Apakah Adrenalin? – Kegunaan dan Manfaat Adrenalin


Apakah Adrenalin? - Kegunaan dan Manfaat AdrenalinAdrenalin dihasilkan oleh kelenjar adrenal dalam tubuh kita. Ketika dihasilkan, adrenalin akan merangsang beragam fungsi tubuh kita. Dari denyut jantung pembuluh darah, secara efektif mengcounter fisik dan situasi stres yang tinggi. Adrenalin ini memungkinkan kita untuk memproses informasi, serta memanfaatkan tindakan dengan kecepatan tinggi. Ini juga disebut sebagai rushes adrenalin, yang meningkatkan kinerja fisik saat dalam kasus yang tak terduga. Pada proses ini juga akan mengirim lebih banyak oksigen ke paru-paru. Hal ini penting ketika kita sedang menanggapi keadaan darurat dan bencana alam. Tubuh kemudian akan mampu melakukan tugas-tugas secara tepat waktu. Tugas-tugas ini bagaimanapun mungkin tidak akan dicapai tanpa menerapkan adrenalin.

Apa yang perlu diketahui tentang manfaat, penghasil, pemberian dan fungsi Adrenalin

Untuk “Melawan”

Selama masa stres, adrenalin akan melebarkan pembuluh darah dan membuka saluran udara. Hal ini akan memungkinkan darah untuk mencapai otot-otot, sementara juga memungkinkan kita untuk bernapas lebih baik. Meskipun adrenalin berguna untuk meningkatkan kemampuan tubuh kita, pengambilan keputusan adrenalin juga diperlukan. Jika Anda memilih untuk “melawan”, maka tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak adrenalin untuk menangani situasi tersebut. Jika Anda memilih “lari”, dalam tingkat ini adrenalin akan dengan cepat menurun dan mengembalikan lagi kepada fungsi normal. Faktor utama adalah untuk membuat keputusan yang akan menjamin sebuah hasil. Memahami adrenalin, akan memungkinkan Anda memutuskan untuk terlibat dalam suatu situasi, atau menahan diri untuk berpartisipasi di dalamnya. Dalam hal apapun, adrenalin digunakan untuk mengesampingkan hambatan fisik dan keterbatasan.

Kelenjar Adrenal tempat Adrenalin diproduksi tubuh

Kelenjar adrenal terletak di atas ginjal, yaitu sekitar tiga inci panjangnya. Bila aktif, kelenjar adrenal ini akan memproduksi hormon yang akan membantu tubuh dalam situasi penting. Noradrenline menyumbang sekitar 20%  hormon yang dilepaskan. Sisanya terdiri dari zat adrenalin murni. Hormon adrenalin juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Syok anafilaksis dari reaksi alergi yang parah, suntikan adrealin akan diberikan agar korban menjadi tenang dan melanjutkan fungsi yang normal. Namun pemberian hormon ini bagaimanapun harus dilakukan oleh seorang yang profesional atau tenaga medis yang berlisensi. Bahkan jika Anda sudah familiar dengan proses ini, menyuntikkan dosis yang salah dapat mengakibatkan akibat yang serius. Resiko yang mungkin terjadi dapat menyebabkan gangren, masalah jantung, dan bahkan serangan jantung.

Lihat Juga :  Misteri: Kuyang Kalimantan

Manfaat Adrenalin

Ada manfaat yang tak terhitung jumlahnya yang berhubungan dengan adrenalin. Semakin Anda memahami itu, semakin baik untuk mengatasi situasi yang berbahaya. Adrenalin akan mendorong parameter fisik tubuh Anda, dan memungkinkan Anda untuk melakukan prestasi kekuatan luar biasa. Anda mungkin telah menyaksikan situasi, di mana adrenalin telah menjadi faktor utamanya. Mulai dari orang yang digangkat mobil untuk berjalan keatas gedung yang terbakar untuk menyelamatkan seseorang, maka adrenalin  akan memfasilitasi berbagai keadaan darurat dan panggilan untuk segera bertindak.

Adrenalin, juga dikenal dengan asepinephrine, yaitu hormon pertama yang diidentifikasi. Sejak tahun 1904, profesional medis telah menyebutkan penggunaan adrenalin, sementara itujuga memperingatkan masyarakat tentang bahaya yang mungkin bisa timbul. Terlalu banyak adrenalin dapat mempengaruhi tubuh seseorang secara serius. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menjaga hanya pada tingkat moderat dari adrenalin. Anda juga dapat berolahraga atau berjalan untuk melepaskan adrenalin tambahan. Kegiatan fisik akan aman untuk menghilangkan atau mengelola tingkatannya. Jika level ini tidak diawasi, adrenalin dapat menyebabkan insomnia, kerusakan saraf, dan rasa gelisah pada malam hari. Pada acara-acara olahraga untuk publik, adrenalin akan dilepaskan untuk tetap waspada dan berhati-hati.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: