Efek menggunakan Lipstik Bisa menyebabkan Kanker?


efek menggunakan lipstikPenelitian dan studi telah menunjukkan terdapatnya kandungan senyawa logam berat yang tinggi dalam lipstik. Tapi, apakah tingkatan yang cukup tinggi ini akan meningkatkan risiko kanker pada orang yang menggunakannya?. Jawabannya “Tidak”. Namun, kontak yang terlalu lama dengan logam berat bisa  meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya lainnya. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan lipstik.

 

Apakah lipstik bisa menyebabkan kanker?

Berbicara soal kandungan logam beracun pada lipstik, Dr Linda Loretz, kepala toksikologi untuk Personal Care Products Council mengatakan : “Makanan adalah sumber utama logam berat, dan jika dibandingkan,  produk bibir lebih sedikit. ”
Dengan meningkatnya kesadaran efek buruk timbal dan logam berat lainnya, kini wanita umumnya peduli tentang kemungkinan ancaman kanker yang disebabkan karena penggunaan lipstik. Jadi, apakah lipstik benar-benar bisa menyebabkan kanker ?. Nah , mari kita cari tahu lebih banyak:

Lipstik sebagian besar tidak berbahaya. Tapi?, senyawa logam berat yang terdapat dalam produk ini mungkin bisa meningkatkan risiko kanker dan penyakit kulit lainnya jika kuantitas penggunaannya berlebihan. Fakta ini, walau bagaimanapun tidak didukung oleh bukti yang konkret. Informasi berikut ini akan membantu Anda untuk memahami dampak kosmetik ini pada kulit.

Logam berat yang ditemukan dalam lipstik ?

Dalam sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Berkeley School of Public Health, University of California, peneliti menguji sampel 32 lipstik yang berbeda, yang umumnya banyak tersedia di pasar. Peneliti menemukan adanya banyak logam berat seperti timbal, kadmium, kromium, aluminium, dll. Konsentrasi logam ini cukup tinggi untuk meningkatkan kewaspadaan. Ditemukan bahwa jika produk ini digunakan untuk jangka waktu yang lama, maka akan memungkinkan paparan logam berat yang berlebihan. Chromium, yang merupakan karsinogen dapat menyebabkan kanker perut. Kadmium, yang merupakan karsinogen lain, bisa dihubungkan dengan kanker paru-paru. Sekali lagi, timbal, yang merupakan salah satu logam yang paling umum ditemukan pada lipstik dianggap berbahaya bagi tubuh. Lipstik Palsu murah dikhawatirkan mengandung kimia berbahaya, misalnya air raksa atau merkuri. Baca juga : Ciri-ciri Kosmetik yang Mengandung merkuri

Lihat Juga :  Makanan yang baik selama kehamilan

Apakah yang menjadi perhatian utama dalam lipstik ?

Timbal adalah salah satu logam utama yang ditemukan dalam lipstik. Pada tahun 2007, The Campaign for Safe Cosmetics melakukan studi pada 33 merek lipstik populer, dan menemukan kandungan senyawa timbal yang lebih tinggi dari jumlah standar. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang keamanan lipstik. Tapi kemudian, FDA menemukan bahwa meskipun tingkat timbal tinggi, itu tidak cukup tinggi untuk menjadi perhatian keamanan.

Sementara itu, berbicara tentang kandungan logam dalam lipstik, Dr Ken Spaeth, Direktur Occupational and Environmental Medicine Center di North Shore Health System – LIJ di Great Neck , NY mengatakan, “Sebagai sebuah kelompok, logam ini menimbulkan sejumlah risiko potensial untuk kesehatan, termasuk kerusakan pada otak dan saraf, ginjal, serta berbagai kanker “.

Apakah lipstik bisa menyebakan kanker bibir?

Ada bukti yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada,  bahwa lipstik dapat menyebabkan kanker bibir. Paparan sinar matahari yang keras secara berlebihan juga dapat menyebabkan jenis kanker. Studi juga menunjukkan bahwa kanker bibir lebih sering terjadi pada pria jika dibandingkan pada wanita. Hal ini mungkin karena pekerjaan Pria yang banyak terpapar sinar matahari, atau konsumsi alkohol dan rokok yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita –  hanya membuktikan bahwa lipstik bukanlah penyebab utama kanker bibir. Bahkan, dokter dan ahli kulit menyarankan wanita untuk mengenakan lipstik yang mengandung tabir surya, karena akan melindungi bibir dari paparan sinar ultraviolet berbahaya dari matahari, dan mengurangi risiko kanker bibir.

Siapa saja yang harus menghindari memakai lipstik ?

Kadar timbal adalah perhatian utama bagi mereka yang memakai lipstik setiap hari. Hal ini mungkin tidak menyebabkan kanker, akan tetapi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya. Anak-anak seharusnya tidak diperbolehkan menggunakan lipstik, karena logam berat bisa mempengaruhi sistem saraf mereka. Wanita hamil dan ibu menyusui juga harus menghindari penggunaan lipstik, menelan produk ini meskipun sisanya, dapat menyebabkan kerusakan pada janin.

Lihat Juga :  Tips rencana diet untuk membangun otot

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: