Apakah jus jeruk baik dan aman untuk Ibu hamil?


efek samping kebanyakan vitamin CSekarang mungkin kita banyak menjumpai produk Jus jeruk yang menawarkan kemurnian dan banyak manfaat kesehatan. Namun apakah jus jeruk tersebut akan baik dan aman bagi wanita selama kehamilan?,,,

Jus jeruk mengandung banyak nutrisi penting yang mendukung bagi kesehatan kehamilan. Bahkan, majalah “Parent” memasukkannya kedalam daftar sebagai salah satu dari lima makanan yang perlu dikonsumsi oleh semua wanita hamil. Meskipun jus jeruk baik dikonsumsi selama kehamilan, namun akan berisiko terhadap kesehatan jika kemungkinan mengkonsumsi jus yang tidak dipasteurisasi.

Manfaat minum jus jeruk bagi kehamilan

Manfaat Gizi minum jus jeruk

Satu cangkir jus jeruk mengandung 82 mg vitamin C. The National Institutes of Health merekomendasikan wanita hamil rata-rata untuk minum minimal 85 mg vitamin C per hari. Vitamin C berperan sebagai antioksidan, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga penting untuk penyembuhan dan perkembangan tulang rawan yang sehat, tendon, tulang, kulit dll untuk bayi. Jus jeruk juga merupakan sumber asam folat, yaitu yang dapat membantu untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin. Satu cangkir jus jeruk mengandung 45 mikrogram 600 mikrogram harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil. Dengan 473 mg kalium per cangkir, jus jeruk merupakan sumber yang baik dari mineral penting ini. Kalium berguna untuk membantu menjaga tingkat tekanan darah Anda. Hal ini telah diketahui bahwa Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi serius selama kehamilan.

Manfaat Tambahan minum jus jeruk selama hamil

Hidrasi yang tepat sangat penting selama kehamilan. Jika Anda menderita morning sickness, air putih dapat menjadi sulit untuk diminum. Jus jeruk, bahkan sedikit untuk membantu menyiram turun air putih, mungkin akan menjadi lebih enak. Vitamin C juga berfungsi untuk memfasilitasi penyerapan zat besi, zat besi juga sangat penting karena  membantu menjaga sel-sel darah merah dalam tubuh Anda dan tubuh bayi Anda agar sehat.

Lihat Juga :  Efek samping Obat penghilang rasa sakit saat Hamil

Saran

Jus jeruk berlabel “segar diperas” atau “dingin” mungkin tidak dipasteurisasi, yang berarti bisa membawa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit karena makanan. Wanita hamil mungkin berisiko lebih besar terkena infeksi dari bakteri ini. Penyakit karena makanan dapat menyebabkan dehidrasi, persalinan prematur, keguguran, kelahiran mati atau komplikasi kehamilan lainnya. Untuk lebih amannya, pilih jus beku, kalengan atau kemasan jus yang dilabel “pasteurisasi”.

Pertimbangan

Pilihlah produk jus jeruk pasteurisasi yang telah diperkaya dengan kalsium untuk meningkatkan asupan mineral pembangun tulang ini. Jika Anda tidak toleran terhadap laktosa atau produk susu yang menjadi tidak menyenangkan karena morning sickness, jus jeruk yang diperkaya bisa menjadi pilihan yang baik. Sementara jus jeruk menawarkan beberapa jumlah nutrisi, Anda mungkin masih perlu untuk mengkonsumsi vitamin prenatal. Dapatkan rekomendasi terbaik dari dokter Anda atau penyedia layanan kesehatan .

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: