Apa ya Penyebab Sakit Perut?


tips cara alami mengatasi gejala asam lambungSakit perut mungkin sebuah kondisi yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Ringan atau berat, setiap orang mungkin pernah mengalaminya. Maklum saja, perut kita itu tempatnya berbagai macam organ penting dari tubuh kita. Dengan mengetahui beberapa penyebabnya, maka kita tak perlu panik jika menghadapi kondisi ini.

Rasa nyeri perut pada perut dapat disebabkan oleh beberapa hal, yang bisa ditemukan di berbagai daerah di dalam rongga perut. Rongga perut adalah meliputi wilayah dari tulang rusuk ke tulang panggul, yang membentang pada kedua sisi tubuh. Rasa nyeri ini bisa bersumber dari mana saja di dalam daerah perut, dan ini yang disebut dengan sakit perut. Organ-organ yang berada di daerah ini termasuk usus kecil dan besar, hati, lambung, pankreas dan kandung empedu.

Beberapa kemungkinan penyebab sakit perut :

Usus buntu

Nyeri pada perut yang disebabkan oleh peradangan organ pada akhirnya bisa menyebabkan radang usus, diverticulitis atau usus buntu. Sebuah organ yang meregang, terhambat atau terhalang akan menyebabkan kondisi seperti hernia atau batu empedu. Kejang yang terjadi pada otot usus tanpa diketahui penyebab sebenarnya biasanya berakhir dengan didiagnosis sebagai irritable bowel syndrome (IBS). Semua kondisi ini dimulai dengan rasa nyeri dalam perut.

Ulkus

Kondisi ulkus peptikum, atau lubang yang terjadi pada lapisan perut atau kerongkongan, juga dapat menyebabkan sakit parah. Antasida bisa membantu, akan tetapi ini hanya memberikan pengobatan sementara. Setelah antasida tidak lagi diminum, rasa sakit biasanya akan kembali lagi. Kanker yang berbeda dari hati, ovarium, pankreas, lambung dan usus besar dapat menyebabkan sakit perut, namun kasus ini jarang terjadi.

Masalah  menstruasi

Pada Wanita yang mengalami sakit perut mungkin bisa karena lebih banyak penyebab. Menstruasi bisa menyebabkan kram di daerah perut bagian bawah. Kondisi lain seperti endometriosis, kista ovarium, fibroid dan penyakit radang panggul (PID) juga dapat menyebabkan sakit perut pada wanita. Keracunan makanan bisa menyebabkan sakit perut parah yang diikuti dengan muntah dan diare. Gangguan somatisasi adalah jenis gangguan emosional dengan gejala fisik yang meliputi rasa nyeri di daerah perut.

Lihat Juga :  Kegunaan dan efek samping amoksilin

Sembelit dan sakit perut ringan

Tidak semua sakit perut bisa menjadi parah dan harus diobati oleh dokter. Sembelit juga bisa menyebabkan nyeri di perut. Seseorang mengalami sembelit ketika tinja mengeras, sehingga kesulitan melewati usus. Banyak hal yang bisa menyebabkan sembelit. Udara yang berlebihan di lambung dan usus juga bisa menimbulkan rasa yang menyakitkan, tapi kondisi ini biasanya hanya sementara biasanya dan sembuh jika bisa bersendawa atau buang gas/kentut. Ada beberapa obat yang berbeda yang tersedia diapotek untuk meringankan sembelit dan gas yang berlebihan/kembung.

Kesimpulan :

Nyeri perut bisa terjadi secara tiba-tiba, mulai dari yang ringan dan makin lama menjadi semakin buruk. Rasa sakit perut bisa terasa tajam, seolah-olah seseorang ditusuk, atau terasa mules membosankan, mirip dengan kram. Kadang-kadang nyeri perut adalah cara alami tubuh untuk menangani masalah sementara untuk dirinya sendiri. Sakit perut yang terjadi terus-menerus atau berat harus selalu dievaluasi oleh dokter. Lokasi nyeri, jenis nyeri, dan berapa lama rasa sakit bisa bertahan akan membantu dokter mendiagnosis dan melakukan pengobatan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: