Cara efektif mengusir dan membasmi tikus dalam rumah

cara mengusir tikusTenang dan jangan panik, masalah tikus adalah masalah global, baik dalam rumah tangga maupun dalam pertanian dan segalanya. Kabar baiknya, anda tak sendirian menghadapi masalah tikus dan kawan-kawannya, sementara kabar buruknya, masalah tikus tak akan pernah habis jika sedikit saja lalai dalam mengurusnya. Ya tikus memang sebaiknya jangan berada ditempat tinggal kita, karena bisa menimbulkan masalah kebisingan, kebersihan dan kesehatan. Tikus dikenal bisa membawa penyakit berbahaya seperti Pes dan penyakit kencing tikus. Menghindari keberadaan tikus dalam rumah menjadi sesuatu yang harus, mengingat dampak buruknya bagi kehidupan kita.

Cara cara mengusir dan membasmi tikus didalam rumah secara efektif

Berikut ini ada sekumpulan cara membasmi atau mengusir tikus yang biasa dilakukan banyak orang, Anda tinggal pilih cara yang mana. Ada yang hanya mengusir dari rumah, hingga membasminya.

Mengusir tikus dengan minyak peppermint.

Minyak peppermint adalah penghalang tikus alami. Baunya hanya terlalu kuat dan sangat tidak disukai oleh tikus. Jika bau pepermint ada disekitar tempat, maka tikus akan menjauhinya. Tempatkan bola kapas yang telah dilumuri minyak pepermint, jangan terlalu banyak asal sudah mengeluarkan bau di daerah di mana tikus dapat memasuki rumah Anda, di pintu atau ventilasi rumah, lubang jalan tikus dll.

Tutup lubang jalan tikus

Tikus pasti memiliki tempat persembunyian pada siang harinya. Ketahui dan cari lubang tempat mereka keluar masuk, misalnya lubang ventilasi, lubang air dll. Tutup semua lubang dengan kawat baja atau apapun agar tikus tak bisa melewatinya lagi.

Tempatkan wadah bekas tinggal kucing

Wadah tempat kucing bisa sangat menakutkan bagi tikus, hal ini karena tikus akan mencium bau kucing pada sisa air seni yang tertinggal dalam wadah/rumah kucing tsb. Karena kucing secara naluri dikenali kucing sebagai pemangsanya, maka mereka akan segera pergi karena ketakutan.

Gunakan kotoran ular kering.

Ular juga merupakan predator tikus, sehingga secara naluri tikus sudah mengenali ancaman terhadap dirinya dari predator. Dengan menaruh kotoran ular pada tempat lubang tikus atau daerah sarang tikus , maka itu akan mengusir tikus dengan sendirinya. Kunjungi tempat pemeliharaan reptil, kebun binatang, atau toko hewan peliharaan dan meminta beberapa kotoran ular kering.

Coba perangkap manusiawi.

Memasang perangkap adalah salah satu cara untuk menghentikan tikus, namun cara ini akan sangat lama untuk menghilangkan semua tikus yang bercokol dirumah Anda. Terkadang tikus lain akan mengetahui perangkap yang Anda pasang, sehingga tak akan menyentuhnya untuk waktu mendatang. Daripada tidak, bisa dicoba jika tikus yang ada tak terlalu banyak dirumah Anda.

Alat elektronik pengusir tikus

Alat elektronik yang dibuat untuk mengusir tikus adalah alat yang dapat mengeluarkan suara frekwensi tinggi yang sangat dibenci tikus. Alata ini hanya mengganggu tikus dan hewan peliharaan lain seperti anjing dan kucing, sementara manusia tak akan terpengaruh. Alat ini cukup efektif, tanyakan pada toko elektronik ditempat anda.

Menjaga rumah Anda tetap bersih.

Tilus sangat menyukai bau bau tak sedap sisa makanan, serta tempat kumuh sbg tempat persembunyian seperti gudang. Simpan semua makanan pada tempat yang sangat tertutup yang tak bisa dijangkau tikus, serta pastikan selalu menutup almari makanan atau almari apapun dirumah anda. Rapikan gudang Anda, buang benda-benda yang memang sudah tak terpakai lagi.

Jauhkan tempat sampah

Tempatkan tong sampah Anda sejauh mungkin dari rumah Anda. Karena Tikus akan mencium baunya dan tertarik untuk ke rumah Anda.

Memelihara kucing

Cara cerdas untuk mengusir tikus adalah memelihara kucing, karena seperti kita tahu jika kucing adalah predator alami dan sangat ditakuti oleh tikus. Dengan adanya kucing, maka rumah Anda akan terbebas dari masalah tikus. Sayangnya tak semua orang menyukai tabiat kucing.

Menggunakan racun tikus

Racun tikus adalah cara yang paling efektif untuk membasmi tikus, dan ini adalah jalan terakhir yang bisa diterapkan setelah gagal mencoba banyak cara. Peringatan: racun bisa membahayakan bagi orang, atau hewan lain jika kurang hati-hati menggunakannya. Sementara racun tikus biasanya akan menimbulkan masalah bangke tikus yang tersebar ditempat yang sulit dijangkau. Untuk itu, pastikan menggunakan racun tikus yang benar-benar kuat, sehingga tikus cepat mati dan tak jauh jauh larinya. Tips: Gunakan dosis dengan perbandingan yang tinggi. 2). Gunakan makanan umpan yang berbau kuat, misalnya ikan asin, kelapa bakar, kacang. 3). Tempatkan wadah yang berisi dengan air disekitar tempat meletakkan racun, agar tikus minum air setelah makan sehingga lebih cepat mati (tak jauh-jauh bangkenya). 4). Selalu memastikan untuk membersihkan sisa racun tikus pada pagi harinya.

Semoga cara-cara membasmi tikus diatas bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Terimakasih telah membaca artikel Cara efektif mengusir dan membasmi tikus dalam rumah. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Tips Umum and tagged , , .

Komentar: