10 Manfaat Luarbiasa Mentimun bagi kesehatan


10 Manfaat Luarbiasa Mentimun bagi kesehatanSelama ini mentimun dianggap sebagai sayuran yang banyak mengandung air dan menyegarkan, namun jarang diminati untuk dikonsumsi setiap hari. Namun tahukah Anda bahwa buah sayur yang satu ini amatlah tinggi gizi dan manfaatnya bagi kesehatan?..
Mentimun dinegara-negara barat amat dikenal sebagai salah satu makanan terbaik bagi kesehatan. Mentimun (Cucumis sativus) adalah salah satu dari empat jenis sayuran yang paling banyak ditanam selain tomat, bawang dan kubis. Buah sayur yang segar ini telah banyak digunakan untuk perawatan tubuh dan pengobatan, terutama khasiat yang umum dikenal adalah dapat menurunkan darah tinggi.

Ketimun banyak mengandung  vitamin dan mineral yang sangat kita butuhkan setiap hari, yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat (vitamin B9), vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, besi, fosfor, dan seng (Zn). Mentimun juga rendah kalori, hanya 15 kalori per 100 gram mentimun. Kulit mentimun adalah sumber serat yang baik serat, dimana yang sangat membantu menyehatkan sistem pencernaan.

Berikut ini 10 manfaat buah mentimun bagi kesehatan:

1. Mencegah dehidrasi

Mentimun terutama mengandung 95 persen air, sehingga berguna untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan mengeluarkan racun lebih cepat.

2. Perawatan Kulit  rambut

Kulit mentimun dapat digunakan sebagai obat iritasi kulit. Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker wajah, serta untuk mengurangi pembengkakan disekitar mata. Silicon dan sulfur yang terkandung dalam mentimun dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

3. Melawan kanker

Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiga lignan ini diketahui bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker rahim, dan kanker prostat.

4. Membersihkan peralatan rumah

Ketimun dapat digunakan sebagai pembersih cermin. Anda dapat menggunakannya untuk menggosok cermin kamar mandi atau jendela rumah, sehingga menjadi bersih dan mengkilap kembali. Bahkan, mentimun juga dapat digunakan untuk memperbaiki engsel pintu yang sudah berderit, dengan cara cukup menggosok mentimun pada engsel .

Lihat Juga :  Mengatasi kulit kering karena Dampak AC

5. Meringankan bau mulut

Ambil seiris mentimun dan menekannya ke langit-langit dengan lidah selama 30 detik. Phytochemcials dalam mentimun mampu membunuh bakteri dalam mulut, yang menyebabkan bau mulut.

6. Mengobati diabetes, kolesterol tinggi, dan  tekanan darah

Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang bermanfaat bagi pasien diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa dalam mentimun yang disebut dengan sterol, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Mentimun juga mengandung banyak kalium, magnesium dan serat, sehingga juga efektif untuk mengatur tekanan darah.

7. Membantu menurunkan berat badan dan menyehatkan pencernaan

Mentimun dikenal rendah kalori dan kaya akan air. Oleh karena itu, mentimun merupakan diet yang ideal untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, mentimun juga dianggap sebagai sebagai salah satu obat sembelit kronis.

8. Diuretik alami

Kandungan air dalam mentimun merupakan diuretik yang akan membantu mengeluarkan racun(detosifikan alami) dan limbah metabolik dari tubuh melalui urin. Makan mentimun secara teratur juga dapat membantu untuk melarutkan batu empedu dan batu ginjal.

9. Memperkuat ikatan sendi

Ketimun merupakan sumber yang baik dari silika, terutama pada bagian kulitnya. Hal ini dikenal untuk membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat ligamen jaringan yang menghubungkan sendi.

10. Menurunkan kadar asam Urat

Mentimun mengandung vitamin A, B1, B6, C, dan D, folat, kalsium, magnesium dan potasium, yang dapat meringankan asam urat nyeri dengan menurunkan adar asam urat dalam darah.

Efek samping:

Jangan memakan mentimun dalam jumlah yang berlebihan, karena dapat menyebabkan keracunan dan kebotakan. Pilih buah yang muda dan sempurna dari bentuk dan kulitnya yang halus. Pada sebagian orang, mentimun juga dapat menyebabkan alergi yang ditandai dengan terjadinya pembengkakan dan gatal pada langit-langit mulut.

Lihat Juga :  10 alasan kenapa binaragawan bisa gagal mencapai tujuan

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: