Apakah makan buah nanas berbahaya bagi kehamilan?


Bahaya nanas bagi wanita hamilBagi bayak orang, buah nanas adalah buah yang enak dan sangat menyegarkan. Nanas yang tinggi mengandung air, merupakan buah yang paling digemari saat cuaca terik. Buah nanas adalah buah yang sangat tinggi manfaatnya bagi kesehatan, karena kaya mineral, vitamin dan beberapa senyawa antioksidan. Pada dasarnya, wanita yang dalam masa menopouse adalah baik untuk makan buah nanas.

Namun berbeda dengan wanita yang sedang hamil, nanas tampaknya harus benar-benar dihindari.

Berikut beberapa alasan, kenapa makan nanas buruk bagi wanita hamil

 

Meningkatkan resiko keguguran

Buah nanas mengandung mineral dan protein yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, serta sakit akibat infeksi lain didalam perut. Namun untuk wanita hamil, hal itu dikatakan berbahaya, karena dapat meningkatkan risiko keguguran.

Dapat menyebabkan kontraksi perut

Buah nanas bagi wanita hamil diusia trimester awal dapat menimbulkan risiko kontraksi uterus, dan ini sangat berbahaya bagi pertumbuhan janin didalam rahim. Yang terbaik adalah menghindari makan buah-buahan seperti nanas dan pepaya selama hamil.Tak hanya nanas, buah pepaya pun dipercaya juga dapat menyebabkan kontraksi uterus.

Mengandung bromelian

Para peneliti telah mengklaim dan mengatakan bahwa, nanas segar mengandung Bromelian yang dapat melembutkan leher rahim, yang mengarahkan ke keguguran dan kelahiran prematur. Nanas menurut sejarah telah lama digunakan untuk merangsang/mempercepat kelahiran. Namun masih belum ada penelitian yang memadai yang menghubungkan konsumsi jus nanas terhadap kehamilan. Bromelian pada nanas ini akan hancur ketika buah nanas ini dihancurkan dan dikalengkan.

Nanas dapat menyebabkan asam lambung dan mulas pada wanita hamil

Nanas adalah buah yang sangat asam, sehingga dapat menyebabkan rasa mulas bahkan diare. Asam lambung adalah kondisi yang sangat umum pada wanita hamil, dan dapat menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux . Selama hamil, tubuh akan memproduksi hormon yang digunakan untuk membantu mengendurkan otot-otot dalam mempersiapkan kelahiran. Termasuk katup esophageal sphincter yang lebih rendah antara perut dan kerongkongan, yang ketika sedang santai tidak menutup erat, dan memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan. Nanas juga mengandung konsentrasi gula yang tinggi, sehingga bisa membahayakan wanita hamil dengan diabetes gestational.

Lihat Juga :  Bayi terasa menendang-nendang diperut

Beberapa wanita hamil mengatakan tidak punya masalah ketika makan buah nanas. Dan beberapa ginekolog mengklaim nanas bisa bermanfaat untuk ibu hamil, terutama pada saat trimester akhir menjelang kelahiran. Jadi, jika Anda tidak bisa menolak kehadiran buah nanas, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, apakah makan buah nanas itu baik bagi trimester kehamilan Anda saat ini.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: