Agar pembuluh darah lancar, terhindar dari sakit jantung

Agar pembuluh darah lancar, terhindar dari sakit jantungSeperti yang diakui oleh Jonathan Fialkow.MD.FACC, mengakui gizi merupakan komponen utama penyebab penyakit pembuluh darah. Akan tetapi, beberapa zat gizi lainnya justru dapat bertindak yang sebaliknya.
Pembuluh yang tersumbat oleh kolesterol tentunya akan menghambat aliran darah, sehingga jantung akan bekerja lebih keras lagi untuk memompanya.Jika sampai pembuluh dara tersumbat atau terjadi pembekuan darah, maka seseorang akan menderita penyakit jantung.Kita semua sudah pasti tahu jikalau penyakit jantung adalah pembunuh nomer satu didunia.

Agar itu tidak sampai terjadi, sebaiknya menjauhi makanan tertentu yang bisa mengakibatkan peradangan pembuluh darah, dan justru mengkonsumsi makanan yang dapat menghambat peradangan pembuluh darah.Dengan melakukan hal itu, tentu kita dapat mengurangi resiko penyakit arteri penyebab penyakit jantung.Hal ini seperti dijelaskan oleh Fialkow, spesialis kolesterol dan ahli jantung di Miami, Florida.

Dengan melakukan perubahan pola makan, seseorang bisa menghapus tumpukan lemak/kolesterol pada dinding pembuluh darah , sehingga akan membuatnya menjadi lebih kuat, bersih dan stabil. Pada akhirnya juga hal ini akan mencegah terjadinya pembekuan darah, penyebab serangan jantung.

Namun Anda jangan berharap pembuluh darah akan bersih, jika Anda masih rutin menghisap rokok.Zat pada rokok akan kontraproduktif dengan upaya mengubah pola makan untuk mencegah tersumbatnya arteri.

Berikut ini beberapa makanan/sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung:

Ikan.

Kaya akan asam lemak omega 3, yang merupakan nutrisi bermanfaat dalam mengatur denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kolesterol darah, menurunkan trigliserida dan memperlambat laju penumpukan plak.

Teh hijau.

Antioksidan dalam teh hijau sudah dikenal dapat meningkatkan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kesehatan kulit, pencegahan kanker, mengontrol gula darah dan kolesterol. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsinya setiap hari.

Almond.

Tak perlu khawatir, almond mengandung lemak baik, tipe lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini justru menurunkan kolesterol darah, mengontrol kadar gula darah dan mengandung vitamin E yang sangat baik bagi tubuh. Kacang almond boleh lho jadi cemilan sehat Anda.

Brokoli.

Sayuran hijau ini kaya akan kalium yang meningkatkan fungsi otak, mengatur tekanan darah dan meningkatkan pertumbuhan otot. Brokoli juga penuh serat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Alpukat.

Agar pembuluh darah bersih, dan terhindar dari penyakit jantung

Sebuah penelitian di tahun 1996 oleh peneliti Meksiko menemukan bahwa orang yang alpukat setiap hari selama satu minggu mengalami penurunan rata-rata 17 persen kolesterol total darah. Bahkan, tingkat kolesterol buruk menurun dan meningkatkan kolesterol baik.

 

Gandum utuh.

Serat larut yang ditemukan dalam gandum, beras merah dan oatmeal memiliki efek menyeimbangkan pada kadar kolesterol darah untuk menjaga arteri tetap bersih.

Buah delima.

Delima mengandung phytochemical yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan arteri dari kerusakan. Penelitian dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa antioksidan dalam delima juga merangsang tubuh memproduksi oksida nitrat, yang membantu menjaga kestabilan aliran darah.

Terimakasih telah membaca artikel Agar pembuluh darah lancar, terhindar dari sakit jantung. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Tips Sehat and tagged , .

Komentar: