahkan, sedikit makan karbohidrat bisa membantu Anda untuk tidur lebih baik di malam hari.

Kadang-kadang makan di malam hari adalah hal yang sudah dijadwalkan. Orang-orang yang bekerja di sore hari atau malam hari, biasanya makan saat larut malam dan makan sarapan di pagi harinya.

Jika makan malam dapat menyebabkan kenaikan berat badan, maka semua orang di Spanyol akan menjadi gemuk, karena waktu makan malam di negara itu adalah jam 9 malam atau lebih lambat. Tetapi mereka tidak memasukkan makanan tinggi kalori pada makan malam pukul 9, daripada yang dilakukannya pada pukul 06:00 pagi  yang tidak peduli dengan berapa kalori yang dikonsumsi.

Jadi, mungkin itu adalah bukan waktu ketika Anda makan, tapi apa yang Anda makan dan berapa banyak jumlahnya. Menurut situs berat badan US Department of Agriculture, ” Tidak peduli kapan waktu Anda maka. Ini adalah masalah apa dan seberapa banyak yang Anda makan, dan berapa banyak aktivitas fisik yang Anda lakukan sepanjang hari, yang menentukan apakah Anda memperoleh, menghilangkan, atau menambah berat badan . ” Sebuah studi 2005 primata di Oregon Health & Science University menegaskan, terlambat makan malam tidak menyebabkan kenaikan berat badan ekstra, apakah itu dikonsumsi pada pukul 10 pagi atau 10 malam, kalori hanyalah kalori.

Lihat Juga :  Cara Mengempiskan Perut Buncit

“Iya”, makan malam itu buruk bagi Anda

Makan di malam hari juga bisa berakibat lebih buruk bagi kesehatan,  jika Anda makan secara berlebihan, atau memilih makanan yang tinggi kalori, lemak, sodium atau gula.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada pria dan wanita dewasa yang diterbitkan pada bulan April 2011 di jurnal Obesity, para ilmuwan menemukan bahwa makan setelah jam 8 dikaitkan dengan indeks berat tubuh yang lebih tinggi, menunjukkan asupan kalori waktu malam. Untuk beberapa alasan, lebih berbahaya untuk berat badan seseorang.

Secara umum, keterlambatan jam makan akan membuat kita untuk makan-makanan yang salah(makanan cepat saji ), dan makan terlalu banyak karena mengunyah tanpa berpikir(biasanya karena teralihkan oleh TV ).

Mungkin gagasan makan setelah waktu tertentu dalam sehari adalah berasal dari aturan diet. Buku  program diet, dan ahli gizi pada umumnya menyarankan untuk tidak makan setelah makan malam,  kecuali kita memilih makanan kecil rendah kalori hanya untuk menghilangkan perasaan lapar. Hanya saja biasanya orang terlalu mudah kehilangan kontrol, dengan ngemil secara ceroboh pada  malam hari.

Seperti kebanyakan pertanyaan tentang kesehatan dan penurunan berat badan, jawaban terbaik sepertinya adalah, ” segala sesuatu harus diatur . ” Jika Anda benar-benar lapar diantara waktu makan malam dan waktu tidur,  porsi kecil camilan tampaknya tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan. Ini adalah tentang apa yang Anda konsumsi sepanjang hari, setiap hari,  yang akan mengubah angka berat badan.

Perlu dipertimbangkan

Makan pada waktu tengah malam juga karena didasari kekhawatiran akan tidak bisa tidur jika tidak makan ( sindrom makan malam) . Orang dengan sindrom makan malam – akan mengkonsumsi setidaknya 25 sampai 50 persen dari kebutuhan kalori harian mereka hampir setiap malam.

Lihat Juga :  Mitos atau fakta: Agar sehat harus minum 8 gelas / 2,7 air liter perhari

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: