Alasan kenapa bumi bisa ditinggali makhluk hidup


Inilah alasan kenapa bumi ini bisa kita tinggaliAlasan kenapa bumi bisa ditinggali makhluk hidup – Luasnya jagat raya yang membentang dan tak terukur ini juga telah diketahui manusia berisi rangkaian tata surya seperti bintang-bintang beserta planet planetnya. Namun hingga kini yang diketahui manusia hanyalah Bumi yang bisa ditinggali dengan nyaman oleh seluruh makhluk hidup.
Bumi sepertinya memang satu-satunya tempat yang memiliki kondisi yang paling tepat untuk ditinggali berbagai makhluk hidup termasuk kita manusia. Seperti ayat Allah Didalam Quran, Allah SWT telah memilih planet yang kita tinggali ini sebagai tempat kehidupan nabi Adam dan umat manusia.

Turunlah kamu sekalian, sebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain. Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan. Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan. (QS. Al-A’raf: 24)

Seperti telah banyak disampaikan, di  alam semesta ini terdapat triliunan planet termasuk Bumi yang kita pijak. Namun hingga kini masih belum ditemukan planet yang memiliki kehidupan di luar angkasa sana. Kalau pun ada, namun masih merupakan asumsi yang sulit dibuktikan secara nyata.

Ayat di atas telah menjelaskan dengan sempurna bahwa sejak awal kehidupannya manusia memang diciptakan untuk tinggal di planet ini, selama hidup, hingga berakhirnya yaitu kematian serta kebangkitannya pun juga bakal terjadi di Bumi.

Jika kita menyadari dengan sedalam-dalamnya, semua itu bukanlah secara kebetulan belaka. Manalah mungkin desain yang maha canggih ini hanya terjadi secara kebetulan belaka. Agar makhluk hidup biologis seperti kita, hewan dan tumbuhan dapat hidup disuatu planet ada sekian banyak persyaratan mendasar yang ternyata ini tidak dimiliki oleh planet lain.Mari kita simak satu persatu, kenapa hingga kini hanya bumi sebagai planet yang bisa ditinggali makhluk hidup biologis.

Lihat Juga :  Cara memakai Jilbab Modern dan Gambar

1. Punya daratan

Daratan tempat kita berpijak. Ada banyak planet besar didalam lingkup tata surya kita yang tidak memiliki daratan, seperti planet Jupiter, Saturnus dan Uranus.Planet planet besar tersebut hanya terdiri dari total gas. Tentu saja ini tidak akan mungkin dihuni oleh manusia karena tidak ada tempat berpijak. Manusia sepertinya memang didesain hanya bisa hidup dengan cara berpijak didaratan.

2. Bumi memiliki pengaturan suhu yang mahacanggih

Dengan kondisi tatasurya yang kejam, dingin, badai serta panas yang ekstrim. Tapi nyatanya, kita masih bisa nyaman dengan suhu dan lingkungan dibumi. Tak diragukan lagi jika Bumi memiliki sistem pemanasan dan pendinginan otomatis yang sangat canggih, sehingga bumi tidak sampai membeku atau memanas secara ekstrem.

Bandingkan dengan Pluto, suhu Pluto terbilang sangat rendah, yaitu sekitar minus 328 derajat Celsius. Dengan suhu seperti itu, makhlukbiologis apa yang sanggup hidup. Atau yang sebaliknya, yaitu daratan di planet Mercurius. Planet ini sangat dekat dengan matahari, sehingga suhunya sangat tinggi, bahkan bisa melelehkan logam timbal.

3. Bumi memiliki sistem daur ulang air yang canggih

Allah SWT telah menyebutkan bahwa Dia menciptakan kehidupan dari air, sebagaimana firman-Nya berikut ini:

Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu menjadi hidup. (QS. Al-Anbiya’: 30)

Oleh karena itu Allah SWT tidak hanya memberikan air untuk menutupi 2/3 permukaan Bumi, namun sekaligus juga dengan mempertahankan keseimbangan mekanismenya. Mungkin Anda semua masih ingat dengan pelajaran IPA semasa sekolah. Itulah yang disebut sebagai daur ulang air, dimana air kotor yang telah kita pakai akan meresap maupun menguap dan kemudoian turun lagi menjadi 100% air jernih yang dapat dimanfaatkan kembali Bumi telah diberi Allah SWT dengan mekanisme penyulingan air yang sangat mengagumkan. Tidak kurang dari 400 miliar ton air disirkulasi setiap tahun.

Lihat Juga :  Bahaya, dampak dan akibat infeksi Bakteri E-Coli

Berikan komentar Anda: