7 kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung


kebiasaan yang dapat merusak jantung7 kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung – Jantung adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia, karena ia bertanggung jawab untuk memompa darah dan memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda agar dapat berfungsi dengan benar. Meskipun demikian, beberapa kebiasaan yang biasa kita  lakukan ternyata yang tidak kita sadari dapat merusak jantung. Dan cegah ini, selagi masih ada kesempatan!

 

Berikut 7 kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung Anda:

1. Meningkatnya Konsumsi Alkohol

Minum sekali-sekali tidak akan berdampak besar pada jantung Anda (terutama jika Anda mengkonsumsi anggur, dimana juga memiliki serangkaian manfaat kesehatan), tetapi jika Anda mengkonsumsi alkohol secara teratur,  maka Anda akan menderita sakit jantung dalam jangka panjang. Selain efek alkohol dikenal dapat  menghancurkan liver, membahayakan tulang , memengaruhi memori, juga sangat meningkatkan risiko penyakit jantung serta risiko hipertensi.

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di banyak negara, dan dengan berhenti minum alkohol Anda dapat mengurangi risiko hingga 50% atau bahkan lebih. Ingat bahwa itu bukan konsumsi alkohol itu sendiri yang mempengaruhi hati Anda, itu adalah penyalahgunaan alkohol yang mempengaruhi dalam jangka panjang.

2. Terlalu banyak makan garam

Makanan hambar tanpa garam, dan itu adalah memang fakta. Namun, banyak dari kita terlalu sering menggunakan garam, dan inilah yang menempatkan kita pada risiko tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko untuk serangan jantung dan stroke, karena itu Anda mungkin ingin berpikir dua kali sebelum menambahkan garam ekstra untuk makanan Anda!

3. Kurangnya aktifitas fisik

Kurangnya olahraga adalah penyebab lain dari penyakit jantung, dan orang yang tidak melakukan latihan fisik secara teratur juga lebih rentan untuk mengembangkan diabetes tipe 2 . Semakin sedikit kita berolahraga, semakin besar kemungkinan kita untuk mendapatkankenaikan berat badan. Berat badan berlebih dikenal dapan menghancurkan jantung, perlahan tapi pasti. Selain fakta banyak orang terjebak di depan TV selama berjam-jam, mereka juga memiliki kebiasaan buruk terus ngemil dari semua jenis makanan.

Lihat Juga :  Bagaimana Cara minum obat yang benar?

Dan itu adalah kombinasi yang mematikan yang dapat memicu serangkaian penyakit berbahaya. Berolahraga, di sisi lain, dapat meningkatkan mood, memastikan berfungsinya dengan baik jantung dan otak, meningkatkan aliran darah dan oksigenasi sel dan sebagainya.

4. Membiarkan Depresi Dan stres dan tidak diobati

Kecemasan, depresi dan stres bisa berdampak besar pada kesehatan Anda secara keseluruhan, bukan disebutkan hanya dapat melemahkan jantung. Namun, jika masalah ini ditangani secara real time, makan efeknya bisa diminimalkan – di sisi lain, jika stres tidak ditangani dapat menurunkan kekebalan dan tingkat energi, menurunkan nafsu makan dan juga berdampak pada sistem saraf. Emosi negatif akan mempengaruhi kesehatan jantung Anda, dan itu sudah bukan rahasia lagi!

5. Keenakan Makan

Sering terjadi kita makan bahkan ketika kita tidak sedang  lapar, dan yang menjadi masalah utama adalah, bahwa kita makan makanan yang tidak sehat: produk gula, produk tinggi lemak dan makanan yang kaya garam serta beberapa pilihan yang paling umum dalam hal makanan. Selain membuat kita gemuk, keenakan makan merupakan risiko utama untuk penyakit jantung.

Sebagai fakta, sekitar tiga dari empat orang di Amerika Serikat kelebihan berat badan, sementara dua perempuan dari tiga memiliki beberapa berat badan ekstra. Jika Anda tahu untuk menjaga kelebihan berat badan, jawabannya ternyata sangat sederhana: menghindari kelebihan porsi makanan, menurunkan asupan gula, meningkatkan asupan air dan menghindari makanan cepat saji dan makanan yang digoreng.

6. Merokok

Merokok adalah silent killer, tetapi bahkan kita semua sudah menyadari efek samping dari rokok, namun fakta masih ada puluhan juta perokok di seluruh dunia. Statistik mengungkapkan, merokok bertanggung jawab terhadap sekitar 30% dari kematian yang terkait dengan penyakit jantung – selain juga bahwa rokok merupakan faktor risiko tinggi untuk beberapa jenis kanker seperti kanker mulut, tenggorokan atau paru-paru kanker.

Lihat Juga :  Cara agar Kentut tidak Bau

7. Kurang Tidur

Telah dibahas kaitan kurang tidur dan kematian dini. Sementara itu, Kurang tidur dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang tidak hanya akan membuat Anda makan lebih banyak, tetapi juga berdampak pada jantung Anda. Tingkat hormon stres juga meningkat jika kurang tidur, dan efek samping dari stres telah dijelaskan di sini. Untuk jantung sehat, orang dewasa harus mendapatkan tidur cukup, yaitu sekitar 7-8 jam tidur per malam.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: