Apakah baik sering mencuci Vagina dengan obat?


Apakah baik sering mencuci Vagina dengan obat?Menurut penelitian oleh para ahli kesehatan, para wanita yang rutin melakukan douching atau pencucian bagian privatnya (miss V) dengan bahan tertentu, disebutkan memiliki peluang lebih besar terkena masalah kesehatan, dibandingkan wanita yang tidak secara rutin melakukannya. Mengapa? Berikut dijelaskan tentang permasalahan ini,  yang semestinya diketahui oleh para wanita.

Apa itu pencucian miss V atau douching?

Kata “douche” diambil dari kosakata bahasa Prancis yang artinya mencuci atau membersihkan. Douching adalah istilah mencuci atau membersihkan miss V dengan menggunakan air atau campuran cairan yang terdiri atas air dan cuka, baking soda, atau yodium. Konsumen biasanya bis membeli produk-produk pencuci ini di toko obat atau toko kecantikan. Campuran seperti itu umumnya dikemas dalam botol, dan cara penggunannya bisa disemprotkan ke dalam bagian miss V .

Mengapa wanita melakukannya?

Wanita melakukan ini karena menganggap jika hal ini akan memberikan banyak manfaat. Namun pada faktanya, hal ini justru mempunyai efek negatif yang lebih banyak daripada positifnya. Berikut beberapa Alasan umum wanita melakukan dauching :

  • Membersihkan miss V
  • Membilas darah setelah menstruasi
  • Menghilangkan aroma tak sedap
  • Menghindari penyakit menular seksual (PMS)
  • Untuk mencegah kehamilan

Kalangan wanita di Amerika Serikat, diperkirakan sekitar 20 sampai 40 persen berusia 15 s/d 44 tahun mencuci miss V mereka secara teratur. Dan sekitar dari setengah dari wanita ini melakukannya setiap minggu.

Benarkah alasan alasan umum wanita diatas?, mari baca lebih banyak!

Douching mencuci vagina itu Aman?

Menurut para dokter umum dan dokter ahli kandungan di Amerika, disarankan bagi wanita untuk menghindari douching. Hal ini karena faktanya miss V yang sehat mengandung berbagai jenis bakteri dan organisme khusus, yang berguna untuk menjaga tingkat keasaman saluran penting wanita ini. Tingkat keasaman yang normal ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri yang berbahaya. Akan tetapi ketika melakukan dauching, maka akan mengubah keseimbangan asam ini. Akibatnya tentu bisa ditebak, yaitu membuat lebih rentan terhadap infeksi dibagian kewanitaan tsb. Selain itu, douching yang sering dilakukan justru bisa menyebarkan infeksi sampai ke dalam rahim, saluran tuba, dan ovarium.

Lihat Juga :  Efek buruk diet ketat bagi kesehatan

Masalah karena Sering Melakukan Douching

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang lebih sering mencuci miss V secara teratur dengan bahan tertentu lebih rentan terhadap masalah kesehatan, daripada wanita yang tidak. Berikut beberapa masalah kesehatan yang terkait douching meliputi:

  • iritasi pada miss V
  • infeksi yang disebabkan bakteri
  • penyakit menular seksual (PMS), dan
  • penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul adalah infeksi oleh bakteri yang terjadi pada saluran tuba dan / atau ovarium yang  masuk dari miss V dan menginfeksi servik, dan selanjutnya menyerang ke organ-organ reproduksi. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan masalah kesuburan (sulit hamil). Selain itu juga memungkinkan wanita mengalami kehamilan pada ektopik (kehamilan di saluran tuba bukan di rahim).

Apakah douching bisa untuk membersihkan bagian dalam miss V?

Para dokter ahli kandungan juga menyarankan, supaya douching dihindari sepenuhnya. Kebanyakan ahli juga percaya bahwa hal ini hanya akan meningkatkan kemungkinan terjadi infeksi pada saluran miss V. Wanita boleh mencuci miss V dengan cara ini, ketika hanya disarankan oleh dokter.

Cara terbaik untuk membersihkan miss V menurut para ahli kandungan adalah membiarkan vagina membersihkan dirinya sendiri secara alami dengan cara menghasilkan lendir. Para ahli juga berpendapat bahwa miss V memiliki system perlindungan alami yang bisa dipercaya. Penting juga untuk diketahui bahwa miss V yang sehat itu sebagian besar memiliki aroma yang ringan. Baca juga: Tips  merawat Vagina yang baik dan benar

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: