Alasan penting kenapa Saya memilih wordpress


Alasan Saya menggunakan wordpressWordPress adalah paltform blog yang sudah tak asing lagi didunia persilatan Blogger. Khususnya yang akan Saya bahas disini adalah wordpress hosting sendiri – wordpress.org. Sementara platform wordpress yang lain adalah fasilitas yang disediakan secara gratis oleh pengembangnya, yaitu tanpa kita harus repot memikirkan beli nama domain atau hosting- wordpress.com.

Baiklah, meskipun demikian ternyata masih banyak rekan blogger yang masih diselimuti keraguan dalam memutuskan untuk mempergunakan platform blog yang mana. Itu memang masuk akal, sebab semuanya tentu memiliki keunikan tersendiri. Dengan kata lain, semuanya pasti ada yang namanya kelebihan dan kekurangan. Buat saya sendiri, saya sekarang tak ragu lagi untuk memutuskan menggunakan wordpress untuk banyak blog saya.

Berikut beberapa alasan penting bagi Saya untuk memilih menggunakan wordpress hosting sendiri

Bebas sebagai Admin

Bebas dalam point yang ini adalah hak kita sebagai Admin(owner), yaitu “Semua Terserah Kita”. Diantaranya adalah bebas mengcustomisasi sesuai selera (kita bahas dibawah), dan bebas dari ikatan “Aturan”. Jika kita menggunakan platform blog pihak ketiga yang gratis ataupun berbayar, tentunya kita akan terikat dengan “TOS” yang ada. Konsekwensinya jika melanggar TOS adalah suspend, dan yang lebih buruk lagi adalah blog dihapus tanpa kompromi lagi. Ingatlah bahwa, membangun blog hingga berhasil itu membutuhkan waktu yang tak sedikit dan daya upaya yang tinggi. Tentu sangat menyedihkan jika tiba-tiba dihapus begitu saja oleh penyedia layanan, apalagi tanpa kita ketahui alasannya dengan jelas. Kalau platform blog hosting sendiri pada umumnya, kita akan terbebas dari resiko blog dihapus seperti itu. Hosting pun sebenarnya adalah pihak ketiga kita yang juga memiliki aturan dan berhak ngebanned blog kita, namun kita masih bisa bermigrasi ke hosting lain tanpa kehilangan blog(asal ada backup).

Lihat Juga :  Rahasia Sukses Pengusaha keturunan China di Indonesia

Mudah bagi Newbie seperti Saya

WordPress sangat mudah dan user friendly, terutama bagi pemula seperti Saya. Hal ini jika dibandingkan dengan platform lain seperti joomla ataupun drupal. Di wordpress, kita hanya perlu beberapa saat saja untuk menginstall dan mendapatkan plugin yang kita butuhkan. Sementara pada drupal atau joomla, kita tak akan mudah baik mencari plugin maupun menginstallnya. Dalam bagian terkecil tersebut setidaknya kita harus mengetahui beberapa teknik pemrograman web PHP. Lain halnya dengan wordpress, Saya tak perlu memiliki wawasan yang sangat luas mengenai web programming.

Opensource dan Gratis

Opensource disini adalah bahwa wordpress menerima secara terbuka kepada pengembang pihak ketiga. Itulah kenapa, kita dengan mudah menemukan template maupun add-on yang kita inginkan secara lebih mudah.Kamu pun jika mau dapat mendaftarlan plugin atau template yang Kamu kembangkan kepada wordpress untuk digunakan secara luas. CMS wordpress sendiri gratis diunduh atau diinstall, sedangkan bermacam plugin dan template gratis kini sudah mencapai ribuan.

Pengelolaan Keamanan yang lebih mudah

Setiap situs berbasis database berpeluang memiliki celah atau kelemahan untuk disusupi oleh hacker. Ini sudah menjadi hal yang tak bisa dielakkan lagi, namun mengelola sistem keamanan pada blog wordpress lebih mudah. Dibilang mudah karena banyak plugin berbasis security Gratis, yang akan menjaga sistem keamanan situs kamu. Selain itu, wordpress adalah platform yang paling getol melakukan update, yaitu yang salah satu alasannya adalah menutup celah keamanan yang lama pada versi terbaru.

Merubah fitur dengan mudah

Pada dasarnya wordpress adalah platform untuk situs penerbitan atau blog, yang mengedepankan konten atau artikel. Namun dengan wordpress, Saya tak perlu lagi untuk membeli atau membangun sendiri situs toko online sebagai misal. Banyak template maupun add-on yang akan merubah wordpress saya untuk menjadi situs toko online hanya dalam hitungan beberapa menit. Karena sifatnya yang opensource, tak menutup kemungkinan kamu menggunakan wordpress untuk keperluan jenis web yang lain.

Lihat Juga :  Kenali dulu apa itu Marketing Mix sebelum membuka usaha

Saya tak kesulitan mengelola SEO wordpress

SEO adalah bagian yang tak terpisahkan dari bisnis online seperti internet marketing, maupun blogging. Khususnya untuk blog, SEO wordpress ternyata lebih mudah dilaksanakan oleh para pemula seperti Saya. Alasan Saya, kita hanya tinggal menggunakan bantuan plugin SEO yang banyak ditawarkan secara gratis. Sebut saja All in One SEO Pack, dimana yang akan memudahkan Kita untuk menghindari duplikat kontent. Atau W3 total Chace yang akan membantu Kita untuk membuat loading speed blog Kita tinggi. Dan masih banyak lagi hal yang memudahkan dalam hal SEO, seperti auto PING blog.

Mudah dicustomisasi

Kamu ingin mengcustomisasi blog kamu?,, dengan wordpress Kamu tak akan pernah merasa kesulitan. Yang paling umum adalah merubah struktur permalink menjadi Unik, dengan cara yang sangat mudah tentunya. Membuat related post, recent post , atau apapun dengan mudah walaupun tanpa plugin.

Saya Tak pernah menemukan kesulitan bersama wordpress

Komunitas berbasis wordpress menjadi lebih berkembang dimana-mana karena dukungan dan kemudahan yang diberikan. Jadi, jika Kamu menemukan kesulitan yang berhubungan dengan wordpress, maka kamu akan segera menemukan solusinya dengan cara melalui browsing.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: