Amankah berhubungan Seks pada Trimester Akhir kehamilan?


Amankah berhubungan Seks pada Trimester Akhir kehamilan?Trimester ketiga akan dimulai sejak usia kandungan mulai menginjak pada minggu ke-27 atau 7 bulan. Pada usia kehamilan ini Anda sudah tidak bisa melihat kaki Anda, dan Anda mungkin akan lebih banyak merasakan ketidaknyamanan dengan perut yang besar. Hal terakhir yang ada di pikiran Anda mungkin adalah seks, tetapi sekali lagi, seks bisa menjadi cara yang bagus untuk mengalihkan pikiran Anda dari rasa ketidaknyamanan yang Anda alami. Kabar baiknya adalah, bahwa berhubungan seks tidak mungkin bisa menyakiti bayi didalam rahim, menurut Ohio State University Medical Center.

Keamanan berhubungan Intim pada usia kehamilan trimester ketiga

Bayi terlindungi

Meskipun mungkin Anda ataupun pasangan Anda berpikir bahwa seks bisa membahayakan bayi selama trimester ketiga, namun yakinlah bahwa cairan ketuban akan melindungi bayi Anda. Dinding perut, lapisan lendir dan tulang panggul juga berfungsi sebagai perlindungan untuk bayi Anda. Orgasme juga tidak akan membahayakan bayi.

Ketika Seks adalah beresiko

Pada beberapa wanita dan kondisi tertentu, berhubungan seksual pada trimester ketiga kehamilan juga bisa berisiko. Anda harus konsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanan seks, yaitu pada saat minggu-minggu terakhir usia kehamilan(menjelang kelahiran). Beberapa dokter percaya bahwa berhubungan seks pada beberapa minggu terakhir kehamilan bisa memecahkan membran. Sebaiknya Anda tidak melakukan hubungan seks jika ada cairan yang keluar, perdarahan pada vagina, rasa gatal, nyeri di perut atau di vagina,  atau jika Anda mulai merasakan adanya kontraksi. Jika Anda memiliki riwayat persalinan prematur atau plasenta previa, sebaiknya Anda juga harus berkonsultasi dokter Anda jika ingin melakukan hubungan seks yang aman untuk Anda.

Posisi seks terbaik

Perut Anda tentu sudah sangat besar pada trimester ketiga, sehingga ada beberapa posisi seksual yang lebih baik selama masa kehamilan. Anda tidak harus melakukan hubungan seks dalam posisi misionaris (Anda telentang, dan pria di atas) selama trimester ketiga kehamilan. Posisi yang lebih baik adalah dengan berbaring menyamping, duduk di atas pasangan Anda,  atau pasangan Anda mendekati dari belakang. Yang pada intinya tidak menyebabkan terjadi penekanan pada perut yang membesar.

Lihat Juga :  Tanda-tanda,penyebab dan akibat jika Bayi terlilit tali pusat

Cara Yang tidak baik

Yang terbaik adalah untuk menghindari anal seks selama trimester ketiga. Wanita yang memiliki kecenderungan wasir, cara ini justru akan semakin memperburuk kondisi. Selain itu juga dapat menyebarkan bakteri dari rektum kedalam vagina, yang tentunya dapat membahayakan janin.

Hasrat Seksual

Meskipun berhubungan intim aman selama trimester ketiga, namun hal ini bukan berarti  harus dilakukan. Banyak wanita yang sudah tidak tertarik untuk berhubungan seks selama masa ini. Pastikan Anda berbicara kepada pasangan Anda jika Anda tidak merasa ingin untuk melakukan hubungan seks, serta yakinkan dengan baik kepada dia . Biarkan dia tahu bahwa Anda sedang tidak merasa ingin berhubungan seks, dan jika itu tetap terjadi, cobalah untuk menjaga keintiman Anda.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: