Amankah penggunaan contact lens untuk Anak?


Apakah aman penggunaan contact lens bagi anak anak?Amankah penggunaan contact lens untuk Anak? – Siapa saja bisa mengalami gangguan pada indra penglihatan, salah satu upaya untuk menanggulangi hal itu adalah kwajiban memakai kacamata. Dengan seiring  semakin berkembangnya teknologi,  penggunaan kacamata dianggap lebih merepotkan dibandingkan dengan menggunakan contact lens. Karena kepraktisan dari contact lens, kebanyakan penderita gangguan mata memilih beralih dari penggunaan kacamata. Kebanyakan alasan menggunakan contact lens adalah dari segi penampilan, serta kepraktisannya saat dikenakan.

Alasan seperti itu sih memang lumrah saja, disamping memang lensa kontak bisa dimanfaatkan oleh siapa saja bahkan anak-anak. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah, yang menjadi pertanyaan, amankah penggunaan lensa kontak pada anak-anak? , Siapa saja mungkin akan aman-aman saja menggunakan lensa kontak, termasuk anak-anak. Semua mata manusia bisa saja menerima lensa kontak tanpa mengalami alergi yang berlebihan, bahkan bayi yang baru lahir sekali pun. Namun masalahnya mungkin hanya pada tanggung jawab pada mereka yang menggunakannya. Maksudnya, jika orang dewasa mungkin lebih mampu menggunakan lensa kontak sesuai dengan anjuran dan aturan pakai yang diresepkan.

Sementara pada anak-anak mungkin tidak sedemikian halnya seperti pemakaian contact lens pada orang dewasa. Kita mungkin tahu, kebanyakan sifat anak-anak itu seperti apa, dan tentu saja berbeda dengan perlakuan oleh orang dewasa. Untuk itu, sebagai orang tua bertanggung jawab untuk membimbing dan mengingatkan pada anak-anak.  Misalnya saja mengingatkan kapan lensa kontak harus dicopot, dan kapan harus dipakai, bagaimana cara memakai, bagaimana cara mencopot, bagaimana aturan pakai/resep sesuai dengan jenis dari contact lens. Dan mngkin masih banyak lagi.

Apakah aman menggunakan lensa kontak pada anak?,,

Tentu saja contact lens aman bagi siapa saja termasuk anak, asal tahu bagaimana cara penggunaannya dan kedisiplinan untuk melaksanakan apa yang diresepkan dalam petunjuk pemakaian contact lens. Bagi orang tuapun contact lenspun bisa menjadi “tak aman”, jika tak mematuhi resep atau tak tahu cara penggunaannya. Mungkin untuk anak, ada baiknya menggunakan lensa kontak ini dengan menggunakan batasan umur minimal.

Lihat Juga :  Makan Alpukat setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat

Survey penggunaan lensa kontak pada anak-anak

Berdasarkan akan hal ini, sebuah survey dilakukan terhadap anak-anak berkaca mata hasilnya sungguh mengejutkan. Sebagian besar anak-anak yang menggunakan kaca mata ternyata sebenarnya mereka menikmati menggunakan kaca mataa. Dan anak-anak yang menanggalkan kaca mata mereka kemudian beralih pada contact lens,  ternyata karena desakan orangtua mereka dan Bukan atas keinginan mereka sendiri.

Para ahli kemudian melakukan penelitian guna mendapatkan umur minimal anak yang aman untuk memakai lensa kontak di tahun 2008. Mereka menemukan bahwa 83% anak-anak aman,  dalam artian sudah bisa bertanggung jawab terhadap pemakaian lensa kontak itu dari umur antara 8 hingga 12 tahun. Mereka mengatakan bahwa lensa kontak itu nyaman dan mudah dipakai. Berkat penelitian ini, anak-anak dalam rentang umur tersebut 92% memilih menggunakan lensa kontak.

Dalam penelitian lain  di tahun 2003, dikatakan bahwa ada manfaat lain dari penggunaan lensa kontak pada anak-anak. Manfaat itu adalah menghadirkan semangat bagi anak  untuk mencapai tujuannya.

Kesimpulan dari pertanyaan “Apakah aman lensa kontak untuk anak-anak?”,  Jawabnya adalah “ya”,  Asalkan Anak memang mau menggunakannnya, mengerti caranya, dan mau bertanggung jawab atas segala hal yang menyangkut pemakaian lensa kontak tsb.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: