Apakah Junk Food dapat menyebabkan jerawat?


cara mengatasi jerawat membandelJerawat adalah suatu masalah umum di kalangan remaja dan anak muda. Banyak faktor yang bisa berkontribusi untuk menimbulkan jerawat. Jerawat biasanya terbentuk karena adanya banyak kelenjar minyak, seperti pada leher , dada, bahu dan wajah. Lesi jerawat tidak dapat sembuh dengan cepat, yang artinya Anda perlu untuk terus merawat wajah setiap hari. Penyebab utama jerawat pada masa remaja seringkali disebabkan oleh perubahan hormonal . Wanita hamil mungkin juga seringkali mengalami jerawat. Jerawat juga dapat terbentuk karena adanya kelebihan produksi sebum, atau penumpukan bakteri pada kulit.

Lalu apakah makan makanan seperti junkfood dapat menyebabkan munculnya jerawat?

Meskipun tidak terbukti secara ilmiah bahwa junk food dapat menyebabkan jerawat, namun ditengarai makanan yang mengandung kadar gula tinggi berhubungan dengan pembentukan jerawat. Jika Anda memiliki masalah besar dengan jerawat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit.

Beberapa ahli juga percaya bahwa menghindari makan junk food dapat mencegah, atau setidaknya mengurangi potensi timbulnya jerawat.  Makan-makanan yang sehat tidak hanya meningkatkan fitalitas dan ketahanan tubuh, tapi juga meningkatkan kehidupan seksual, serta membantu untuk mencegah timbulnya jerawat lebih banyak.

Junk food yang tinggi gula bisa menjadi kontributor utama untuk pembentukan jerawat. Sebuah studi oleh Danby FW di Dartmouth Medical School di Manchester, menemukan bahwa makanan yang tinggi kadar gula mempromosikan kelebihan produksi serum dan insulin, yang mungkin dapat mengganggu hormon. Hal ini akan mengarah ke ketidakseimbangan hormonal, dan kemungkinan berkontribusi terhadap perkembangan jerawat .

Beberapa penelitian yang menghubungkan diet Barat (yaitu junk food) dengan prevalensi tinggi jerawat, secara khusus menemukan bahwa baik makanan tinggi gula (orang-orang dengan beban glikemik tinggi), dan produk susu bisa mengakibatkan lebih banyak jerawat .

Lihat Juga :  Manfaat Air beras untuk kulit wajah dan kecantikan

Kenapa banyak gula dan susu bisa menyebabkan jerawat?

Mekanisme potensi munculnya jerawat akibat gula dihubungkan oleh para ilmuwan sbb:  Mengkonsumsi banyak gula berarti tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin, dan insulin yang berlebih dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon yang menyebabkan androgen lebih banyak. Androgen merupakan hormon yang menjadi salah satu faktor terbentuknya jerawat. Susu sapi sebenarnya mengandung hormon-hormon yang dapat mengarah langsung kepada kelebihan androgen .

Cara mencegah Jerawat

Cara termudah untuk mencegah pembentukan jerawat adalah sering mencuci muka setiap hari. Pastikan menggunakan air hangat pada kulit untuk membantu membuka pori-pori, sehingga air bisa masuk untuk menghilangkan bakteri yang bisa saja berada di dalam pori-pori Anda . Cobalah juga untuk menghindari banyak menyentuh wajah, karena mungkin saja permukaan kulit tangan Anda tak bersih dari bakteri atau kuman, dan memindahkannya ke wajah Anda .

Makanan Sehat Dan Pengaruhnya Terhadap Jerawat

Banyak makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral, yang efektif untuk membantu mengobati jerawat. Masukkan makanan-makanan seperti wortel, karena mengandung vitamin A, yang dapat membantu untuk mengurangi kelebihan produksi sebum. Daging merah kaya akan seng, yang dapat mencegah jerawat dengan cara mengendalikan aktivitas kelenjar minyak. Dan biji-bijian mengandung dari berbagai macam-macam vitamin B kompleks, yang berguna untuk membantu mengurangi stres, dimana stres juga dapat menyebabkan jerawat .

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: