Apakah Efek belajar Musik bisa meningkatkan Kecerdasan Otak Anak?


Apakah Efek belajar Musik bisa meningkatkan Kecerdasan Anak?Belajar musik adalah salah satu kegiatan ekstra yang dapat melatih otak anak, dan ini adalah salah satu cara yang dapat membantu meningkatkan IQ Anak. Benarkah demikian?,, apa buktinya jika musik dapat mencerdaskan otak Anak?…

Efek belajar Musik terhadap peningkatan Kecerdasan Anak

Banyak Studi yang telah menunjukkan bahwa belajar musik dapat membuat anak-anak menjadi semakin cerdas. Ketika seorang anak belajar  memainkan alat musik, maka ia tidak hanya belajar bagaimana memainkan lagu, tapi dia juga meningkatkan kemampuan lain dari otak nya.

Berikut beberapa bukti yang telah ditunjukkan oleh berbagai penelitian yang pernah dilakukan :

  • Sebuah studi yang dilakukan 10 tahun yang melibatkan 25.000 siswa menunjukkan bahwa memainkan musik meningkatkan skor tes dalam tes standar, serta kemampuan membaca ujian kemahiran (Sumber : James Catterall , UCLA , 1997) .
  • Siswa SMA yang belajar musik memiliki skor matematika dan bagian verbal SAT lebih tinggi , jika dibandingkan dengan rekan-rekan mereka( Profil SAT dan Prestasi Takers Test, Dewan College , disusun oleh Music Educators Conference , 2001) .
  • IQ siswa yang menjalankan latihan main piano atau latihan vokal setiap minggu selama sembilan bulan IQnya naik hampir tiga poin lebih banyak,  dari rekan-rekan mereka yang tidak berlatih musik(Studi oleh E. Glenn Schellenberg , dari University of Toronto di Mississauga , 2004 . )
    Siswa yang belajar piano lebih mudah memahami konsep-konsep matematika dan ilmiah.
  • Anak-anak yang menerima pelatihan piano, 34 persen memiliki hasil lebih tinggi pada test mengukur penalaran proporsional – rasio, pecahan, proporsi, dan berpikir dalam ruang dan waktu ( Penelitian Neurologis , 1997) .
  • Pola pengakuan dan nilai representasi mental meningkat secara signifikan pada siswa yang diberi instruksi piano selama 3 tahun ( Dr Eugenia studi Costa – Giomi yang dipresentasikan pada pertemuan “Music Educators National Conference, Phoenix, AZ,” 1998) .
  • Siswa musik menerima penghargaan lebih akademis dan penghargaan dari siswa non – musik . Siswa-siswa musik juga memiliki nilai lebih A dan B dibandingkan dengan mahasiswa non – musik ( studi longitudinal Pendidikan Nasional tahun 1988, Departemen Pendidikan AS ) .
  • Musik bagus diterapkan untuk Anak sekolah jurusan kedokteran, dibandingkan pada jurusan lain termasuk Bahasa Inggris, biologi, kimia dan matematika . ( ” The Comparative Academic Abilites of Students in Education and in Other Areas of a Multi-focus University, Peter H. Wood, ERIC Document No. ED327480; The Case for Music in Schools, Phi Delta Kappan, 1994)
  • Pelatihan musik pada anak sebelum usia 7 tahun dihubungkan dengan materi yang lebih putih di Corpus callosum pada bagian otak, serta kinerja yang lebih baik pada tugas-tugas visual yang sinkronisasi sensorimotor, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Concordia dan Rumah Sakit Montreal Neurological Institute di McGill University .
  • Sebuah studi telah menemukan bahwa pelajaran musik untuk anak-anak membuat pikiran mereka lebih tajam, ketika mereka tumbuh dewasa. Menurut studi peneliti Brenda Hanna – Pladdy , seorang ahli saraf di Emory University School of Medicine , “Kegiatan Musik sepanjang hidup dapat berfungsi sebagai latihan kognitif yang menantang, membuat otak Anda sehat dan lebih mampu mengakomodasi terhadap tantangan penuaan. Belajar dan praktek memainkan instrumen alat musik mungkin yang membuat koneksi alternatif di otak,  yang dapat mengimbangi penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.
  • Penelitian lain dari Northwestern University menyimpulkan bahwa pelajaran musik yang didapat di masa kecil bisa bermanfaat bagi otak anak di kemudian hari, bahkan jika ia tidak belajar menjadi dewasa. Para peneliti telah menemukan respon otak yang lebih cepat pada orang dewasa yang lebih tua yang belajar musik,  bahkan ketika mereka sudah tidak belajar musik lagi dalam waktu yang lama. Manfaat ini tampaknya lebih kuat dan lama, pada seseorang yang belajar musik semenjak masih anak-anak .
Lihat Juga :  Makanan Yang Buruk Untuk Ibu Hamil

Penelitian lain yang terkait musik juga menunjukkan peningkatan pengembangan bahasa, nilai sekolah yang baik, dan perilaku sosial yang lebih baik.

Mengapa hal ini biaa terjadi ?

  • Paparan musik menawarkan banyak manfaat bagi otak anak. Hal ini dapat mendorong penguasaan bahasa, keterampilan, memori, dan keterampilan motorik. Pengalaman musikal mengintegrasikan keterampilan yang berbeda secara bersamaan, sehingga akan mengembangkan beberapa hubungan saraf diotak.
  • Para peneliti juga berpikir bahwa belajar musik dan piano melibatkan penalaran notasi yang panjang dan proporsional. Ketika seorang anak memainkan musik, maka ia juga akan melatih bagian otaknya untuk berfikir proporsional.
  • Musik diperlukan bagi siswa untuk memahami matematika pada tingkat yang lebih tinggi. Anak-anak yang tidak menguasai bidang matematika, maka mereka tidak akan dapat memahami matematika yang lebih maju dan penting dalam bidang teknologi tinggi.
  • Paparan musik juga meningkatkan penalaran spasial – temporal. Ini adalah kemampuan untuk melihat bagian yang dibongkar,  dan kemudian menempatkannya secara bersama-sama. Keterampilan matematika juga tergantung pada jenis penalaran ini.
  • Belajar alat musik melibatkan penafsiran notasi dan simbol musik, dimana otak melihat ini untuk membentuk sebuah melodi. Memainkan musik akan meningkatkan otak, dalam kemampuan memvisualisasikan dan mengubah objek dalam ruang dan waktu.
  • Belajar bermain musik juga berguna untuk mengembangkan disiplin,  yang bermanfaat terhadap prestasi akademik .

” Ada begitu banyak aspek yang berbeda dalam belajar bermain musik- seperti menghafal, mengekspresikan emosi, belajar tentang interval musik dan akord. Ini adalah sifat multidimensi yang memiliki efek dapat meningkatkan IQ (Inteligence Quotient) , ” kata penulis  E . Glenn Schellenberg , dari University of Toronto di Mississauga.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: