8 Vaksinasi penting dan wajib untuk Bayi


Vaksinasi penting dan wajib untuk bayiSebelum usia 6 tahun, setiap anak perlu memperoleh daftar vaksinasi yang penting untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar dan sehat. Vaksinasi ini terutama penting untuk menjaga beberapa jenis penyakit yang paling sering menyerang anak, sehingga anak tidak mendapat dampak yang paling parah. Setelah 2 bulan sejak lahir, orang tua harus berkonsultasi spesialis anak, serta menanyakan kapan bayi mereka membutuhkan vaksinasi pertama.

Ada beberapa vaksinasi wajib bagi setiap bayi yang  perlu dimulai semenjak bayi berusia 2 bulan. Vaksinasi ini memiliki interval dosis yang berbeda,  yang berjalan hingga 6 tahun usia mereka. Orangtua perlu untuk menyimpan catatan vaksinasi penting untuk bayi yang telah dilakukan, karena vaksinasi ini juga wajib diberikan dengan dosis yang sesuai.

Dengan dosis vaksinasi,  bayi akan dilindungi sampai batas waktu tertentu dari penyakit berat seperti hepatitis dan diare. Orangtua baru biasanya tidak menyadari, seperti apa vaksinasi yang dibutuhkan oleh bayi.

Berikut ini adalah beberapa vaksinasi penting bagi bayi, yang perlu Anda catat:

Hepatitis B

Sebelum bayi berusia 18,  Anda butuh untuk sedikit mengambil tiga dosis vaksinasi Hepatitis B. Pentingnya vaksin Hepatitis B untuk membantu melindungi bayi Anda dari Hepatitis. Penyakit Hepatitis B yang akut adalah penyakit kuning.

Difteri

Vaksinasi Difteri adalah vaksinasi yang paling penting kedua yang diperlukan untuk bayi Anda di bulan ke-2 dari kelahirannya. Vaksinasi difteri ini diambil hingga sampai dengan usia 6 tahun hingga dosis lima kali. Ini mencegah si kecil dari difteri .

Vaksinasi HIB

Vaksinasi HIB diperlukan untuk mencegah bayi dari influenza, Anda perlu memberikan vaksinasi HIB pertama pada bulan ke-2 dari kelahirannya. Vaksinasi ini perlu diberikan  sampai bayi berusia 15 bulan, untuk membantu mencegah da melindungi bayi dari influenza.

Lihat Juga :  Kenapa memperdengarkan musik pada bayi/janin bisa berpengaruh baik?

Vaksinasi IPV

Ketika bayi Anda sudah memasuki bulan kedua setelah kelahirannya, maka dosis pertama vaksinasi ini perlu diberikan. Ada empat dosis untuk vaksinasi ini yang perlu diberikan sebelum bayi / anak berusia 6 tahun. Vaksinasi IPV dilakukan untuk membantu mencegah penyakit polio.

Vaksinasi RV

Vaksinasi Rotavirus(RV) adalah salah satu vaksinasi penting utama yang perlu diberikan kepada anak pada usia 2 bulan. Tiga dosis perlu diberikan sebelum anak berusia 6 bulan . Vaksin Rotavirus untuk mencegah bayi dari diare,  yang dikenal telah banyak menyebabkan kematian bayi.

Vaksinasi PCV

Pada bulan kedua sejak lahir, bayi perlu mengambil dosis pertama vaksin PCV. Dosis hingga 15 bulan dari saat lahir. Pentingnya vaksinasi bayi ini adalah untuk mencegah bayi dari pneumonia.

Vaksinasi Flu

Adalah salah satu vaksinasi yang paling penting untuk bayi . Vaksinasi flu perlu diambil tepat setiap tahun sampai bayi berusia usia 6 tahun. Vaksin ini membantu untuk mencegah bayi terkena flu yang mematikan.

Vaksinasi MMR

Vaksin MMR Untuk mencegah campak dan gondok. Vaksinasi MMR untuk bayi diberikan ketika anak berusia 15  bulan. Dosis kedua diberikan sebelum anak berusia 6 tahun .

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: