Apakah Makan cokelat dapat mengakibatkan jerawat?


Sejarah CoklatJerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Kebanyakan orang menganggap bahwa jerawat hanya dialami orang pada masa remaja saja, namun sebenarnya jerawat juga bisa terjadi pada orang dewasa.Banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat, seperti kondisi kulit dan perubahan hormon.Baca: Cara mengatasi jerawat membandel

Makanan tertentu pun juga mungkin dapat memicu kemungkinan timbulnya jerawat semakin besar.  Salah satu makanan yang menjadi fokus pemantauan dan penelitian adalah cokelat . Lalu apakah apakah makan coklat dapat menyebabkan timbulnya jerawat , atau kondisi lain yang lebih buruk?

Tidak ada bukti jika makan coklat dapat memicu timbulnya jerawat atau jerawat .

Dalam sebuah penelitian yang dibahas dalam Skin Therapy Letter, peneliti memberikan cokelat yang diperkaya dengan kakao setiap hari selama empat bulan kepada 65 peserta yangf mudah berjerawat, sedangkan kelompok lain hanya diberi plasebo, yang tidak diperkaya dengan kakao selama periode waktu yang sama. Hasilnya tidak ada perbedaan antara kedua kelompok dalam hal jerawat.

Makan dark chocholate bermanfaat bagi kesehatan

Tidak ada bukti yang menyatakan jika makan cokelat akan menyebabkan jerawatan. Bahkan dark cocolate adalah sumber alami flavonol, yaitu antioksidan yang kuat. Makan  dark chocholate(60% kakao)  cukup setiap hari sehat, bahkan bagi penderita jerawat sekalipun.

Penyebab jerawat bukan karena cokelat

Yang mengatakan bahwa coklat dapat menyebabkan jerawat mungkin berasal dari produk cokelat yang mengandung susu yang dapat memperburuk jerawat. Dalam hal ini memang ada beberapa bukti. Menurut beberapa penelitian, remaja yang minum lebih dari dua porsi susu, termasuk susu skim memdapat gejala jerawat yang lebih parah. Para peneliti menduga bahwa hormon dalam susu mensimulasikan protein yang disebut insulin, yaitu  yang mengubah kadar hormon seks. Ini yang memperburuk jerawat, karena menyebabkan kelebihan produksi sebum.

Lihat Juga :  Pengaruh sering tidur malam bagi Otak

Beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi glisemik akan lebih besar merangsang insulin, dan memperburuk gejala jerawat. Hal ini masuk akal, karena jerawat bisa lebih buruk terhadap orang dengan tingkat tinggi IGF-1. Tingkat IGF dapat dirangsang dengan mengkonsumsi  makanan yang tinggi glisemik terlalu banyak. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat, diet rendah glisemik mungkin akan bermanfaat bagi orang yang berjerawat .

Jadi kesipulannya, coklat tidak akan membuat jerawat Anda lebih parah. Lain halnya susu dan makanan tinggi glisemik yang dimakan terlalu banyak yang dapat memicu jerawat. Jadi kalau makan cokelat ya cokelat saja(dark chocholate), tanpa ada tambahan susu atau makanan tinggi glikemik lainnya.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: