Aktifitas dan Makanan pantangan bagi ibu hamil

Aktifitas dan makananan pantangan bagi ibu hamilAktifitas dan Makanan pantangan bagi ibu hamil – Wanita yang sedang hamil tentu beda dengan sebelum hamil, dimana ia kini telah berbadan dua mengandung calon bayi yang masih rentan.Baik atau buruknya jabang bayi, masih tergantung dengan  kedisplinan, perilaku  maupun  gaya hidup dari si Ibu selama mengandung.Terutama pada kehamilan muda atau trimester pertama, bayi masih sangat beresiko untuk mengalami hal yang tak diinginkan.

Berikut ini aktifitas dan Makanan pantangan bagi ibu hamil, ini harus dihindari demi  kesehatan bahkan keselamtan janin.

Hindari minum alkohol

Alkohol sudah pasti dilarang untuk ibu hamil, karena bisa berpengaruh terhadap perilaku anak nantinya, dan dapat menyebabkan bayi cacat, down syndrome maupun IQ rendah.

Merokok

Selain dapat menyebabkan kemandulan, merokok pada ibu hamil dapat mempengaruhi kehamilan, seperti bayi lahir prematur,bayi dengan kelainan bahkan keguguran.

Makanan Terkontaminsasi merkuri

Merkuri adalah bahan kimia yang beracun bagi tubuh.Keracunan merkuri pada ibu mengandung akan menyebabkan bayi lahir cacat.Merkuri biasanya berasal dari limbah yang  mencemari perairan, sehingga ikan yang hidup disana dagingnya akan ikut mengandung merkuri.Walaupun ikan sangat dianjurkan karena kaya dengan lemak tak jenuh omega 3 yang meningkatkan kecerdasan, sebaiknya berhati-hati jika membeli ikan dipasar.

Kosmetik mengandung bahan kimia

Kosmetik biasanya mengandung zat kimia seperti merkuri dan hidrokinon, ini bisa mencemari tubuh ibu dan kemudian bisa ikut masuk kedalam tubuh janin.Zat zat kimia ini dapat merusak sel-sel pertumbuhan sehingga bisa menyebabkan kecacatan pada janin.

Aktifitas berat

Ini terutama pada masa kehamilan muda (trimester pertama), hindarilah aktifitas berat terutama yang bisa mengakibatkan keguncangan dalam kandungan.Bayi pada usia kehamilan ini belum sepenuhnya menempel pada janin, dan bisa mengakibatkan gugur.Aktifitas seperti naik kendaraan yang terlalu sering, olahraga angkat beban, lari dsb.Olahraga untuk ibu hamil sebaiknya yang ringan saja, seperti jalan-jalan disekitar rumah atau minta saran dokter kandungan.

Radiasi

Radiasi yang memapar ibu hamil dalam jangka lama bisa mengakibatkan kecacatan dan gangguan perkembangan.Paparan radiasi bisa diakibatkan oleh foto rontgen atau sinar x , pada laboratotium radiologi.Untuk ibu hamil sebaiknya menggunakan pelindung radiasi jika bekerja dibagian radiologi.

Hindari Stress

Stress pada ibu hamil, terutama hamil muda dapat berpengaruh terhadap janin, bahkan bisa menimbulkan keguguran.Hindari berfikir berat bahkan kaget karena mendengar berita buruk.Berbahagialah jika anda hamil, hadapi masalah dengan rileks dan segera dipecahkan agar tidak menjadi beban fikiran.

Hindari makan makanan mentah

Pada sayuran maupun buah-buahan mentah biasanya masih meninggalkan residu insectisidayang sulit dihilangkan.Selain itu, makanan seperti daging maupun buah dan sayuran masih belum higienis sehingga mengandung banyak bakteri dan parasit yang dapat membahayakan kehamilan.Jadi pastikan memasak telur atau makanan apapun hingga masak betul.

Salah mengkonsumsi obat

Sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi obat sembarangan tanpa pengawasan dokter.Ada banyak kandungan kimia pada obat yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, dimana bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan .Zat kimia tersebut antara lain tolodomid,aminopetrin,klorambusil,kartison,isotretinoid, dan fenitoin.Konsultasikan dengan dokter anda, jika harus minum obat tertentu.

Hindari minuman,makanan berkafein

Kafein dapat meningkatkan denyut jantung, mengganggu pernafasan dan menghambat penyerapan zat besi.Kondisi ini dapat mengakibatkan feal distress dan anemia kehamilan.Kopi,coklat, teh mengandung kafein, sebaiknya dikurangi bakan dihindari terutama kopi.

MSG dan bahan pengawet lain

MSG adalah zat untuk mencetuskan rasa sedap pada masakan.Zat pengawet seperti formalin juga bisa berpengaruh terhadap perkembangan janin.Biasanya akan mengakibatkan gangguan perkembangan otak, sehingga bayi bisa lahir memiliki IQ rendah.

Buah pantangan bagi ibu hamil

Kandungan dalam buah durian, nanas maupun pepaya muda bisa mengakibatkan keguguran kandungan.Selama hamil, sebaiknya hindari buah-buahan tersebut.

Melakukan Diet

Ibu hamil dilarang diet, walaupun berat badan berlebih.Karena saat hamil, tubuh memerlukan banyak zat gizi dari makanan untuk pembentukan janin.Gangguan kekurangan nutrisi penting akibat diet bisa berakibat buruk.Kekurangan folat,kolin dan protein lainnya bisa mengakibatkan cacat tabung saraf, kekurangan protein dapat menghambat pertumbuhan janin.

Jangan lupa untuk selalu rutin tiap bulan untuk mengontrol perkembangan janin pada spesialis kandungan Anda.Mintalah saran terbaik mengenai hal-hal yang seharusnya anda hindari, karena siapa tahu anda dan kehamilan memerlukan perhatian yang khusus.

Terimakasih telah membaca artikel Aktifitas dan Makanan pantangan bagi ibu hamil. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kehamilan, Merawat Bayi and tagged , , .

Komentar: