Apa sih penyebab pembengkakan?


Penyebab pembengkakanPembengkakan juga disebut dengan istilah anasarca atau edema, adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan produksi cairan yang berlebihan dalam jaringan tubuh. Hal ini bisa menyebabkan berat badan seseorang meningkatkan dalam waktu singkat, mulai dari beberapa hari sampai minggu. Daerah yang paling sering mengalami pembengkakan pada tubuh adalah bagian kulit, organ dalam, kelenjar, payudara, pergelangan kaki, dan kaki. Pembengkakan bisa digeneralisasi pada seluruh tubuh atau terlokalisasi pada area tertentu.

Pembengkakan dan kemungkinan penyebabnya :

Type pembengkakan

Ada dua tipe dasar pembengkakan, yaitu edema Pitting dan nonpitting. Edema Pitting  akan meninggalkan lekukan pada kulit jika daerah yang bengkak ditekan selama lima detik, dan kemudian dengan cepat akan menghilang. Edema nonpitting, tidak meninggalkan lekukan.

Pembengkakan ringan

Sedikit pembengkakan dalam jumlah tertentu dianggap normal. Hal ini terutama berlaku pada orang-orang yang berjalan atau banyak berdiri sepanjang hari. Selain itu, seorang wanita hamil mungkin juga mengalaminya. Dalam kedua kasus tersebut, umumnya tidak ada alasan yang perlu dikhawatirkan.

Karena Penyakit parah

Pembengkakan juga ada kemungkinan disebabkan oleh penyakit yang parah. Tipe bengkak ini biasanya cukup jelas serta mudah bisa dideteksi, bahkan pada orang yang gemuk sekalipun. Seseorang yang mengalami pembengkakan parah harus segera mencari pertolongan medis, karena ini bisa  menunjukkan penyakit progresif atau kronis yang serius.

Penggunaan Obat-obatan tertentu

Pembengkakan juga bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu, termasuk antihipertensi, steroid androgenik, anabolik steroid, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID ), dan calcium channel blockers. Kortikosteroid juga dapat menyebabkan pembengkakan, karena mempromosikan retensi natrium.

Penyebab lain

Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan pembengkakan termasuk gagal jantung, gout, penyakit ginjal kronis, glomerulonefritis akut, sindrom nefritik, penyakit tiroid, dan gagal hati akibat sirosis. Efek terbakar oleh sinar matahari juga bisa menyebabkan kondisi ini. Malnutrisi, asupan garam yang berlebihan, dan terlalu sedikit albumin dalam darah adalah beberapa kemungkinan penyebab lainnya.

Lihat Juga :  Apa ya Penyebab Sakit Perut?

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: